Skip to main content

Disunnahkan Saat Buka Dan Sahur Ternyata Ini 10 Manfaat Kurma Bagi Kesehatan

Beritabawean.com - Dalam beberapa hadist Rasulullah menganjurkan kita untuk berbuka dan bersahur. Ternyata dibalik kesunnahan itu kurma banyak mengandung manfaat bagi kesehatan tubuh manusia apa saja itu? pada artikel ini kami akan menjelaskan kepada anda apa saja manfaatnya.

Kurma merupakan buah yang berasal dari timur tengah yang mempunyai rasa manis serta tekstur dagingnya yang empuk, sehingga memudahkan kita untuk mengkonsumsinya. Selain rasanya yang manis ternyata kurma juga mengandung manfaat bagi kesehatan dan kecantikan.

Disunnahkan Saat Buka Dan Sahur Ternyata Ini 10 Manfaat Kurma Bagi Kesehatan


Kandungan Nutrisi Pada Kurma


Sebelum berbicara tentang manfaat kurma bagi kesehatan perlu kita ketahui kandungan nutri yang ada pada kurma dengan begitu anda bisa mengatahuinya anda bisa semangat mengkonsumsinya. Kurma memang selalu disajikan dalam keadaan kering. Kandungan kalori kurma lebih tinggi dibanding dengan buah segar lainnya. Kandungannya hampir sama dengan buah kering lainnya seperti kismis. Sebagian besar kandungan kalori kurma berasal dari karbohidrat sedangkan bagian kecil lainnya berupa protein, magnesium, kalium, tembaga, mangan dan vitamin B6.

Dialnsir dari Malangtimes.com dalam sebuah penelitian menyebutkan bahwa mengkonsumsi 3 buah kurma ini sama saja dengan mengkonmsi 1 piring nasi karena dalam 1 butir kurma itu mengandung 50 kilokalori dan kalau 3 butir kurma itu sama dengan 150 kilokalori dan hasil ini melebihi dari nilai kalori yang dikandung oleh satu piring nasi yang hanya 135 kilokalori.

Baca Juga : Tahukah Anda Betapa Pentingnya Sari Kurma Terhadap Pertumbuhan Anak ?

Manfaat Kurma Bagi Kesehatan


Manfaat kurma bagi kesehatan tentu tidak terlepas dengan zat - zat dan nutrisi yang terkandung di dalamnya. Kita dapat mengkonsumsi buah kurma secara langsung atau hanya mengambil sarinya saja. Berikut dibawah ini kami akan menjelaskan lebih lanjut manfaat kurma untuk kecantikan maupun untuk pengobatan.

1. Mencegah diabetes


Dalam penelitian yang diterbitkan di Nutrition Journal tahun 2011 dijelaskan bahwa kurma terbukti memiliki kandungan yang dapat mencegah meningkatnya kadar gula dalam darah. Tentu kita akan bertanya - tanya bagaiman mungkin kurma yang memiliki rasa manis dapat mencegah diabetes? hal tersebut karena kurma memilki kandungan gula alami dan serat yang tentunya sangat baik untuk tubuh. kandungan serat yang terkandung dalam kurma akan membantu mengontrol kadar gula darah.

2. Dapat memulihkan energi setelah berpuasa


Setelah kita seharian kita menahan lapar dan dahaga, tentu akan banyak energi kita yang hilang. Dan untuk memulihkan energi kita dianjurkan untuk mengawali buka  puasa kita dengan mengkonsumsi kurma. Kurma memilki kandungan glukosa 50 - 70 persen, sehingga sangat cepat untuk mengembalikan energi yang hilang. dan kandungan alami gula kurma akan cepat diserap oleh tubuh.

3. Bebas lemak jenuh


Bagi anda yang sedang menjalankan diet, jangan hawatir untuk mengkonsumsi kurma. Karena kurma adalah jenis buah yang bebas akan kandungan lemak jenuh. selain itu, kurma juga dapat menghindari makanan berlebih, karena kurma dapat menimbulkan efek rasa kenyang. Jadi, kurma sangat cocok untuk  mereka yang sedang menjalankan diet.

4. Mengatasi masalah pencernaan


kandungan serat dalam kurma tidak hanya dapat mencegah diabetes saja, namun juga dapat mengatasi gangguan pencernaan. Dengan mengkonsumsi 2 buah kurma dalam setiap harinya dalam melancarkan sistem pencernaan dan mengurangi resiko kanker usus.

5. Meningkatkan Fungsi Otak


Dalam sebuah penelitian menemukan bahwa kurma bermanfaat bisa membantu menurunkan penanda inflamasi, seperti interleukin 6 (IL-6), yanga ada di otak. Tingkat IL-6 yang tinggi dikaitkan dengan risiko penyakit neurodegeneratif yang lebih tinggi seperti Alzheimer. Selain itu kurma juga memiliki manfaat mengurangi aktivitas protein beta amiloid, yang dapat membentuk plak di otak. Plak diotak inilah yang menyebabkan komunikasi antar saraf terganggu yang bisa menjadi penyebab stroke hingga kematian.

6. Menjaga elastisitas kulit


Vitamin C yang terkandung dalam buah kurma dapat mengatasi masalah kulit seperti penuaan dini dan menjaga elastisitas kulit, sehingga kulit akan tampak sehat dan fresh. Dengan rutin mengkonsumsi buah kurma maka kecantikan kulit akn tetap terawat.

7. Baik Untuk Balita


Kandungan glukosa dan gula alami pada kurma akan sangat mudah diserap dan dicerna oleh anak, karenanya kurma sangat baik dikonsumsi oleh balita maupun orang dewasa. Dalam ajaran islam dikenal istilah tahnik yaitu mengunyah kurma hingga halus lalu diberikan kepada bayi hal ini bertujuan utuk imunisasi alami bagi bayi. Dan Tahnik ini sering dilakukan Rasulullah kepada anak yang baru lahir. Tidak hanya itu saja, kurma juga sangat baik dikonsumsi untuk ibu hamil, karena buah ini dapat menjadi sumber energi dan menjaga terjadinya cacat lahir.

8. Memperbaiki Sel Kulit Mati


Manfaat lain kurma bagi kesehatan adalah dapat memperbaiki sel kulit yang telah mati. kandungan asam panthothenik berfungsi untuk mencegah kerusakan kulit yang diakibatkan oleh radikal bebas. Jadi, kulit akan tetap terjaga kesehatannya.

9. Mengandung Banyak Serat


Serat yang cukup sangat dibutuhkan oleh tubuh, dengan serat yang cukup kesehatan pencernaan anda bisa terjaga dari penyakit sembelit, kebutuhan ini bisa anda sumbang dari mengkonsumsi kurma. Dalam sebuah penelitian 21 orang yang mengkonsumsi kurma sebanyak 7 butir dalam setiap harinya mengalami peningkatan buang air yang signifikan dibanding dengan mereka yang tidak mengkonsumsi. Selain itu serat yang ada dalam kurma bisa mengontrol gula darah.

Baca Juga : 7 Tips Mengatasai Sakit Kepala Saat Puasa Tanpa Harus Membatalkannya

10. Mengandung Antioksidan


Kurma memiliki banyak antioksidan yang sangat bermanfaat untuk kesehatan. Antioksidan inilah yang mencegah anda dari sel sel radikal bebas penyebab berbagai penyakit. Dibanding dengan buah kering lainnya seperti kismis dan ara kurma mengandundung antioksidan lebih tinggi. Beberapa antioksidan yang dikandung adalah Flavonoid, Karetenoid, dan asam Fenolik.

Sekalipun kurma memiliki banyak manfaat kita harus mengkonsumsinya dengan jumlah yang wajar, agar tidak menimbulakan efek samping. Jangan lupa sediakan selalu buah kurma walau bukan pada bulan romadhan.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar