Skip to main content

Cara Bikin Bubur Candil Yang Enak Dan Lezat

Bubur candil merupakan salah satu makanan khas nusantara, walaupun termasuk jajanan tradisional namun jajanan ini masih menjadi pilihan favorit saat cuaca panas. Bola bola yang terbuat dari sagu terasa enak dan lezat saat dipadukan kuah siraman santan, uh rasanya memang benar benar menggugah selera.

Cara Bikin Bubur Candil Yang Enak Dan Lezat

Resep candil ini tidak serumit yang dibayangkan karena andapun bisa membuat dirumah dengan panduan yang kami sertakan disini. Bubur candil biasa disebut juga dengan bubur biji salak karena warna bola bola yang mirip dengan biji salak. Nah jika anda tertarik membuatnya silahkan simak beberapa langkah dibawah untuk membuatnya.

Baca Juga : Cara Mudah Membuat Klepon dengan Berbagai Varian Rasa

Siapkan Bahan Yang Diperlukan


Bahan Bulantan Candil :


- 250 Gram Tepung Ketan
- 50 Gram Tepung Tapioka / Tepung Kanji
- Air Secukupnya
- Garam Secukupnya

Bahan Kuah Gula Merah :


- 300 Gram Gula Merah
- 1,5 Liter Air Putih
- 2 Lembar Daun Pandan
- Larutan Pengental dari 50 Gram Tepung Beras di beri air.

Bahan Kuah Santan :


- 600 Ml Santan Kental dari 1 Buah Kelapa
- 1 lembar Daun Pandan
- Garam Secukupnya

Cara Membuat Candil


Setelah bahan sudah anda siapkan selanjutnya adalah membuat candil terlebih dahulu. Masing masing orang berbeda beda dalam membuat candil ini, ada yang membuatnya dari ubi, kentang, tepung kanji atau tepung beras rose brand. Tapi biasanya candil ini dibuat dari tepung ketan ada juga yang mencampurnya dengan tepung tapioka. 

Cara membuatnya silahkan campurkan tepung ketan dan campurkan tepung kanjinya, tambahkan 1 sendok teh garam supaya rasanya tidak hambar. Kemudian adonan di uleni dengan sedikit sedikit mencampurkan air kedalam adonan hingga sudah bisa dibuat bulat bulat. Usahakan adonan tidak terlalu lembek dan keras agar tekstur yang dihasilkan kenyal dan lembut.

Untuk menghemat waktu saat membuat bulatan cendil anda bisa merebus air terlebih dahulu setelah cendil sudah siap anda bisa merebusnya hingga bulatan mengapung lalu tiriskan dan biarkan hingga dingin.

Membuat Kuah Gula Merah


Selanjutnya kita akan membuat kuah gula merahnya caranya rebus 1,5 liter air kemudian masukkan gula merahnya, lalu tambahkan daun pandan agar kuah nanti seikit harum dan selanjutnya tambahkan sedikit garam. Cara merebusnya tidak perlu sampai mendidih, kalau sudah gulanya larut itu sudah cukup. Setelah gula merahnya benar banar larut tiriskan dengan menyaring terlebih dahulu agar kuahnya benar benar bersih.


Cara Membuat Bubur Candil


1. Silahkan rebus kembali kuah gula merah tadi dan biarkan hingga mendidih
2. Masukkan candil kedalam yang sudah matang tadi ke dalam kuah gula dan biarkan hingga mendidih
3. Rebus santan dengan api kecil hingga mendidih
4. Campurkan tepung beras kepada rebusan candil dan kuah gula merah fungsinya adalah untuk mengentalkan kuah
5. Jika bubur candilnya sudah matang lalu sajikan di mangkuk lalu siram dengan kuah santan.
6. Bubur candil sudah siap disantap

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar