Skip to main content

7 Manfaat Buah Sirsak Untuk Ibu Hamil Dan Menyusui

Buah sirsak adalah buah yang berasal dari negara karibia di amerika tengah. Meski buah ini berasal dari Amerika, buah sirsak sangat mudah ditemukan di indonesia. Hal tersebut karena buah sirsak merupakan buah tropis, sehingga tumbuh subur di indonesia.

7 Manfaat Buah Sirsak Untuk Ibu Hamil Dan Menyusui

Buah sirsak memiliki rasa asam manis dan daging buah yang putih dan kenyal. Buah ini juga memiliki manfaaat yang luar biasa terhadap tubuh. Lalu amankah minum jus buah sirsak atau memakannya langsung bagi ibu hamil? 

Banyak yang beranggapan jika buah sirsak merupakan salah satu buah yang memiliki bahaya jika dikonsumsi bagi ibu hamil, karena dapat menyebabkan masalah persalinan. Namun statemen yang demikian sangatlah keliru, pada nyatanya buah sirsak sangat baik jika dikonsumsi ibu hamil, karena memiliki banyak manfaat.

Selama proses kehamilan, kebutuhan nutrisi dalam tubuh tentunya akan meningkat, sehingga tubuh membutuhkan asupan yang cukup. Buah sirsak memiliki kandungan vitamin C dan folat yang cukup melimpah. jadi, sangat baik jika mengkonsumsi buah ini saat  hamil maupun menyusui.

Manfaaat buah sirsak untuk ibu hamil dan menyusui memang belum banyak orang mengetahuinya. Untuk itu, dikesempatan kali ini kami akan mencoba menjelaskan lebih luas tentang manfaat buah sirsak bagi kesehatan tubuh, terutama untuk ibu hamil. Berikut manfaat buah sirsak yang wajib anda ketahui.

7 Manfaat Buah Sirsak Untuk Ibu Hamil Dan Menyusui


1. Mencegah Mual Diawal Kehamilan


Pada saat usia kehamilan masih muda dan sampai berusia 3 bulan, rata - rata ibu hamil mengalami rasa mual. Nah, bolehkah wanita hamil muda minum jus sirsak? Buah sirsak memiliki rasa asam manis. Rasa asam pada buah sirsak berfungsi untuk merangsang produksi air liur, sedangkan rasa manis mampu meningkatkan nafsu makan. Jadi, buah sirsak sangat cocok jika dikonsumsi saat hamil.

Baca Juga : 8 Khasiat Buah Mengkudu Bagi Kesehatan Dan Kecantikan Yang Belum Banyak Diketahui


2. Melancarkan Sistem Pencernaan


Selain mengalami rasa mual, biasanya ibu hamil sering juga bermasalah dengan pencernaan. Buah sirsak kaya akan kandungan serat. Mengkonsumsi buah sirsak saat hamil sangat membantu melancarka sistem pencernaan.

3. Merangsang Produksi ASI


Mengkonsumsi buah sirsak tidak hanya mengatasi rasa mual dan masalah pencernaan saja, namun juga dapat merangsang produksi ASI. Kelancaran ASI memang harus disiapkan sejak masih hamil, agar pada saat melahirkan, asupan ASI terhadap bayi tercukupi dengan baik. Oleh sebab itu, sangat baik jika mengkonsumsi buah sirsak sejak kandungan 7 bulan sampai 9 bulan (melahirkan) agar mendapatkan ASI yang melimpah.

4. Dapat Meningkatka Kekebalan Tubuh


Manfaat vitamin C yang terkandung dalam sirsak sangat baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Menjaga kekebalan tubuh sangat penting dilakukan untuk ibu hamil, karena tidak sedikit ibu yang sedang hamil mengalami kondisi tubuh yang lemah, sehingga sangat gampang terserang penyakit. Karenanya sangat baik mengkonsumsi buah sirsak setidaknya dalam 1 minggu sekali.

5. Lebih Mengenyangkan


Dalam 100 gram buah sirsak mengandung 16,4 gram karbohidrat, 3,3 gram serat dan 13,5 gram gula. Dengan kandungan yang demikian, buah sirsak memiliki efek mengenyangkan dan bisa menjadi pelengkap sebelum ibu hamil mengkonsumsi makanan utama.

6. Mampu Memperkuat Bagian Tulang Janin


Selain mengandung vitamin C yang cukup tinggi, sirsak juga mengandung fosfor dan kalsium yang cukup baik. Jika buah ini dikonsumsi bagi ibu hamil, maka dapat memperkuat bagian tulang janin. Dengan demikian ibu sehat dan janin yang kandung pun sehat.

7. Menjaga Terjadinya Komplikasi Terhadap Kehamilan


Kandungan vitamin dan nutrisi dalam buah ini, ternyata juga mampu menjaga kehamilan agar tidak terjadi komplikasi. Selain itu, mengkonsumsi sirsak juga dapat menurunkan resiko diabetes selama kehamilan.

Baca Juga : 10 Jenis Buah Yang Baik dan Sehat Untuk Buka Puasa

Setelah kita mengetahui berbagai manfaat buah sirsak untuk ibu hamil, sangat bolehkan ibu hamil mengonsumsi buah ini. Mengkonsumsi buah ini sangat dianjurkan untuk hamil. Hanya saja dalam mengkonsumsinya harus dalam jumlah yang wajar dan jangan sampai berlebihan. Karena jika mengkonsumsinya secara berlebihan dikhawatirkan bisa memicu diare. Untuk itu, rutinlah memeriksa kesehatan anda pada dokter saat hamil agar lebih mengetahui kondisi serta kesehatan tubuh anda.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar