Skip to main content

10 Jenis Usaha Untuk Anda Yang Mahir Design Grafis, Ada Yang Tanpa Modal

Apakah anda jago dibidang desain grafis? Namun anda bingung usaha apa yang bisa ada bangung dengan keahlian anda itu? Nah pada artikel ini kami akan memberikan beberapa contoh usaha hanya dengan berbekal dengan keahlian anda itu. Bahkan ada yang tanpa perlu untuk mengeluarkan modal.

10 Jenis Usaha Untuk Anda Yang Mahir Design Grafis, Ada Yang Tanpa Modal

Design grafis adalah salah satu bidang keilmuan komputer, beberapa tahun belakangan keahlian ini mulai banyak dilirik para kaum millinial karena prospek usaha dibidang terbilang sangat cerah seiring meningkatkanya kebutuhan akan jasa design grafis diberbagai aspek utamanya diberbagai dunia bisnis.

Jika kita lihat saat ini banyak sekali yang membutuhkan jasa design untuk berbagai keperluan, seperti banner, undangan, brosur, logo, rumah dan banyak yang lainnya. Ini bisa menjadi peluang anda untuk bisa mendapatkan pundi pundi uang. Kerjapun tidak begitu berat hanya memerlukan imajinasi dan kreatifitas saja.

10 Jenis Usaha Dibidang Design Grafis


1. Percetakan


Mungkin ini adalah usaha yang umum dilakukan oleh mereka yang jago dibidang design grafis, membuka usaha percetakan tidak harus dengan modal besar, jika anda seorang pemula dalam dunia bisnis anda bisa memulainya dari usaha kecil atau rumah terlebih dahulu sambil mengumpulkan modal. Seperti mencetak undangan, cetak foto, kartu nama. Banner, spanduk dan sebagainya. Kalau anda belum memiliki mesin cetak sendiri anda bisa bekerjasama dengan percetakan yang sudah besar.

2. Jasa Design Website


Hampir semua bisnis saat ini sudah mulai go online, tidak hanya bisnis tapi hampir semua lembaga, dan personal sudah memiliki website sendiri namun itu hanya sebagian kecil saja. Kedepan diprediksi akan terus meningkat dengan hadirnya internet cepat hingga kepelosok desa. Ini kesempatan anda untuk terus menekuni dibidang ini.

Anda hanya perlu show off dengan melakukan promosi dan mempersiapkan hasil design anda untuk diperkenalkan kepada publik kalau perlu anda bisa membuat proposal dan diajukan keberbagai instansi pemerintah atau instansi swasta sehingga jiwa sewaktu waktu mereka akan membuat website maka dengan segera akan menghubungi anda.

3. Jasa Design Produk


Kita bisa lihat hampir semua produk saat ini dikemas dengan kemasan yang menarik tujuanya untuk menarik pelanggan. Ini salah satu peluang yang bisa jadi bisnis anda, tawarkan design anda kepada UKM UKM yang masih membungkus produknya ala kadarnya. Anda yakinkan bahwa dengan kemasan yang baik tidak hanya meningkatkan penjualannya saja tapi juga meningkatkan harga jual produk .

4. Jasa Design Rumah Dan Interiornya


Beberapa tahun belakangan ini jasa design rumah sangat diminati. Berbeda dengan zaman dahulu banyak orang yang membangun rumah dengan design ala kadarnya. Jika anda mahir dalam mendesign rumah utamanya minimalis, ini bisa menjadi peluang. Usaha dibidang ini tidak pernah kehabisan pasar. Kita bisa lihat banyak sekali orang yang akan membangun rumah setiap harinya.

5. Jasa Editing Foto


Walaupun banyak sekali editor foto berupa aplikasi, namun hasil editannya hanya ala kadarnya  tidak sebaik mengunakan aplikasi seperti photoshop dan yang sejenisnya. Anda bisa menawarkan jasa edit foto, seperti foto pengantin, keluarga dan sebagainya. Salah satu yang paling diminati saat ini adalah mengedit foto menjadi vector yang keren dan lucu. Jika anda memiliki printer sendiri anda bisa membuka jasa edit foto sekaligus mencetaknya. Walau usaha ini terlihat kecil jika anda tekuni dengan pelayan dan hasil design yang memuaskan maka hasilnya juga akan besar.

6. Layout Media Cetak


Banyak media cetak yang tidak memiliki designer untuk melayout media cetak mereka. Anda bisa menawarkan keahlian anda agar bisa mendesign media cetak mereka. Beberapa media cetak yang membutuhkan layout adalah media cetak, majalah, bulletin dan surat kabar.

7. Jasa Design Kaos


Membuka jasa desain kaos merupakan salah satu usaha yang menjanjikan beberapa tahun belakangan trend fashion terus menanjak. Ini peluang besar bagi and jika anda serius dibidang ini. Jika anda mampu memproduksi kaosnya sendiri itu malah lebih bagus. Modal yang dikeluarkanpun tidak terlalu besar, anda hanya butuh alat alat sablon dan tukang jahit. Tapi omset yang didapat lumayan besar, apalagi jika anda bisa bekerjasama dengan beberapa toko baju, distro. Bekerjasama dengan mereka bukanlah hal yang mustahil jika design kaos kaos anda benar benar diminati pasar.

8. Freelancer


Apa sih yang dimaksud dengan freelancer (Pekerja Bebas)? Freelancer adalah yaitu pekerjakan yang dilakukan secara mendiri tanpa harus terikat dengan siapaun. Ini solusi bagi anda yang tidak memiliki modal untuk membuka beberapa usaha diatas namun anda memiliki skill design yang mumpuni. Atau bisa juga anda seorang yang tidak menyukai aktifitas rutinitas dan suka dengan kerja bebas kapan dan dimanapun kerja secara freelancer sangat cocok. Saat ini banyak sekali marketplace freelance yang bisa menjadi tempat anda mendulang uang. Salah satunya yang paling popular yang sesuai dengan bidang anda adalah https://fastwork.id/design-graphic. Distus ini anda bisa menjual keahlian dan kreatifitas anda dibidang design grafis.


9. Spesialis Logo


Bisnis design logo juga lagi popular belakangan ini seiring dengan tumbuhnya berbagai usaha yang membutuhkan branding. Tidak hanya berputar masalah bisnis, kebutuhan akan logo juga dating dari berbagai Lembaga baik itu Lembaga social, Pendidikan, organisasi kemasyarakatan, komunitas, usaha rumahan dan banyak yang lainnya. Jika anda sebagai spesialis dibidang ini sangat mudah sekali untuk mempertebal dompet anda. Anda cukup melakukan branding diri dibeberapa social media, situs freelancer, blog dan media promosi online lainnya. Jika hasil logo anda benar benar sesuai dengan keinginan pasar bisa dipastikan orderan akan dating bertubi tubi

10. Design Sosial Media


Saat ini banyak sekali berbagai usaha yang mempromosikan berbagai produknya di social media, seperti facebook, Instagram, twitter dan di youtube dan mereka membutuhkan designer grafis untuk mendesain berbagai promosi produknya agar terlihat menarik bagi para pengguna social media.

Memulai Usaha Dibidang Design Grafis


1. Skill


Kemampuan atau skill anda dibidang design grafis adalah sebuah keharusan sebelum anda terjun dalam dunia bisnis dibidang ini. Skill adalah tahapan pertama yang harus anda lalui untuk terjun di di dalam dunia bisnis ini. Kemampuan ini bisa anda dapatkan dengan otodidak atau melalui kursus. Beberapa software dasar yang perlu anda kuasai adalah photoshop, corel draw, autocad, Adobe Illustrator dll.

Selain harus mendalami keahlian, imajinasi dan kreatifitas harus anda miliki karena ada juga yang mahir menggunakan beberapa aplikasi design namun karena kurang kreatifitas dan imajinasi maka hasilnya terlihat hambar. Bagaimana untuk mengasahnya? Seringlah mendesgn dan sering lihat hasil design orang lain.

2. Hasil Karya (Porto Folio)


Ketika orang akan menggunakan salah satu jasa design grafis biasanya yang pertama kali dilihat adalah hasil karya designnya (portofolio). Oleh karenanya anda harus menyimpan karya karya design anda dan tunjukkan kepada orang orang yang menanyakan kepada anda sehingga mereka benar benar yakin tidak salah memilih memesan kepada anda.

3. Promosi


Ini adalah senjata pamungkas, promosi senjata paling penting untuk menggaet pelanggan atau client. Media promosi saat ini sangat terbuka lebar bahkan anda bisa memanfaatkannya secara gratis seperti social media, blog dan lain sebagainya. Tidak hanya itu beberapa website bisa menjadi ladang untuk memasarkan jasa anda seperti sribu.com, project.co.id dan sebagainya. Asalkan anda memanfaatkannya maka bisnis design anda bisa grow up dengan cepat.

Baca Juga : 4 Kunci Penting Strategi Pemasaran Yang Bikin Usaha Anda Sukses

4. Manajemen Yang Baik


Tahapan terahir yang sangat perlu anda perhatikan adalah menajemen yang baik dalam usaha anda. Usaha dibidang ini adalah satu bidang jasa yang intisarinya adalah dipelayanan. Anda harus memperhatikan betul tentang pelayanan ini, rata rata klient membutuhkan pelayanan yang baik, cepat dan hasilnya bagus, berusahalah anda melakukan manajemen usaha untuk memenuhi keinginan pelayanan ini jika tidak maka akan kalah dalam bersaing.

Kelebihan Dan Kekurangan Usaha Dibidang Design Grafis


Setiap usaha apapun pasti memiliki kelebihan dan kekurangan, beberapa kelebihannya jika anda terjun di bidang usaha ini adalah

1. Menyenangkan 


Mengapa saya katakan seperti itu karena biasanya orang yang terjun dibidang ini berdasrkan karena kesukaan bukan karena sebuah tuntutan atau yang lainnya. Pekerjaan ini tidak semudah yang anda bayangkan, bekerja dibidang ini membutuhkan ketelitian dan kesabaran dan kreatifitas yang tinggi. Terkadang waktu untuk mendesain satu produk saja membutuhkan waktu yang sangat lama.

2. Modal Minim


Modal yang dibutuhkan untuk membangun usaha ini terbilang minim. Anda hanya memerlukan komputer/laptop dengan spesifikasi yang lumayan, aplikasi/software design grafis dan koneksi internet. Jika anda  Namun jika membuka usaha percetakan lain lagi karena alat alat percetakan lumayan terbilang mahal.

Baca Juga : Modal 1 Juta Bisa Buka Usaha Apa Saja ? Ini Daftarnya !

3. Memiliki Pasar Potensial


Banyak orang mengatakan bisnis dibidang ini selalu hidup atau tidak ada kadaluarsanya, seiring berkembangnya zaman kebutuhan akan ini juga semakin meningkat. Makanya jika anda bergerak dalam usaha ini jangan kawatir anda tidak memiliki pangsa pasar, jika hasil design anda bagus dan pelayanannya memuaskan maka akan banyak yang memesan design kepada anda.

4. Flexibel


Artinya anda bisa bekerja dimana saja dan kapan saja, asalkan pekerjaan anda bisa selesai. terlebih bagi anda yang mengandalkan usaha secara freelancer anda benar benar bebas mengerjakan orderan dimana saja. Anda bisa bekerja sambil ngopi di cafe atau ditempat lainnya. Usaha ini sangat cocok jika menjadi usaha sampingan bagi anda yang sudah bekerja.

Sedangkan kekurangannya karena usaha ini berhubungan dengan jasa maka mau tidak mau anda harus banyak mengalah terhadap keinginan client anda. Disamping itu pendapatan usaha ini tidak menentu dan tidak titap bahkan ada yang hanya musiman namun walau begitu usaha ini memiliki omset yang juga lumayan
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar