Skip to main content

Tips Khatam Al-Qur'an Selama Bulan Ramadhan Paling Mudah

Beritabawean.com - Tips khatam Al-Qur'an memang diperlukan oleh anda yang ingin menghatamkan Al-Qur'an selama bulan Ramadhan walau hanya sekali saja. Tips ini untuk mensiasati agar kita tetap bisa bisa membaca Al-Quran walau dalam kondisi sesibuk apapun. Walaupun bukan keharusan untuk menghatamkannya tapi membaca Al-Qur'an di bulan Ramadhan sangatlah besar pahalanya. Tentunya kita tidak ingin melewatkannya begitu saja tanpa raihan pahala.

Tips Khatam Al-Qur'an Selama Bulan Ramadhan Paling Mudah

Ramadhan merupakan momuntum yang sangat pas untuk bisa memperbanyak membaca Al-Qur'an dan menghatamkannya karena lingkungan dan situasi yang mendukung. Umat Islam pada bulan ini berlomba lomba memperbanyak ibadah termasuk membaca Al-Qur'an. Dengan situasi bisa mendorong anda untuk ikut mencari pahala sebanyak banyaknya.

Pahala Membaca Al-Qur'an Di Bulan Ramadhan


Diberbagai masjid dan mushalla pada malam harinya juga menggelar tadarus bersama bergotong royong menghatamkan Al-Qur'an. Memang pahala membaca Al-Quran sangatlah besar. Pahalanya tidak dihitung pada waktu membaca ata khatam saja, namun pahalanya dihitung berdasarkan banyaknya huruf yang kita baca. Sebagaimana yang sudah dijelaskan dalam sebuah hadist :


عَنْ عَبْد اللَّهِ بْنَ مَسْعُودٍ رضى الله عنه يَقُولُ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « مَنْ قَرَأَ حَرْفًا مِنْ كِتَابِ اللَّهِ فَلَهُ بِهِ حَسَنَةٌ وَالْحَسَنَةُ بِعَشْرِ أَمْثَالِهَا لاَ أَقُولُ الم حرْفٌ وَلَكِنْ أَلِفٌ حَرْفٌ وَلاَمٌ حَرْفٌ وَمِيمٌ حَرْفٌ ». 

Artinya “Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu ‘anhu berkata: “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Siapa yang membaca satu huruf dari Al Quran maka baginya satu kebaikan dengan bacaan tersebut, satu kebaikan dilipatkan menjadi 10 kebaikan semisalnya dan aku tidak mengatakan الم satu huruf akan tetapi Alif satu huruf, Laam satu huruf dan Miim satu huruf.” (HR. Tirmidzi dan dishahihkan di dalam kitab Shahih Al Jami’, no. 6469).

Pahala sepuluh kali lipat perhuruf itu adalah pahala jika membaca Al-Qur'an pada hari biasa, namun jika anda membacanya di bulan Ramadhan maka setiap kebaikan, baik itu sedekahnya, infaqnya, shalatnya, bacaan Al-Qur'anya semuanya akan dilipan gandakan 10 kali lipat. Maka jika anda membaca satu huruf di bulan Ramadhan maka per satu hurufnya pahalanya adalah 100. Makanya para ulama lebih meningkatkan bacaan Al-Qur'an pada bulan Ramadhan. Salah satunya imam Syafi'i salah satu madzhab umat Islam pada bulan Ramadhan beliau menghatamkan Al-Qur'an selama Ramadhan 60 kali.

Baca Juga : Amalan Amalan Utama Yang Harus Diperbanyak Selama Bulan Ramadhan Sesuai Tuntunan Rasulullah SAW


Tips Khatam Al-Qur'an Selama Bulan Ramadhan Paling Mudah


Nah berikut ini adalah tips atau cara agar kita menghatamkan Al-Quran di bulan Ramadhan. Kita harus benar benar memanfaatkan waktu kita untuk mengerjakan amal amal yang sholeh. Kalau hari biasa kita terlalu banyak melihat HP maka di bulan Ramadhan kita lebih banyakin frekuensi membaca Al-Qur'an. Dari pada mengerjakan hal hal yang tidak bermanfaat, melihat status orang lain berjam jam lebih baik membaca Al-Qur'an.

Berikut ini adalah tips agar kita bisa menghatamkan Al-Qur'an sekali saja selama bulan Ramadhan lebih bagus jika anda bisa menghatamkan 2 atau lebih.

1. Pertama harus memasang target untuk hatam Al-Qur'an di bulan ini, Namun tidak hanya memasang target saja tapi anda harus bersungguh sungguh melaksanakannya.

2. Bacalah Al-Quran setiap melaksanakan shalat 5 waktu 2 lembar saja, bisa anda kerjakan sebelum 1 lembar dan sesudahnya 1 lembar atau terserah anda yang penting dalam setiap shalat 5 waktu berusahalan untuk  2 lembar. 2 Lembar x 5 waktu maka sehari anda bisa membaca 10 lembar dan sehari anda sudah membaca 1 jus.

3. Ini harus dilaksanakan secara konsisten, jika anda mambu membaca hingga kelipatannya misal setiap shalat bisa membaca 4 lembar maka anda bisa menghatamkan 2 kali selama bulan Ramadhan. Ini harus dilaksanakan secara konsisten. Jika anda berhalangan pada setiap shalatnya maka anda bisa menggantinya di shalat yang lainnya. Bagaimana mudah bukan ?


Baca Juga : 9 Hal Membatalkan Puasa Lengkap Dengan Penjelasannya

Jika anda benar benar melaksanakannya untuk bisa khatam Al-Qur'an selama bulan Ramadhan bukanlah hal yang mustahil hanya butuh konsistensi dan keinginan yang kuat. Kapan lagi anda bisa memanfaatkan bulan Ramadhan dengan semaksimal mungkin karena belum tentu di Ramadhan yang akan datang anda bisa berjumpa kembali dengan bulan yang penuh dengan keberkahan ini. Semoga postingan ini bermanfaat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar