Selasa, 18 Juni 2019

10 Cara Menghilangkan Gatal di Tenggorokan Dengan Obat Tradisional

Saat mengalami gatal tenggorokan seperti ada yang menyumbat saluran tenggorokan dan pastinya membuat ketidak nyamanan, belum lagi batuk yang tidak berhenti. Pada saat anda mengalami kondisi seperti ini, hindari makanan pedas, minuman dingin, makanan berminyak dan berteriak.

10 Cara Menghilangkan Gatal di Tenggorokan Dengan Obat Tradisional

Ada banyak penyebab yang menjadi pemicu timbulnya rasa gatal di tenggorokan yang disertai batuk seperti, perubahan cuaca, dehidrasi, polusi udara dan alergi. Jika anda merasakan gatal yang disertai batuk, jangan menunda perawatan, karena kalau tidak hanya akan memperparah keadaan seperti demam tinggi, kesulitan untuk bernafas dan menggigil.

Cara menghilangkan gatal di tenggorokan sebenarnya tidak terlalu sulit, cukup anda membeli obat yang tersedia di apotik atau menggunakan obat tradisional. Jika anda bingung dengan bahan alami apa saja yang dapat anda gunakan untuk menghilangkan rasa gatal dan batuk berdahak, berikut beberapa bahan alami yang wajib anda ketahui.

10 Cara Menghilangkan Gatal di Tenggorokan Dengan Obat Tradisional


1. Jahe


Jahe merupakan bahan masakan yang mempunyai rasa pedas dan sensasi hangat. Dari zaman dulu jahe memang sangat terkenal ampuh dalam mengatasi pegal - pegal, masuk angin hingga gatal di tenggorokan.

Caranya, sediaken jahe yang sudah di potong - potong kecil atau cukup dimemarkan saja, lalu rebus jahe tersebut dengan 4 gelas air sampai mendidih, selanjutnya tambahkan madu atau gula merah sebagai pemanis, minumlah selagi hangat.

Baca Juga : Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Dengan Cepat Dan Aman Menggunakan Bahan Alami

2. Air garam


Cara lain untuk menghilangkan gatal di tenggorokan adalah dengan menggunakan air garam. garam yang biasa anda gunakan sebagai bumbu masakan ternya juga dapat anda fungsikan untuk meredahkan gatal tenggorokan sekaligus mengeluarkan dahak.

Caranya, Sediakan air hangat sebanyak 250 ml dan campur dengan setengah sendok teh garam, aduk sampai benar - benar rata, selanjutnya gunakan air larutan tersebut untuk berkumur, lakukan 3 kali dalam sehari. Dengan demikian rasa gatal di tenggorokan akan hilang dengan sendirinya.


3. Air lemon hangat


Lemon dapat dikatakan sebagai buah untuk menghilangkan rasa gatal pada tenggorokan. Lemon kaya akan kandungan vitamin C yang bermanfaat untuk memecahkan lendir serta meningkatkan kekebalan tubuh untuk melawan infeksi yang menjadi penyebab tenggorokan gatal.

Caranya, ambil satu buah lemon dan potong menjadi dua bagian, peras dan ambil airnya lalu campurkan dengan air hangat dan 1 sdt madu. Minumlah pada waktu pagi dan malam.

4. Hisap permen pelega tenggorokan


Umumnya permen pelega tenggorokan adalah permen yang mengandung bahan aktif yang akan membantu menghilangkan rasa gatal dan membunuh bakteri. Menghisap permen pelega tenggorokan juga dapat meningkatkan produksi air liur yang bermanfaat untuk melembabkan tenggorokan.

5. Susu dan kunyit


Jika anda mengalami gatal tenggorokan secara terus menerus, cobalah metode pengobatan yang satu ini. Sekilas mungkin perpaduan kedua bahan ini merasa sangat aneh dan bingung bagaimana cara mengkonsumsinya. Namun khasiat dari kombinasi dari kedua bahan ini sangat manjur untuk menghilagkan gatal tenggorokan.

Carnya, rebus susu sapi murni ke dalam sebuah panci, kemudian tambahkan satu sendok teh kunyit bubuk sampai mendidih, setelah itu biarkan sebentar sampai menjadi hangat, terakhir minumlah susu kunyit yang sudah dipadukan selagi hangat pada saat menjelang tidur.

6. Pisang


Selain lemon, pisang juga merupakan buah yang berkhasiat untuk menghilangkan gatal pada tenggorokan. Pisang adalah buah yang mempunyai tekstur yang sangat lembut dan mengandung vitamin C. Selain dapat meredahkan gatal dan batuk, pisang juga dapat menjaga daya tahan tubuh untuk lebih kuat.

7. Bawang putih dan gula


Perpaduan kedua bahan ini terbilang cukup unik, namun khasiatnya tidak boleh diremehkan. Perpaduan bawang putih dan gula putih bisa menjadi obat yang sangat mujarab bagi anda yang sedang mengalami gatal tenggorokan.

Caranya, sediakan 3 - 4 siung putih yang sudah dibersihkan, lalu cacah sampai halus, selanjutnya campurkan cacahan bawang putih tersebut dengan setengah gelas gula pasir dan diamkan kedua bahan ini selama semalaman, di esok harinya kedua bahan ini akan mencair seperti sirup, sebelum dikonsumsi panaskan terlebih dahulu lalu minum 1 sendok teh selama 2 jam sekali.

8. Memperbanyak minum air putih


Salah satu penyebab tenggorokan menjadi gatal adalah dehidrasi. Untuk itu perbanyaklah mengkonsumsi air putih sekitar 8 gelas atau setara dengan 2 liter air setiap harinya. mencukupi cairan dalam tubuh mempunyai bayak manfaat lain yang mungkin tidak anda sadari.

9. Alang - alang


Alang - alang merupakan tanaman yang mempunyai banyak fungsi untuk menjaga kesehatan, salah satunya adalah untuk menghilangkan rasa gatal di tenggorokan dan mengatasi keputihan abnormal.
Caranya, ambil satu genggam alang - alang yang sudah dibersihkan, lalu rebus sampai benar - benar mendidih, minumlah hasil rebusan tersebut 2 kali sehari sampai rasa gatal menghilang.

10. Madu


Madu merupakan bahan alami yang mempunyai segudang manfaat. mengobati gatal tenggorokan dengan madu merupakan metode pengobatan yang sangat gampang dan enak. pasalnya, madu memiliki rasa manis yang tentunya semua orang menyukainya.

Baca Juga : 5 Manfaat Daun Serai Bagi Kesehatan Tubuh Dan Cara Mengolahnya

Caranya, minumlah satu sendok makan madu setiap hari. Jika anda tidak telalu suka dengan rasa manis, anda dapat mencampurkan madu dengan wedang jahe atau teh. Yang perlu anda ingat, pilihlah madu yang benar - benar murni.

Selain Menggunakan beberapa cara pengobatan di atas, anda juga harus menjauhi makanan yang membuat tenggorokan menjadi gatal. Dan semoga artikel yang kami tulis dapat memberikan manfaat untuk semua.


EmoticonEmoticon