Sabtu, 18 Mei 2019

Mengenal Kapal Blue Sea Jet 1 Yang Akan Melayani Rute Bawean Gresik

Beritabawean.com - Keberadaan transportasi laut menjadi urat nadi berbagai kebutuhan masyarakat pulau Bawean untuk tetap terhubung dengan berbagai daerah yang mensupport berbagai kebutuhan masyarakat pulau Bawean dari berbagai sisi utamanya sisi ekonomi. Walaupun saat ini mode transportasi ke pulau Bawean tidak hanya melalui jalur laut tapi juga sudah melalui jalur udara. Tapi mode transportasi ini tidak tergantikan, hampir 90 persen masyarakat Bawean masih menggunakan jalur laut untuk berlayar menuju Gresik maupun kembali ke Bawean.

Mengenal Kapal Blue Sea Jet 1 Yang Akan Melayani Rute Bawean Gresik

Mengingat itu perlu adanya kapal yang memang bisa melayani kebutuhan baik untuk kapal penumpang maupun kapal barang karena jika tidak maka bisa dikatakan prekonomian pulau Bawean akan lumpuh. Ini terbukti jika beberapa minggu saja kapal tidak berlayar karena factor cuaca maka berbagai kebutuhan akan melonjak naik karena stok terus menipis belum lagi kebutuhan lainnya. Sementara ini kebutuhan masyarakat terus terjaga dengan beroprasinya tiga kapal yang terus setia melayani masyarakat pulau Bawean. Yaitu Kapal Express Bahari, Natuna Express dan Kapal Gili Iyang.

Baca Juga : Mengenal Kapal Gili Iyang, Jadwal Keberangkatan Dan Cara Pembelian Tiketnya

Walaupun dengan 3 kapal ini masyakat Bawean sudah merasa tercukupi kebutuhannya akan trasnportasi laut tapi baru baru ini masyarakat kembali mendapat angin segar dengan datangnya kapal pendatang baru yaitu Kapal MV Blue Sea Jet 1 kapal penumpang bertenaga jet yang terlihat lebih waw dari beberapa kapal penumpang sebelumnya. Kabar ini membuat masyarakat Bawean gembira karena impian masyakat akan kebutuhan kapal yang wah dari segi fasilitas sebentar lagi akan terpenuhi.

Kapal ferry yang digadang gadang akan melayani masyarakat Bawean dalam waktu dekat ini sebelumnya sudah melayani berbagai rute di Indonesia utamanya untuk wilayah yang melayani parawisata seperti Gili Trawangan, Bali (Benoa, Padang Bai), Batam. Apakah ini berhuubungan dengan rencana pulau Bawean menjadi tempat wisata ? mungkin saja.

Jika dilihat dari tampilan kapal ini lebih mewah dan pastinya fasilitasnya juga wah yang terdiri kelas VIP, kelas Ekonomi, Ruang buang air kecil dan beberapa fasilitas lainnya. Kapal ini dapat mengangkut 342 penumpang sekali jalan dan disinyalir kecepatan melebihi 2 kapal sebelumnya. Lebih lengkapnya bisa dilihat dari spesifikasi di Bawah ini

Type of Vessel : High Speed Passenger

PRINCIPLE DIMENSION

LOA : 38 m
Breadth : 12.90 m
Depth : 3.70 m
GRT : 496 Tons

MAIN PROPULSION

Main Engine : 2 x 1960KW @2600hp, 1960rpm – MTU16V396TE74L
Speed : Approx. 32 Knot
Gearbox : ZF 7549, Ratio 2.333 : 1 : 2 sets
Water Jet Propellers : Kamewa 71Sll : 2 sets
Navigation Satellite Navigation System with Night View Radar

LIFE SAVING EQUIPMENT

Liferaft : 7 x 65 Men
Lifejacket Adult : 338 pcs + Children 57 pcs
Breathing Apparatus : 6L : 1 set, EEBD 3L : 1 Set

FIRE FIGHTING EQUIPMENT

Fire-Fighting Centrifugal Pump 25.03m3/h : 2 sets
Fire Hydrant & Hose : 4 sets (4 with diameter of 38 mm, 2 with diameter of 12 mm), Fire   Hose 18m, 6 sets, Double use jet
Engine room : 2 sets of sea water foam activator on p/s and s/s with
soft pipe of 18 mm, with jet
Fixed CO2 fire-fighting system on port side and starboard side, with
IP66 insulation level.

Baca Juga : Jadwal Kapal Gresik Ke Bawean Terbaru Lengkap

Semoga dengan hadirnya kapal MV Blue Sea Jet 1  ini dapat menjawab kebutuhan kapal masyarakat Bawean yang nyaman dan aman semoga harga tiketnyapun tidak terlalu mahal minimal sama dengan harga kapal kapal ferry yang sudah ada.

3 comments

Mantap Semongah lancar terus

Sangat suka dengan berita berita yg ditampilkan...... Apalagi saya selalu berada di luar negru... Jadi sangat senang menfapat informasi kampung halaman


EmoticonEmoticon