Skip to main content

Bagaimana Hukum Mencicipi Makanan Atau Masakan Saat Puasa Ini Jawaban Buya Yahya

Pertanyaan tentang hukum mencicipi makanan atau masakan ini sering ditanyakan ibu ibu, pasalnya dia harus memasak untuk keluarganya sedangkan dirinya harus memastikan masakan yang dimasak rasanya pasa sesuai selera dan disukai. Namun dia ragu bagaimana dengan puasanya ketika mencicipi apakah batal atau tidak ?.

Bagaimana Hukum Mencicipi Makanan Atau Masakan Saat Puasa Ini Jawaban Buya Yahya

Namun herannya, banyak ibu ibu yang mengaku masakannya selalu pas dengan selera walaupun tanpa dicicipi, apakah mungkin ini berkah Ramadhan? mungkin saja. Namun ada juga ibu ibu yang tidak mau spekulasi karena kawatir masakannya terlalu asin atau terlalu manis. Dia ingin memastikan makanannya disukai hingga tidak terbuang percuma karena tidak dimakan.

Baca Juga : 9 Hal Membatalkan Puasa Lengkap Dengan Penjelasannya

Hukum Mencicipi Makanan Saat Puasa


Nah buat anda ibu ibu dirumah sebagai juru masak, mungkin anda bisa membaca penjelasan dari Buya Yahya dimana jawaban ini dikutip dari penjelasan Buya Yahya di youtube Albahjah TV, beliau menjelaskan bahwa mencicipi makanan atau masakan hukumnya boleh saja dengan catatan makanan tersebut di telan. Walaupun anda mencicipi masakan anda satu timba kalau gak ditelan maka hukumnya sah saja.

Menurut beliau yang membatalkan puasa itu masuknya sesuatu jika melewati kerongkongan. Jadi habis mencicipi  segera diludahkan jangan di telan maka hal itu tidaklah membatalkan. Namun bagi anda yang was was hendaknya menghindari untuk melakukannya sebaiknya menambahkan bumbu setelah berbuka. Misal masakan anda kurang asin maka tinggal menambahkan garam pada saat berbuka saja ini lebih aman.

Senada dengan Buya Yahya, Ketua Ikatan Dai Indonesia (IKADI) Wahid Ahmadi juga mengungkapkan bahwa mencicipi makanan atau masakan boleh saja asalkan memiliki tujuan yang baik yaitu mencicipi agar bumbu makanan tersebut pas. Jika tidak memiliki tujuan maka hukumnya bisa makruh dan jika tertelan maka hukum puasanya batal.

Tips Memasak Saat Puasa Agar Pas


Tentunya tips ini penting diketahui agar anda tidak selalu mencicipi makanan atau masakan saat bulan puasa adalah dengan memberikan bumbu sesuai dengan kebiasaan anda masak  saat sebelum bulan puasa karena dengan begitu masakan anda dijamin akan selalu pas rasanya. Jika perlu anda mencatat takaran takaran di buku resep anda. Atau saat ini sudah banyak buku resep yang disertai dengan takaran bumbunya anda tinggal ikuti saja. Jika anda memasak lebih anda bisa menyesuaikan dengan takaran sebelumnya.

Baca Juga : 10 Pertanyaan Yang Sering Di Tanyakan Saat Bulan Puasa Dan Jawabannya

Memang membahas makanan saat puasa tidak ada habisnya selalu menarik untuk dibicarakan karena memang berbuka puasa adalah salah satu momen yang paling membahagiakan saat berpuasa terlebih puasa Ramdhan karena pasa saat itu semua muslim serempak menjalankan kewajibannya. Jadi menghidangkan masakan yang istimewa pada saat itu adalah impian para ibu.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar