Skip to main content

Cara Membuat Telur Asin Yang Mudah Dan Praktis

Membuat telur sangatlah mudah dan praktis tidak  sesulit yang dibayangkan, andapun bisa membuatnya di rumah untuk dinikmati oleh keluarga anda maupun untuk diijual. Bahan bahan yang digunakanpun tidaklah sulit anda temukan asalkan anda mau membuatnya pasti bisa.

Cara Membuat Telur Asin Yang Mudah Dan Praktis

Rasanya yang enak telur asin selalu menjadi andalan ibu rumah tangga untuk menyajikan lauk yang berbeda setiap harinya. Apalagi jika disandingkan dengan nasi pecel atau anekas sajian rasanya sungguh menggugah selera. Bahan dasar yang anda butuhkan adalah telur bebek, dengan warna telurnya yang khas bahkan menjadi nama sebuah warna.

Tidak hanya rasanya yang lezat lo, tapi kandungan gizi yang ada pada telur asin juga tidak bisa dipandang sebelah mata. Gizinya lengkap dengan kandungan mineral dan kalsium yang baik untuk kesehatan tubuh anda. Utamanya sangat baik jika dikonsumsi oleh anak anak yang sedang dalam masa pertumbuhan.

Gizi dalam telur asin menjadi 2 kali lipat dibanding dengan sebelum diawetkan dengan cara alami, masih yakin tidak ingin belajar membuat sendiri? setelah tahu kandungan yang ada dalam telur asin?
Lauk ini juga terbilang awet lo dibanding dengan lauk yang lainnya, jadi sangat cocok untuk dibawa dalam perjalanan jauh karena sangat praktis.

Baca Juga : 3 Resep Membuat Soto Ayam Yang Mudah Dan Enak

Di Indonesia telur asin sudah menjadi identitas kuliner tradisional, salah satu penghasil terus asin terkenal adalah daerah Brebes Jawa Tengah. Bahkan telur asin telah menjadi salah satu identitas kota ini. Masyarakat di daerah ini telah memproduksi sejak setengah abad yang lalu. Bahkan di daerah sudah banyak yang memproduksi telur asin dengan berbagai varian rasa.

Nah pada postingan kali ini kami memberikan text prosedur dalam pembuatan telur asin. Ikuti tahap tahapnya kami yakin hasilnya juka tidak kalah enak dengan mereka yang sudah terbiasa membuatnya.

1. Cara Membuat Telur Asin Dengan Batu Bata


Yang pertama kami ajarkan cara membuat telur asin dengan menggunakan bahan sederhana yang bisa kita temukan dalam keseharian kita yaitu menggunakan abu gosok dan batu bata.

Bahan

1. Ember atau wadah lainnya
2. Air Secukupnya
3. Garam 500 kg
4. 12 Telur bebek
5. 4 Batu bata

Langkah langkah membuatnya :

1. Haluskan batu bata terlebih dahulu lalu simpan pada ember yang sudah disediakan
2. Campurkan garam dengan batu bata yang telah dihaluskan
3. Lalu tambahkan air secukupnya, aduk hingga seperti lumpur
4. Balurkan adonan batu bata dan garam tadi hingga merata keseluruh permukaan telur
5. Kemudian diamkan selama 18 hari
6. Setelah sudah sampai 18 hari, lalu bersihkan telur hingga bersih dengan air yang mengalir
7. Setelah bersih lalu rebus hingga matang dan telur asin siap dinikmati

2. Membuat Telur Asin Dengan Abu Gosok


Untuk membuat telur asin dengan menggunakan abu gosok sebenarnya tidak jauh beda dengan menggunakan batu bata, hanya saja batu bata diganti dengan abu gosok, prosesnyapun sama

1. Sediakan abu gosok yang sudah ditempatkan pada ember
2. Kemudian campurkan garam secukupnya hingga merata dengan abu gosok
3. Tambahkan air secukupnya dan aduk merata hingga terlihat seperti lumpur
4. lalu balurkan adonan hingga merata pada telur
5. Dan simpan selama 18 hari, selepas itu bersihkan telur dengan air hingga bersih
6. Jika langkah langkah diatas dilakukan dengan benar maka telur asin yang dihasilkan akan masir dan enak terlihat seperti berminyak.

3. Cara Membuat Telur Asin Pedas


Nah jika anda ingin membuat telur asin pedas caranya berbeda dengan 2 cara pembuatan diatas, telur yang anda gunakanpun bisa menggunakan telur ayam horn atau telur ayam yang lainnya caranya

1. 500 ml air
2. Masukkan 200 gram garam
3. Rebus hingga mendidih lalu angkat dan biarkan hingga dingin
4. 5 siung bawang putih dan 6 siung bawang merah cincang hingga halus
5. Cabe secukup yang anda inginkan cincang hingga halus juga
6. Pasang rempah tadi pada toples, lalu masukkan telurnya
7. Siram dengan air garam yang sudah didinginkan tadi
8. Tutup dan biarkan hingga 10-15 hari, lalu rebus dan sajikan.

Baca Juga : Cara Membuat Sambal Ayam Geprek Sederhana Dan Enak

Nah itulah beberapa resep kami, sebelum anda melakukan beberapa cara diatas sebaiknya anda pilih pilih dulu telur yang ingin anda jadikan telur asin karena banyak setelah diaolah banyak telur yang busuk. Caranya dengan cara merendam telur dalam air 2 menit saja jika ada yang mengapung itu menandakan kalau telurnya kurang bagus. Semoga postingan ini bermanfaat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar