Skip to main content

8 Pewarna Alami Dari Tumbuhan Yang Bikin Makanan Tambah Menarik

Warna makanan menjadi daya tarik tersendiri untuk menggugah selera sehingga ingin mengkonsumsinya. Sehingga ini menjadi alasan mengapa banyak makanan yang dihias dengan warna yang mencolok dan menarik. Orang zaman dulu banyak menggunakan bahan alami yang dibuat dari tumbuhan untuk memberikan warna pada makanan dan masakan mereka. Sehingga merekapun hafal.

8 Pewarna Alami Dari Tumbuhan Yang Bikin Makanan Tambah Menarikj

Namun saat ini setelah banyaknya pewarna buatan orang lebih suka menggunakannya, namun ternyata penggunaan pewarna buatan ini ternyata tidak baik bagi kesehatan manusia karena terkadang pembuatannya berasal dari zat zat yang berbahaya bahkan seperti penggunaan pewarna tekstil dan sebagainya.

Banyak orang mulai menghindari penggunaan pewarna buatan setelah mengetahui bahayanya. Mereka kemudian beralih menggunakan pewara alami karena sudah terbukti tidak berbahaya dan justru banyak mengandung manfaat bagi kesehatan. Tidak hanya menyehatkan tapi juga mengandung harus dan menambah cita rasa pada makanan tersebut.

Perosoalannya banyak saat ini yang tidak tahu tumbuhan mana saja dan warna yang dihasilkan. Nah pada artikel kali ini kami akan membantu anda menemukannya.

Baca Juga : 10 Variasi Warna Cat Rumah Minimalis Yang Bagus Dan Sederhana

Pewarna Alami Dari Tumbuhan Yang Bikin Makanan Tambah Menarik


1. Warna Kuning



Sebagian anda mungkin sudah mengtahui tumbuhan apa saja mengandung warna kuning, salah satu yang paling sering digunakan adalah kunyit. Tumbuhan yang satu ini tidak asing bagi para ibu rumah tangga, beberapa masakan rasanya tidak pas jika tanpa kunyit. Dan bisa dipastikan makanan yang terdapat kunyit didalamnya rata rata akan berwarna kuning ini disebabkan karena kunyit mengandung zat kurkuminoid. Selain kunyit warna kuning juga bisa anda dapatkan dari labu kuning.

2. Merah



Warna merah menjadi salah satu warna yang banyak digunakan dalam mewarnai makanan, warna ini bisa anda dapatkan dari cabai merah karena di dalam cabai ada zat kapxantin selain cabai anda juga bisa menggunakan buah bit, buah naga atau bunga rosela. Jika anda menginginkan warna merah dan memberi sedikit rasa pedas makanan maka cabailah pilihan yang paling tepat.

3. Warna Hijau



Banyak sekali makanan yang dibuat dengan warna hijau. Seperti bolu, Klepon dan sebagainya. Untuk mendapatkan warna hijau yang natural beberapa pewarna tumbuhan ini bisa menjadi alternatif pilihan anda. Pertama daun pandan, bayam atau daun suji dan masih banyak yang lainnya, tapi ketiga tumbuhan inilah yang paling banyak digunakan.


4. Warna Ungu




Makanan juga banyak yang dibuat dengan warna ungu, salah satu yang paling populer adalah Bakpao Ungu, Tumbuhan yang bisa menghasilkan warna ungu adalah ubi ungu, tidak hanya menjadi bahan utama namun sekaligus menjadi pewarna alami yang bikin ngiler orang yang memandangnya. Selain  kubis ungu dan bunga talang walau kedua tumbuhan ini kurang populer namun ada beberapa yang memanfaatkannya sebagai pewarna.

5. Hitam




Pernahkan anda melihat makanan dengan warna hitam? seperti jangkong dan dawet ireng, mungkin saja diataranya ada yang diberi pewarna alami dari beberapa tumbuhan seperti Abu Merang, apa itu? yaitu pewarna yang dibuatan dari batang padi yang kering dan sudah dibakar lalu direndam dalam air, lalu abu mengendap dan endapan itulah yang dijadikan pewarna buatan.

Jika anda merasa jijik menggunakannya salah satu yang bisa anda jadikan pewarna hitam adalah kluwak, beberapa makanan seperti rawon, ungun mendapatkan warnannya anda pecahkan cangkangnya dan ambi isi kluwaknya lalu dicampur dengan rempah lainnya.

6. Warna Putih


Beberapa tumbuhan ini bisa anda gunakan untuk menghasilkan warna putih, pertama tepung beras. Selain menjadi pewarna beras juga menjadi bahan makanan. Kedua Sari pati kelapa, selain makanan banyak juga minuman yang memanfatkan sari pati untuk memberikan warna putih. Selin meberikan efek warna penggunaan sari pati kelapa juga menambah cita rasa makanan menjadi lebih lezat.

7. Merah Muda/Pink



Seringkan anda menikmati aneka es dengan warna merah muda/Pink? jika tidak menggunakan pewarna buatan biasanya bahan utamanya berasal dari strawberry, ya memang strawberry bisa anda gunakan untuk memberikan warna alami pada makanan dengan warna merah muda.

Baca Juga : 7 Cara Mudah Basmi Tungau Di Rumah


8. Coklat



Untuk warna coklat bisa anda dapatkan dari gula aren, jika anda pernah membuat bubur dengan gula merah maka jika anda perhatikan warnanya adalah coklat walau banyak orang menyebutnya dengan bubur merah.

Nah itulah beberapa pewarna alami yang bisa anda gunakan pada makanan anda, selamat mencoba !
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar