Sabtu, 29 Juni 2019

8 Ikan Terbesar Di Dunia Yang Bikin Anda Tercengang !

Bumi merupakan planet ke tiga dari matahari. Bumi juga merupakan planet dengan permukaan berupa perairan yang lebih luas dibanding daratannya. Maka tidak heran jika di bumi terdapat jenis makhluk perairan yang jumlahnya cukup banyak. Sebagai makhluk yang hidup di air, ikan mempunyai ukuran yang cukup beragam dari ukuran kecil sampai ukuran yang sangat besar yang mungkin dapat kita tercengang !.

Ikan Terbesar Di Dunia Yang Bikin Anda Tercengang !

Nah, diartikel kali ini kami akan membahas ikan terbesar di dunia yang mungkin belum banyak orang mengetahuinya. Ikan di dunia memang sangat banyak jumlahnya, setidaknya kurang lebih dari 27.000 spesies ikan yang tersebar diseluruh perairan di bumi ini.

Ikan terbesar di dunia yang bikin tercengang mungkin yang banyak orang ketahui adalah ikan paus. Pada hal selain paus masih banyak jenis ikan yang tidak kalah besarnya. Untuk memperluas pengetahuan, kami di sini sengaja kumpulkan data beberapa jenis ikan besar lainnya. Berikut beberapa jenis ikan terbesar di dunia yang sangat menarik untuk kita ketahui.

Ikan Terbesar Di Dunia Yang Bikin Anda Tercengang !


1. Ikan Hiu Paus (shark whale)



Ikan hiu paus merupan ikan yang tergolong jenis hiu yang mempunyai ukuran yang sangat besar. Namun sekalipun ukuran yang sangat besar bukan berarti jenis ikan ini merupakan jenis ikan buas yang siap memangsa apa saja. Bahkan sebaliknya ikan yang mempunyai nama Rhincodon typus dalam bahasa latin ini hanya memakan binatang kecil seperti fitoplankton atau zooplankton. Jenis hiu ini memiliki ukuran gigi 6 mm dan tidak setajam gigi jenis hiu lainnya. Umumnya ikan hiu paus mampu bertahan hidup hingga usia 70 tahun. Species ini memilki ukuran tubuh 9,7 meter dengan berat 9 ton. Di indonesia hiu dapat ditemukan di sabang, situbondo, bali, maluku dan papua.

Baca Juga : 8 Bau Yang Tidak Disukai Kucing

2. Ikan paus biru (Blue whale)



Ikan paus biru mempunyai predikat sebagai paus terbesar di dunia. Paus ini mempunyai nama latin Balaenoptera musculas. Ikan ini mempunyai bobot yang cukup berat yaitu 181 ton dengan panjang tubuhnya mencapai 33 m. namun cara bernafasnya berbeda dengan jenis ikan lainnya yakni bernafas dengan insang, tapi ikan ini bernafas dengan paru - paru. lautan memberikan kebebasan bagi mamalia ini untuk mencari makanan, sehingga mereka dapat berkembang dengan baik.

3. Lele raksasa




Mungkin sepanjang sejarah anda tidak pernah menyaksikan langsung wujud lele yang memiliki ukuran yang sangat besar, bahkan melebihi manusia. Jika mendengar ikan paus mempunyai ukuran yang sangat besar, itu bukanlah kabar baru dan tidak mengagetkan. tapi jika lele yang mempunyai ukuran besar tentu akan sangat membuat kita begitu penasaran, seperti apa sih wujudnya. Namun pada nyata nya ikan lele raksasa ditemukan disepanjang aliran sungai mekong yang mempunyai kedalaman khusus. sungai ini merupakan sungai terpanjang dan terluas di daratan asia tenggara.

4. Ikan Paus Pembunuh (Orca)





Dalam bahasa inggris ikan ini disebut dengan naman orca. Jenis paus ini merupakan species ikan yang paling ganas dan menyeramkan yang ada di lautan. Ikan ini juga terkenal akan kelihannya dalam mencari mangsa dan merupakan mamalia tercepat di lautan, karena itulah ikan ini sangat gampang untuk mencari makan.

Species ini hampir ditemukan hampir diseluruh samudera, dari kawasan dingin seperti artik dan antartika hingga perairan yang memiliki suhu yang lebih hangat seperti indonesia. Selain memakan ikan jenis predator ini juga memakan anjing laut, singa laut bahkan hiu.

paus jenis ini tergolong pada hewan yang berkelompok dan dalam memangsanya paus ini secara bersama - sama dan membantu satu dengan lainnya. Namun uniknya, sekalipun paus ini mempunyai ukuran yang sangat besar, namun ikan paus pembunuh dapat melompat tinggi sebagaimana jenis lumba - lumba pada umumnya. paus ini mampu melompat sampai mencapai ketinggian 10 meter.

5. Paus Sirip Punggung



Paus ini memiliki nama latin Balaenoptera physalus. Paus jenis ini memiliki ukuran panjang 27 meter dan merupakan paus terbesar setelah paus biru. Kegunaan sirip punggug dari ikan ini adalah untuk keseimbagan dan membantu dalam melakukan belokan mendadak. Jenis paus ini tidak dapat dijumpai pada laut yang mempunyai banyak lapisan es, misalkan kutub utara dan kutub selatan. Ikan ini hidup di perairan yang memilki temperatur dingin dan hangat, ikan ikan biasa memangsa ikan dan cumi - cumi.

6. Hiu Putih (White Shark)



Ikan yang tidak kalah besar lainnya adalah hiu putih, dalam bahasa latinnya ikan ini disebut dengan Carcharodon carcharias. Pada umumnya panjang ikan ini berkisar sekitar 13 kaki namun beberapa paus putih yang ditemukan besarnya dua kali lipat yang diperkirakan sekitar 20 kaki dengan berat lebih dari 2 ton bisa bayangkan betapa besarnya ! Tidak hanya besar tapi ikan hiu putih beberapa kali telah melakukan serangan terhadap manusia. Ikan ini banyak ditemui pantai California, Afrika Selatan, Jepang, Osiania, Chile dan Laut Midetariania. Umur ikan ini diperkirakan bisa sampai 70 tahun.

7. Hiu Harimau ( Tiger Shark)



Dilansir dari halaman Wikipedia hiu merupakan salah satu ikan hiu terbesar panjangnya hingga mencapai 3,25 meter hingga 4,25 meter dengan berat 385 kg hingga 635 kg, namun ada juga yang pernah menemukan hingga mencapai bobot 3 ton. Dalam bahasa latinnya ikan ini disebut dengan Galeocerdo cuvier .Hiu harimau ini banyak ditemukan di wilayah lautan tropis.

Baca Juga : 11 Cara Mudah Mengusir Tikus Dari Rumah Dengan Menggunakan Bahan Tradisional

8. Paus Raksasa ( Basking Shark)



Hiu raksasa ini termasuk ikan terbesar bahkan dalam sebuah refrensi menyebutkan ikan ini terbesar kedua setelah Hiu Paus. Namun walaupun besar paus raksasa tidak berbaha bagi manusia. Ikan paus raksasa yang pernah ditangkap pada tahun 1851 panjangnya 40.3 kaki. Namun sayang ikan ini terancam punah karena penangkapan liar yang dilakukan manusia untuk dikomersilkan.

Demikianlah 8 ikan terbesar di dunia. Keberadaan ikan - ikan raksasa yang masih hidup pada saat ini sangat dilindungi oleh pemerintah setempat. Nah, sungguh hal tersebut sangat menakjubkan bukan?


EmoticonEmoticon