Senin, 10 Juni 2019

5 Sebab Kaum Terdahulu Dibinasakan Allah SWT

Pernahkan anda mendengar sejarah bagaimana kaum sodom atau kaum nabi luth dibinasakan oleh Allah SWT?, atau kaum 'Aad kaum Nabi Hud yang juga dibinasakan oleh Allah? Sebenarnya tidak hanya mereka saja kaum yang dimusnahkan oleh Allah sangat banyak, seperti kaum kaum nabi nabi terdahulu seperti kaum nabi Nuh yang dibinasakan dengan banjir, kaum nabi shaleh, dan masih banyak yang lainnya. Dalam ulasan yang dimuat Republika ada 12 kaum terdahulu yang telah dimusnahkan oleh Allah SWT.


Yang terbaru juga telah ditemukan di Italia kaum Pompeii yang juga dibinasakan oleh Allah. Di Indonesia juga ada sejarah yang mencatat tentang suatu kaum yang juga binasa karena azab Allah yaitu dusun Legetang, sebuah dusun yang terdapat di Banjarnegara Jawa Tengah, dimana satu kampung ini tertimbun separuh gunung Pengamun-Amun yang tidak jauh dari dusun ini pada tahun 1955. Dan masih banyak yang lainnya seperti yang terjadi baru baru ini yang meluluh lantahkan sebuah daerah, namun terkadang kita tidak sadar, kita menyangka itu hanya terjadi lantaran karena bencana alam saja.

Lalu mengapa mereka ini dibinasakan Allah? Ada 5 sebab mengapa Allah menurunkan azab kepada mereka. Semoga kita semua bisa mengambil pelajaran dalam artikel ini sehingga kita dan masyarakat kita terhindar dari murka Allah SWT.

5 Sebab Kaum Terdahulu Dibinasakan Allah SWT


1. Kufur Nikmat


Kufur nikmat terhadap segala nikmat yang diberikan oleh Allah SWT menjadi alasan mengapa sekolompok kaum ini mendapatkan kemurkaan Allah sehingga diturunkan azab kepada mereka.

Dalam beberapa sejarah kita mengetahui bahwa beberapa kaum yang telah kami sebutkan diatas adalah kaum yang diberi limpahan nikmat yang tiada tara namum sayang nikmat yang mereka terima bukan tambah mendekatkan mereka kepada Maha Pemberi nikmat namun malah justru membuat mereka lalai dan bermaksiat kepada Allah. Dalam Al Quran surah Ibrahim ayat 7 Allah telah berfirman barang siapa yang bersyukur kepada Allah maka akan Allah tambah nikmatnya . Namun jika mereka ingkar dan kufur terhadap nikmatNya maka mereka akan mendapatkan azab yang pedih.

Baca Juga : Mengapa Wanita Muslimah Wajib Memakai Jilbab ?

2. Menentang Perintah Rasul Rasulnya


Beberapa kisah kaum yang dibinasakan oleh Allah bisa menjadi pelajaran bagi kita, selain kufur nikmat mereka dibinasakan juga karena mereka inkar dan menentang terhadap Rasul yang telah diutus kepada mereka.

Banyaknya bencana sekarang ini yang terjadi di negeri ini bisa jadi itu adalah azab dari Allah SWT mengingat banyaknya perbuatan yang yang dilarang oleh Allah dan rasulnya, seperti merajalelanya perzinahan, korupsi, riba, dan yang lainnya yang telah merajalela dimana mana.

Allah telah mewanti wanti kepada kita agar tidak menentang ajaranNya yang telah disampaikan melalui rasulnya sebagaimana firman Allah dalam surat Annur ayat 63.

فَلْيَحْذَرِ الَّذِينَ يُخَالِفُونَ عَنْ أَمْرِهِ أَنْ تُصِيبَهُمْ فِتْنَةٌ أَوْ يُصِيبَهُمْ عَذَابٌ أَلِيمٌ

Artinya : " Maka hendaknya mereka takut akan berselisih dengan apa yang telah diperintahkan oleh Rasul akan ditimpakan kepada mereka fitnah dan siksaan yang amat pedih".

3. Hilangnya keadilan


Hukum yang tebang pilih juga menjadi sebab di azabnya kaum kaum terdahulu seperti yang terjadi kepada bani Israil mereka memberlakukan hukum sesuai dengan keinginan penguasa. Padahal didalam  penegakan hukum tidaklah pandang bulu, tidak tumpul keatas dan tidak tajam ke bawah, tidak mengenal kerabat dan kedudukan semua sama didepan hukum.

4. Hilangnya Amar Ma'ruf Nahi Mungkar


Ketika Allah menurunkan azab yang pedih kepada suatu kaum maka semuanya terkena azab itu apakah diatara mereka yang terkena azab Allah tidak ada orang yang shaleh? Pastinya ada namun sayang mereka membiarkan perbuatan perbuatan maksiat merajalela disekitarnya. Hal ini sesuai sabda Rasulullah SAW " Sesuangguhnya ketika manusia melihat kesewenang wenangan, lalu mereka tidak mencegah dengan krmampuannya maka Allah akan menimpakan siksa kepada mereka (H.R Abu Daud).

Baca Juga : Doa Nabi Musa Ketika Dalam Kesulitan

5. Merajalelanya Perbuatan Dzalim


Jika perhatikan sejarah para kaum yang dibinasakan oleh Allah dalam kehidupan penuh dengan kedzaliman yang sangat luar biasa mereka melakukan perbuatan diluar batas, seperti sodomi, menyembah patung, menghina dan menyakiti Rasulnya dan perbuatan dzalim lainnya.

Dalam tafsirnya Al Wasith syeh Wahbah Azzuahili mengatakan bahwa perbuatan yanv paling dzalim yang dilakukam oleh manusia adalah berpaling dari ayat ayat Allah ketika telah datang seorang utusan yang telah memperingatkan kepada mereka, mereka melupakan dan membuang ayat ayat Allah tersebut.


EmoticonEmoticon