Skip to main content

Doa Sahur dan Buka Puasa Yang Shahih Sesuai Sunnah

Beritabawean.com - Sahur dan Buka puasa akan menjadi rutinitas yang akan dilakukan umat yang menjalankan ibadah puasa selama bulan Ramadhan. Keduanya menjadi penanda dimulai dan diakhirinya ibadah puasa yang telah dilaksanakan. Melaksanakan keduanya sangat disunnahkan untuk dilaksanakan agar puasa yang dijalankan tidak terasa begitu berat. Rasulullah juga menganjurkan sebelum melakukan keduanya untuk membaca doa terlebih dahulu.

Doa Sahur dan Buka Puasa Yang Shahih Sesuai Sunnah

Ada banyak versi tentang doa sahur dan buka puasa namun pada postingan ini kami mengambil doa yang shahih yang bersumber dari hadist Rasulullah. Namun bukan berarti doa lainnya tidak bagus, semua doa itu bagus yang tidak bagus yang tidak berdoa saat melaksanakan keduanya. Semua ibadah sekecil apapun sebaiknya kita laksanakan di bulan Ramadhan karena semua amal ibadah akan dilipat gandakan.

Adapun pelaksanaan berbuka puasa yang paling baik adalah dilaksanakan pada awal waktu. Jadi pada waktu terdengar azan mangrib maka segeralah untuk berbuka, namun sebelum berbuka sebaiknya anda memanjatkan doa karena dalam hadist Rasulullah ada waktu mustajabah untuk berdoa pada saat menjelang berbuka puasa. Sedangkan untuk sahur waktu yang paling baik adalah dilakukan pada akhir waktu, adapun dalil kedua penjelasan tersebut terdapat dalam hadist yang diriwayatkan oleh Anas Bin Malik Radhiyallahu 'anhu :

بَكِّرُوْا بِالإفْطَارِ، وَأَخِّرُوْا السَّحُوْرَ 
Artinya, "Segerakanlah berbuka dan akhirkanlah sahur."


Adapun makanan yang sangat dianjurkan dalam berbuka dan bersahur adalah kurma, dan Rasulullah SAW sangat enganjurkan untuk melaksanakan sahur. Walaupun anda merasa puasa anda tetap kuat walaupun tanpa sahur sebaiknya tetap melaksanakan sahur karena untuk mengambil keberkahan yang ada didalamnya hal ini sebagaimana hadist Rasulullah SAW : Diriwayatkan oleh As-Saib bin Zaid RA, ia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, ‘Sebaik-baik hidangan sahur adalah kurma.” Rasulullah SAW lalu berdoa, ‘Semoga Allah menurunkan rahmat-Nya bagi mereka yang bersahur,’” (HR At-Thabarani).

Baca Juga : 10 Pertanyaan Yang Sering Di Tanyakan Saat Bulan Puasa Dan Jawabannya

Doa Sahur dan Buka Puasa Yang Shahih Sesuai Sunnah


Doa sahur dan buka puasa ini tidak hanya dilaksanakan pada puasa wajib di bulan Ramadhan saja tapi hendaknya di baca saat sahur dan buka puasa pada puasa sunnah misal sepeti puasa senin kamis, puasa rajab dan sebagainya. 

Berikut ini adalah doa sahur dan buka puasa yang shahih sesuai tuntunan Rasulullah dalam bahasa arab dan artinya  :

اللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ، وَبِكَ آمَنْتُ، وَبِكَ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ. ذَهَبَ الظَّمَأُ وَابْتَلَّتِ العُرُوقُ وَثَبَتَ الأَجْرُ إِنْ شاءَ اللهُ. يا وَاسِعَ الفَضْلِ اِغْفِرْ لِي الحَمْدُ لِلهِ الَّذِي هَدَانِي فَصُمْتُ، وَرَزَقَنِي فَأَفْطَرْتُ.

Artinya : Tuhanku, hanya untuk-Mu aku berpuasa. Dengan rezeki-Mu aku membatalkannya. Sebab dan kepada-Mu aku berpasrah. Dahaga telah pergi. Urat-urat telah basah. Dan insya Allah pahala sudah tetap.

Sedangkan untuk doa Sahurnya Rasulullah selalu membaca doa ini pada waktu beliau bersahur :

يَرْحَمُ اللهُ المُتَسَحِّرِيْنَ

Artinya, “Semoga Allah menurunkan rahmat-Nya bagi mereka yang bersahur.”


Itulah penjelasan tentang doa sahur dan berbuka puasa yang shahih sesuai sunnah yang tentunya juga sesuai dengan tuntunan dalam syariah Islam. Semoga kita selalu istiqamah bisa melaksanakan ibadah Ramadhan dengan maksimal aamiin.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar