Rabu, 08 Mei 2019

Cara Menghilangkan Mimisan Dengan Bahan Alami

Beritabawean.com - Mimisan adalah suatu kondisi dimana terjadi keluarnya darah dari hidung. Kondisi tersebut dapat terjadi pada siapa saja, baik itu anak - anak, orang dewasa bahkan orang yang sudah lanjut usia. meski mimisan bukan merupakan sesuatu yang membahayakan, namun jika terjadi kesalahan saat menangani mimisan justru akan membahayakan.

Cara Menghilangkan Mimisan Dengan Bahan Alami

Umumnya mimisan disebabkan karena pembuluh darah kecil pada hidung mengalami pembengkakan dan pecah. Sehingga akan mengeluarkan darah dari hidung secara terus menerus. Selain itu, mimisan juga disebabkan trauma pada pembuluh darah di hidung yang disebabkan pukulan atau karena benturan dan bisa juga disebabkan karena kecapean. Meskipun demikian kita tidak boleh panik dalam menghadapinya, usahakan tenangkan diri sehingga kita dapat mengatasinya dengan cara yang tepat. Nah, bagaimana cara menghilangkan mimisan?

Ada banyak cara untuk mengatasi mimisan, misalkan dengan cara mengkonsumsi vitamin, membeli obat di apotik, menggunakan bahan alami dan memeriksakan diri ke dokter. Namun dari beberapa cara tersebut, menggunakan bahan alami merupakan cara yang paling banyak orang lakukan. Karena lebih aman dan lebih ekonomis.

Cara menghilangkan mimisan dengan menggunakan bahan alami memang sangat mudah untuk dilakukan dan bahan yang digunakan juga sangat mudah untuk ditemukan. Dan berikut beberapa bahan alami yang dapat dijadikan sebagai bahan untuk mengobati mimisan agar tidak kambuh lagi.

Baca Juga : Cara Membersihkan Paru - Paru Secara Alami Dengan Cepat

Cara Menghilangkan Mimisan Dengan Bahan Alami


1. Garam


Jika mimisan disebabka karena pecahnya pembuluh darah pada hidung, maka harus segera diatasi agar tidak menyebabkan iritasi dan memperparah keadaan. Salah satu bahan alami yang dapat melembabkan lapisan pada hidung dan menghindari iritasi adalah garam. Ya garam, merupakan bumbu utama pada masakan serta memiliki segudang manfaat. Caranya, larutkan garam pada air hangat secukupnya, lalu ambillah kapas dan celupkan pada air yang telah dicampuri garam tersebut, selanjutnya teteskan air garam pada hidung yang mimisan melalui kapas yang sudah dicelupkan.

2. Daun sirih


Daun sirih merupakan obat tradisional yang terkenal ampuh dalam mengobati beberapa penyakit, salah satunya mimisan. Dalam sebuah penelitian, di dalam daun sirih terkandung beberapa zat yang dapat menghentikan mimisan. Disamping bahannya yang mudah ditemukan cara penggunaannya pun sangat mudah. Caranya, ambil satu lembat daun sirih dan bersihkan, selanjutnya gulung kecil aun sirih sambil ditekan - tekan supaya minyaknya keluar, kemudian gunakan daun sirih tersebut untuk menyumbat hidung.

3. Sayuran hijau


Untuk pengobatan dari dalam agar mimisan tidak terjadi lagi adalah dengan mengkonsumsi sayuran hijau. Yang dimaksud sayuran hijau di sini adalah sayuran yang mengandung vitamin K seperti bayam, sawi, kubis, brokoli dan kale. Mengkonsumsi sayuran hijau tesebut akan sangat membantu untuk melembabkan lapisan dalam hidung sekaligus menjaga pembuluh dara agar tidak pecah.

4. Minum air putih


Kekurangan cairan dalam tubuh merupakan salah satu penyebab mimisan. Bagaimana tidak, kekurangan cairan akan mengakibatkan kekeringan pada selaput  lendir yang nantinya akan menyebabkan mimisan. Oleh sebab itu, pastikan diri anda mencukupi cairan dalam tubuh dengan cara mengkonsumsi air putih 2 liter atau setara 8 gelas dalam setiap harinya.

Baca Juga : 10 Cara Menyembuhkan Flu Secara Alami Dan Cepat

5. Cuka apel


Cuka sari apel berfungsi untuk menyempitkan pembuluh darah, sehingga pendaran akan segera terhentikan. Anda dapat melakukan metode ini dengan cara mencelupkan kapas pada cuka apel, lalu letakkan kapas pada lubang hidung yang mengeluarkan darah, diamkan selama 5 - 10 menit.

Selain melakukan beberapa cara diatas lakukan juga beberapa gerakan seperti duduk tegak sambil mengarahkan tubuh ke depan dan jangan bersin. Cara tersebut merupakan pertolongan pertama untuk mengatasi mimisan agar darah tidak terus keluar serta jauhi makanan yang dilarang saat mimisan. Dan semoga beberapa tips diatas dapat bermanfaat untuk semua.


EmoticonEmoticon