Jumat, 28 Juni 2019

Cara Melihat Spesifikasi Laptop Di Semua Versi Windows, 7, 8 dan 10

Mengetahui spesifikasi laptop harus dilakukan sebelum membeli agar sesuai dengan kebutuhan kerja anda. Jangan sampai anda menyesal dikemudian hari karena mengabaikan ini. Toh Untuk melakukannyapun tidak memerlukan waktu yang lama.

Cara Melihat Spesifikasi Laptop Di Semua Versi Windows, 7, 8 dan 10

Terutama jika anda ingin membeli barang second, terkadang penjual tidak memberikan data yang tidak sesuai sehingga hal ini bisa merugikan anda. Jika anda bisa melakukan pengecekan sendiri tentunya bisa meminimalisir penipuan yang dilakukan penjual. Mungkin ini adalah sekian alasan pentingnya melakukan pengecekan spesifikasi laptop.

Terlepas dari tujuan anda apa yang jelas sebuah pengetahuan tidak ada ruginya apalagi jika anda berkecimpung dalam dunia bisnis laptop, baik jual beli atau hanya melayani service saja. Jangan sampai pertanyaan pelanggan tentang hardware tidak bisa anda jawab.

Nah pada tulisan kali ini kami akan menjelaskan kepada anda bagaimana cara melakukan mengecek spesifikasi. Pengecekan ini tidak hanya sebatas bisa anda lakukan pada laptop tapi juga pada komputer atau perangkat lain yang menggunakan system operasi windows.

Baca Juga : Lupa Password Windows 10 Begini Cara Paling Mudah Membukanya

Ada beberapa hardware penting yang harus anda cek, yaitu RAM, Hardisk, Processor dan VGA terkait kapasitas dan kecepatannya. Hal dasar jika anda membeli perangkat baru informasi yang bisa anda dapatkan tentang spek hardware perangkatnya adalah dengan melihat stiker pada kotak saat pembelian. Namun kalau anda kurang yakin dan informasi yang anda dapatkan atau kurang lengkap anda bisa mencari alternatif yang akan kami sampaikan dibawah ini.

Cara Melihat Spesifikasi Laptop Di Semua Versi Windows, 7, 8 dan 10


1. Dengan Fitur Windows


Sebenarnya denga fitur bawaan windows sebenarnya anda sudah melihat spesifikasi penting yang ada laptop anda. Untuk windows 10 misalnya hanya cukup dengan klik kanan pada tombol start lalu pilih Choose Device Manajer maka akan muncul tampilan yang akan menginformasikan berapa bit yang digunakan, prosesor dan VGA serta banyak informasi penting lainnya. Kemudian jika anda ingin mengetahui informasi tentang berapa besar RAM yang digunakan maka bisa klik start kembali dan pilih System maka informasi yang anda dapatkan adalah tentang system operasi yang digunakan dan berapa besar RAM yang digunakan.

Sedangkan untuk windows 8 caranya klik pojok kanan atas untuk memunculkan charm lalu klik choose Settings > PC info kemudian anda akan dibawa ke control panel>System Security>System.

Sedangkan jika anda masih menggunakan windows 7 bisa anda dapatkan informasinya dengan membuka explorer dengan mengklik kanan pada start>Open Windows Explorer lalu klik kanan My Computer maka semua informasi tentang hardware penting anda akan muncul disana.

Baca Juga : Cara Mengatasi Lupa Password BIOS Laptop Dengan Mudah

2. Dengan DXDIAG


Anda juga bisa mendapatkan spesifikasi laptop anda dengan menggunakan Run, caranya dengan klik tombol windows + R pada keyboard atau anda cari Run melalui start ketika muncul lalu ketik DXDIAG pada bar yang sediakan maka semua informasi system operasi, bios, prosesor dan memory akan terlihat.

3. Menggunkan Aplikasi


Beberapa aplikasi dibuat untuk menggali informasi hardware yang ada dikomputer kalian, salah satunya yang bisa menjadi andalan anda adalah CPU-Z, aplikasinya bisa anda download disini. kemudian anda install di laptop yang ingin anda cek, lalu jalankan maka anda akan mendapatkan informasi detail tentang hardware anda.


Selain CPU Z, anda juga bisa menggunakan aplikasi yang sejenis yaitu Speccy, untuk menggunakannya silahkan anda download dan install kemudian jalankan maka informasi spesifikasi hardware anda akan ditampilkan.

Bagaimana mudah kan? Apakah informasi yang ditampilakan akurat? kami menjamin informasinya akurat. Selama ini ketika kami melakukan pengecekan terhadap spek komputer menggunakan cara diatas dan semuanya akurat dan tidak perlu anda ragukan. Demikianlah postingan kali ini semoga bisa membantu.


EmoticonEmoticon