Skip to main content

Contoh Pidato Tentang Keutamaan Ramadhan Terbaru

Beritabawean.com - Ini merupakan contoh pidato tentang keutamaan Ramadhan terbaru yang kami buat sendiri, ini bersembahan dari kami buat anda yang ingin mendapatkan refrensi saat akan menyampaikan pidato di bulan yang mulia ini. Pada pembukaannya sengaja tidak kami ikutkan mukaddimahnya, anda tinggal menyesuaikan dimana akan menyampaikannya.

Contoh Pidato Tentang Keutamaan Ramadhan Terbaru


Uraian ini juga cocok untuk ceramah atau kultum, karena penyampainya tidak terlalu singkat dan juga telah disertai dengan dalil dalil. Sampaikanlah pidato ini dengan antusias anda bisa menghafalkannya agar dalam menyampaikan tidak terlalu gugup dan sampaikanlah dengan perlahan agar orang mendengarkannya bisa memahaminya.

Jika perlu saat menyampaikan keistimewaan Ramadhan ini berilah sedikit bumbu lucu yang bisa anda buat sendiri, persiapkanlah dengan matang, agar penyampaian anda bisa lancar dan berdoalah kepada Allah sebelum menyampaikan agar dilancarkan dan orang yang mendengarkan dipahamkan.

Contoh Pidato Tentang Keutamaan Ramadhan Terbaru


Assalamualaikum Warahmatullah wabarakatuh.

Hadirin Yang Diahmati Allah

Alhamdulillah, kita bersyukur kepada Allah atas semua nikmat yang Allah berikan kepada kita, Karena kita masih disampaikan umur kita kepada bulan yang penuh dengan kemuliaan ini untuk memakmurkan kegiatan dan aktifitas dalam kehidupan kita dengan amal shaleh.

Semoga salam dan shalawat Allah selalu dicurahkan kepada kekasih Allah Muhammad SAW, selaku pembawa risalah Islamiyah yang membawa kita dari gelapnya masa jahiliyah kepada lentera islam yang menerangi jalan jalan kehidupan kita.

Hadirin Yang Dirahmati Allah

Ramadhan adalah bulan yang penuh dengan keutamaan di banding dengan bulan bulan Ramadhan, berbicara Ramadhan seperti berbicara tentang Nabi Yusuf dengan 11 saudaranya, dari sekian saudaranya tidak ada yang menjadi Nabi kecuali Nabi Yusuf As. Dengan hadirnya Nabi Yusuf maka keutamaan yang dimiliki saudara saudaranya tenggelam. Begitulah ketika kita berbicara Bulan Ramadhan dengan bulan bulan yang lainnya.

Oleh karena itu siapapun yang mengerti bagaimana besarnya keutamaan bulan Ramadhan maka jauh jauh hari mereka akan meminta, mereka mengetuk langit dengan doa agar disampaikan di bulan Ramadhan sebagaimana yang dilakukan para sahabat Rasulullah SAW 6 bulan sebelum datangnya bulan Ramadhan mereka sudah memohon kepada Allah untuk disampaikan di bulan ini.

Baca Juga : Tips Khatam Al-Qur'an Selama Bulan Ramadhan Paling Mudah

Mu’alla bin Al-Fadhl, salah satu ulama tabiu’ tabiin berkata, “Dulu para sahabat, selama enam bulan sebelum datang Ramadhan, mereka berdoa agar Allah mempertemukan mereka dengan bulan Ramadhan. Kemudian, selama enam bulan sesudah ramadhan, mereka berdoa agar Allah menerima amal mereka selama bulan Ramadhan.” (Lathaif Al-Ma’arif, hlm. 264).

Ramadhan adalah hadiah spesial dari Allah untuk umat Rasulullah, mengapa demikian karena jika dibandingkan dengan umat umat terdahulu umur umat Nabi Muhammad SAW, umurnya lebih pendek, bayangkan umur nabi Nuh As. 950 tahun artinya kesempatan beribadah kepada Allah lebih banyak dari umar Nabi Muhammad yang dikatakan dalam hadist Rasulullah antara 60 dan 70 tahun.

عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- أَعْمَارُ أُمَّتِى مَا بَيْنَ سِتِّينَ إِلَى سَبْعِينَ وَأَقَلُّهُمْ مَنْ يَجُوزُ ذَلِكَ

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu anhu , dia berkata bahwa Rasûlullâh n bersabda, “Umur ummatku berkisar antara enam puluh sampai tujuh puluh tahun, dan sedikit yang melewatinya.” [HR. Tirmidzi; dihasankan oleh al-Albâni]

Namun dengan Ramadhan Allah telah samakan pahala ibadah umat Rasulullah dengan melipat gandakannya, sehingga pahalanya seperti beribadah ratusan tahun, terlebih dengan hadirnya malam Lailatul Qadar yang hanya terdapat di bulan Ramadhan maka pahala yang dilakukan didalamnya sama dengan beribadah 83 tahun, jika anda shalat sunnah 2 rakaat dimalam itu maka artinya sama dengan shalat sunnah 83 tahun. Jika anda membaca Al-Qur'an di malam itu sama artinya anda membaca Al-Qur'an selama 83 tahun. Jika anda tiap tahun melakukan hal yang sama di setiap bulan Ramadhan maka anda sudah melakukan shalat sunnah beratus ratus tahun belum dengan pahala pahala yang lain subhanallah.

Selain Allah memberikan pahala yang luar biasa bagi siapa saja yang melakukan kebaikan kebaikan di bulan Ramadhan, Allah juga akan memberikan ampunan tiada batas. Nanti di akhirat semua manusia akan di timbang amalnya oleh Allah, Dua keistimewaan ini penting kita raih di bulan Ramadhan, Agar pahala kita banyak dan dosa kita diampuni oleh Allah, dengan begitu insya Allah timbangan amal kita akan condong kepada amal kebaikan sehingga kita masuk dalam surganya Allah.

Dalam sebuah hadist Rasulullah bersabda,


مَنْ صَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

Artinya “Barangsiapa yang berpuasa karena iman dan mengharap perhitungan (pahala) akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu” (Muttafaq ‘Alaih)

Dalam hadist ini disebutkan jika kita berpuasa dengan penuh keimanan kepada Allah, dan hanya berharap pahala Allah semata maka dosa dosa sejak dia baligh hingga detik ini akan di ampuni oleh Allah SWT. Oleh karena kita mari laksanakan puasa ini dengan sebenarnya tidak hanya menahan lapar dan haus saja, tapi lebih dari itu kita jaga mulut kita dari menggungjing orang lain, jaga tangan kita dari mengambil yang bukan hak kita, menjaga kaki kita agar tidak melankah ketempat maksiat, dan sebagainya. Semoga Allah menerima puasa kita dan mengampuni dosa kita kita aamiin.

Baca Juga : 10 Pertanyaan Yang Sering Di Tanyakan Saat Bulan Puasa Dan Jawabannya

Ini dari puasanya saja, Allah juga janjikan ampunan dosa bagi siapa saja yang melaksanakan qiyamullail di bulan Ramadhan,


عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رضي الله عنه أَنَّ رَسُولَ اَللَّهِ  صلى الله عليه وسلم  قَالَ: مَنْ قَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا, غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa melaksanakan shalat malam di bulan Ramadhan (shalat tarawih) atas dasar iman dan mengharap pahala dari Allah, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni.” Muttafaqun ‘alaih. (HR. Bukhari no. 2009 dan Muslim no. 759).

Jadi sayang sekali jika kita tidak memanfaatkan momen bulan Ramadhan ini dengan sebaik baiknya untuk bertaubat dan meminta ampunan dari Allah SWT. Ketika Rasulullah hendak naik keatas mimbar pada hari Jum'at, Lalu datanglah kepada malaikat kepada beliau, salah satu yang disampaikan pada saat itu Allah melaknat barangsiapa yang melewati bulan Ramadhan namun dia tidak mendapati ampunan Allah, lalu kemudian Nabi mengaminkan apa yang disampaikan oleh malaikat jibril. Jadi ini buka Rasulullah yang menyampaikan tapi langsung malaikat jibril.

Demikian beberapa keutamaan bulan Ramadhan, sebenarnya masih banyak sekali keutamaan keutamaan Ramadhan yang terbatas kami sampaikan pada kesempatan kali ini, Semoga Ramadhan ini kita mendapatakan ampunan Allah SWT. Semoga apa yang kami sampaikan ini bermanfaat bagi kita semuanya,

Akhirul Kalam, Wassalamualaikum Warahmatullah Wabarakatuh.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar