Skip to main content

Tips Agar Tidak Merasa Haus Dan Lapar Saat Berpuasa Seharian

Beritabawean.com - Merasakan haus dan lapar saat berpuasa seharian adalah hal yang wajar karena sejak mulai fajar sudah tidak diperbolehkan makan dan minum. Namun sebagai muslim anda harus tetap melaksanakannya karena ibadah puasa Ramadhan adalah sebuah kewajiban yang harus ditunaikan dengan tanpa menghalangi semua aktifiitas harian anda.

Tips Agar Tidak Merasa Haus Dan Lapar Saat Berpuasa Seharian

Tentunya ini menjadi sebuah tantangan, bagaimana anda bisa menahan lapar dan haus selama kurang lebih 12 jam dan puasa serta aktifitas anda lakukan tetap optimal. Pada umunya orang yang berpuasa mengalami lapar dan haus yang sangat pada awal awal Ramadhan saja setelah terbiasa maka rasa itu sudah terasa biasa. Namun walaupun begitu anda tetap perlu tips supaya ngak lapar dan haus saat puasa, siapa tahu aktifitas anda melebihi hari hari biasanya.

Tips Agar Tidak Merasa Haus Dan Lapar Saat Berpuasa Seharian


1. Mengakhirkan Sahur


Mengahirkan sahur disunnahkan, bahkan dalam beberapa hadist menunjukkan kalau Rasulullah melakukan sahur akhir akhir waktu dekat dengan shalat subuh. Menurut Ahmad Selaeman  Bidang Keamanan Pangan dan Gizi Departeman Gizi Masyarakat Institut Pertanian Bogor (IPB) mengahkhirkan sahir bertujuan agar cadangan makanan akan bertahan lama hingga sampai pada waktu berbuka puasa.

Baca Juga : Ucapan Selamat Menjalankan Ibadah Puasa Ramadhan Paling Menyentuh

2. Sahur Dengan Makanan Yang Bertahan Lama


Yang kedua jangan lupa pada saat sahur makan makanan yang bisa mengenyangkan dan bisa bertahan lama, makanan apa saja itu? yaitu makanan yang mengandung protein, karbohidrat, vitamin, dan mineral seperti nasi, kacang kacangan, kentang, oetmeal, telur, ikan, daging dan masih banyak yang lainnya. Selain itu dianjurkan mengkonsumsi kurma selain disunnahkan di konsumsi saat sahur ternyata kurma mengandung zat gula, yaitu glukosa, sukrosa dan fruktosa dimaka ketiga zat saat dibutuhkan tubuh dalam keandaan seimbang agar tubuh tetap segar.

3. Hindari Minum Yang Membuat Cepat Haus Saat Sahur.


Beberapa minuman bisa saja akan membuat anda berasa cepat haus salah satunya kopi, soda dan minuman rasa manis yang tinggi. Hindari meminum minuman ini sebagai akhir dari sahur anda karena selain mempercepat rasa haus minuman yang mengandung kafein akan meningkatkan kerja ginjal sehingga meningkatkan kerja untuk mengelurkan urin lebih cepat dan ini artinya cairan dalam tubuh anda akan banyak keluar. Lebih baik memperbanyak minum air putih 2 hingga 3 gelas dengan begitu kebutuhan tubuh akan air selama berpuasa bisa terpenuhi.

4. Lakukan Aktifitas Yang Bermanfaat


Ternyata memperbanyak aktifitas pada saat puasa bisa mengalihkan rasa lapar dan haus sehingga membuat anda tidak sempat berfikir makanan. Justru memperbanyak santai dan tidur akan membuat waktu terasa lebih lambat dan membuat rasa lapar dan haus bergitu terasa. Lakukan aktiftas anda seperti biasa dan jangan lupa perbanyak melakukan aktiftas yang bermanfaat agar mendapatkan pahala yang banyak di bulan Ramadhan.

5. Hindari Aktifitas Yang Terlalu Berat


Aktifitas yang terlalu membutuhkan asupan energi yang juga besar. Seringnya anda berkeringat akan membuat cairan tubuh akan cepat keluar terlebih jika aktifitas anda dilakukan di panas terik matahari. Jelas ini sangat mempengaruhi kebutuhan tubuh akan air. Jika memungkinkan, kerjakan pekerjaan berat anda setelah berbuka puasa setelah tenaga anda kembali pulih.

Baca Juga : 9 Hal Membatalkan Puasa Lengkap Dengan Penjelasannya

Nah itulah beberapa tips agar supaya tidak merasakan haus dan lapar saat berpuasa. semoga beberapa tips ini bisa membantu anda dalam menjalankan puasa. Sebaiknya sebelum memasuki bulan Ramadhan melakukan latihan di beberpa bulan sebelumnya yang memang disunnahkan untuk berpuasa seperti bulan Rajab dan Bulan Sya'ban. Kami kira ini cara paling efektif karena dengan latihan begitu anda akan terbiasa ketika sudah memasuki bulan Ramadhan.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar