Selasa, 25 Juni 2019

5 Manfaat Ketumbar Untuk Kesehatan Dan Cara Mengelolahnya

Siapa sih yang tidak mengenal bahan dapur yang satu ini. Ketumbar adalah bumbu dapur yang biasa kita gunakan sebagai penyedap rasa, juga merupakan bumbu dasar masakan khas indonesia. Selain terkenal dengan wanginya yang khas serta memperkaya rasa masakan, ketumbar juga mengandung banyak manfaat untuk kesehatan.

5 Manfaat Ketumbar Untuk Kesehatan Dan Cara Mengelolahnya

Jika kita membahas tentang manfaat ketumbar untuk lezatnya masakan, memang itu bukanlah hal yang tabu lagi, namun mungkin masih banyak orang yang belum mengenal lebih luas manfaat lain dari biji ketumbar. Rebusan biji ketumbar sangat baik untuk mengatasi berbagai penyakit diantarnya, menambah nafsu makan, sebagai obat cacing, mengatasi peradangan, anti kanker, masalah syaraf hingga menjaga stamina pria.

Manfaat ketumbar untuk kesehatan dan cara mengolahnya memang wajib kita mengetahuinya, karena tidak sedikit orang yang mengetahui manfaat ketumbar untuk kesehatan, tapi tidak mengetahui cara mengolahnya. Nah, untuk melengkapi pengetahuan anda, kami di sini akan menyajikan manfaat biji ketumbar untuk kesehatan lengkap dengan cara mengolahnya.

Manfaat Ketumbar Untuk Kesehatan Dan Cara Mengelolahnya


1. Mengatasi Peradangan


Khasiat merebus biji ketumbar salah satunya adalah mengatasi masalah peradangan. Nah, bagi anda yang memiliki masalah peradangan jangan lantas minum obat, ada baiknya anda mencoba dengan menggunakan bahan alami terlebih dahulu, seperti menggunakan air rebusan biji ketumbar.
Caranya, rebus biji ketumbar secukupnya sampai benar - benar mendidih, setelah itu dinginkan sampai menjadi hangat, minum air rebusan tersebut selagi hangat.

Baca Juga : 5 Manfaat Daun Serai Bagi Kesehatan Tubuh Dan Cara Mengolahnya

2. Jantung Koroner


Salah satu penyebab jantung koroner adalah penumpukan plak lemak yang terbentuk di arteri, kemudian pada suatu saat plak ini akan robek dan terlepas. Jika bongkahan plak tersebut terlepas cukup besar dan terbawa aliran darah ke alteri koroner, maka sumbatan plak ini akan robek dan terlepas. Untuk itu, jika anda menderita jantung koroner sangat baik untuk mengkonsumsi air rendaman biji ketumbar.

Cara membuat air rendaman biji ketumbar sangat mudah yaitu ambil 2 sendok makan ketumbar dan tuangkan pada 500 ml air panas, diamkan selama 20 menit, lalu saring ambil airnya, minum air ketumbar 1 kali setiap hari.


3. Diabetes


Diabetes merupakan penyakit yang tergolong susah untuk disembuhkan. Pasalnya, penderitanya harus rutin mengecek gula darah dalam tubuh agar mengetahui kondisi tubuhnya. Dampak lain dari diabetes adalah merusak ginjal, menyerang pembuluh darah, dan mengakibatkan luka yang sulit untuk disembuhkan. Sekalipun penyakit ini susah untuk disembuhkan, namun biasa di jaga agar tidak terlalu parah dengan rendaman biji ketumbar.


4. Darah tinggi


Darah tinggi atau hipertensi adalah gejala dimana tekanan darah pada pembuluh darah bersih mengalami peningkatan. Jika kondisi tersebut terus dibiarkan maka akan mengakibatkan banyak dampak buruk yang akan terjadi. Salah satu bahan alami yang ampuh menurunkan tekanan darah adalah ketumbar.

Caranya, siapkan ketumbar sebanyak seperempat kilogram lalu cuci bersih, rebus ketumbar dengan air secukupnya sampai mendidih dan berubah warna menjadi kecoklatan, selanjutnya angkat ampasnya dan ambilnya irnya saja, minum air rebusan tersebut secara rutin.

Baca Juga : 7 Manfaat Buah Sirsak Untuk Ibu Hamil Dan Menyusui

5. Menambah Nafsu Makan


Nah, bagi anda yang sering bermasalah terhadap anak yang susah kalau disuruh makan, anda tidak perlu khawatir karena solusinya ada pada air rendaman biji ketumbar. Didalam air rebusan ketumbar terdapat kandungan yang dapat meningkatkan nafsu makan. Cara mengolahnya hampir sama dengan sebelumnya, yaitu merbus biji ketumbar lalu meminumnya.

Demikianlah manfaat ketumbar yang dapat anda coba sendiri di rumah. Dan semoga artikel ini bermanfaat untuk semua.


EmoticonEmoticon