Skip to main content

Doa Kafaratul Majlis, Doa Yang Dibaca Untuk Menutup Acara

Doa kafaratul majlis adalah doa yang dibaca setelah selesainya acara atau perkumpulan, selain ada doa penutup biasanya sebelum majlis selesai atau sebelum peserta beranjak dari tempat duduknya biasanya di tutup dengan doa ini. Untuk membaca doa ini tidak harus dalam majlis ilmu saja tapi semua perkumpulan, musyawarah apapun disunnahkan untuk membaca doa ini.

Doa Kafaratul Majlis, Doa Yang Dibaca Untuk Menutup Acara

Kebiasaan membaca doa ini tidak hanya dilakukan oleh ulama' salaf saja tapi doa ini merupakan tuntunan langsung dari Rasulullah. Sebagaimana yang telah disampaikan oleh siti Aisyah Radhiyallahu anha, "Setiap Rasulullah Shallallahu'alaihi wasallam duduk di suatu tempat, setiap membaca Al-Qur'an dan setiap melakukan shalat, beliau mengakhirinya dengan beberapa kalimat."

Aisyah Radhiallahu'anha berkata: Aku berkata: "Wahai Rasululllah! Aku melihat engkau setiap duduk di suatu majelis, membaca Al-Qur'an atau melakukan shalat, engkau selalu mengakhiri dengan beberapa kalimat itu."

Baca Juga : Doa Agar Bisa Mengerjakan Ujian Dengan Benar

Beliau bersabda: "Ya, barangsiapa yang berkata baik akan ditulis pada kebaikan itu (pahala bacaan kalimat tersebut), barangsiapa yang berkata jelek, maka kalimat tersebut merupakan penghapusnya. (Kalimat itu adalah: doa di atas)."

(HR. An-Nasa'i dalam kitab 'Amalul Yaum wal Lailah, hal. 308. Imam Ahmad 6/77. Dr. Faruq Hamadah menyatakan, hadits tersebut shahih dalam Tahqiq 'Amalul Yaum wal Lailah, karya An-Nasa'i hal. 273).

Doa ini dimaksudkan untuk memohon ampun kepada Allah dari setiap kesalahan yang telah dilakukan selama dalam majlis atau perkumpulan itu. Mungkin saja saat berkumpul dalam acara tersebut kita telah melakukan banyak kekeliruan dan kesalahan baik kepada sesama maupun kepada Allah. Sebagaimana yang telah diterangkan dalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Abi Hurairah Radhiyallahu anhu :


عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ : قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : مَنْ جَلَسَ فِي مَجْلِسٍ فَكَثُرَ فِيهِ لَغَطُهُ ، فَقَالَ قَبْلَ أَنْ يَقُومَ مِنْ مَجْلِسِهِ ذَلِكَ: سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوبُ إِلَيْكَ إِلاَّ غُفِرَ لَهُ مَا كَانَ فِي مَجْلِسِهِ ذَلِكَ. رواه الترمذي.

Artinya : Dari Abu Hurairah, ia berkata, Rasulullah saw. bersabda, “Barang siapa yang duduk di suatu majelis, maka ia telah banyak melakukan keluputan di dalamnya. Maka ia (hendaknya) ia berdoa sebelum ia berdiri dari tempat duduknya itu, subhanakallahumma wa bihamdika asyhadu an la ilaha illa anta astaghfiruka wa atubu ilaik (Maha Suci Engkau Wahai Allah dan dengan memujiMu, Aku bersaksi bahwa Tidak ada Tuhan selain Engkau), melainkan telah diampuni baginya apa yang telah ia lakukan selama di majelis itu.” (HR. At-Tirmidzi).

Adapun doa kafaratul majlis menurut hadist diatas yaitu :

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ، أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَـٰهَ إِلاَّ أَنْتَ، أَسْتَغْفِرُكَ، وَأَتُوْبُ إِلَيْكَ

Artinya : Maha Suci Engkau ya Allah, aku memujiMu. Aku bersaksi bahwa tidak ada sesembahan yang berhak disembah kecuali Engkau, aku minta ampun dan bertaubat kepada-Mu. 

Baca Juga : 10 Doa Dalam Islam Yang Harus Diajarkan Kepada Anak Sejak Dini

Nah setelah ada mengetahui tentang doanya jangan lupa diamalkan ya, semoga dengan membaca doa ini Allah akan mengampuni semua dosa dosa kita diampuni oleh Allah SWT. Jangan lupa untuk menyampaikan juga kepada yang lain agar semuanya ikut membacanya sehingga acara majlis berkumpul kita diberkahi oleh Allah SWT.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar