Skip to main content

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Dengan Cepat Dan Aman Menggunakan Bahan Alami

Hidung tersumbat merupakan kondisi dimana saluran pernafasan tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya. hal tersebut disebabkan karena hidung tersumbat oleh lendir, yang pastinya akan membuat seseorang tidak bisa bernafas dengan leluasa dan kondisi tubuh pun tidak nyaman. Jika hidung yang mampet sebelah saja, mungkin kita masih bernafas walaupun masih mengalami sedikit kesulitan, yang paling membuat kita tersiksa ketika hidung tersumbat kedua - duanya terlebih pada saat tidur.

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Dengan Cepat Dan Aman Menggunakan Bahan Alami

Hidung tersumbat dapat dialami oleh siapa saja baik itu orang dewasa, anak - anak maupun bayi, apa lagi pada saat memasuki musim penghujan. Ada banyak hal yang dapat menyebabkan hidung tersumbat seperti, flu, pilek, demam dan alergi. Oleh sebab itu, menjaga kekebalan tubuh sangat penting untuk dilakukan, agar penyakit tidak gampang masuk ke dalam tubuh.

Nah, lalu bagaimana cara untuk mengatasi hidung tersumbat dengan cepat dan aman? Ada banyak cara untuk melegakan kembali saluran pernafasan seperti, konsultasi langsung dengan dokter, mengkonsumsi obat yang tersedia di toko obat dan menggunakan beberapa bahan alami. Namun bagi sebagian orang tidak terlalu mengandalkan obat - obatan untuk mengatasi hidung tesumbat, karena ditakutkan dapat menimbulkan ketergantungan atau efek lain dari obat tersebut dan memilih menggunakan bahan alami untuk mengatasinya.

Cara mengatasi hidung tersumbat dengan menggunakan bahan alami memang merupakan cara yang paling efektif, karena lebih mudah, aman dan juga ekonomis. Lantas bagaimana cara mengatasi hidung tersumbat dengan menggunakan bahan alami? Berikut beberapa cara alami untuk mengatasi hidung tersumbat.

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Dengan Cepat Dan Aman Menggunakan Bahan Alami


1. Mengompres hidung dengan air hangat


Fungsi mengompres hidung dengan air panas yaitu dapat membuka saluran hidung dan mengurangi peradangan pada lubang hidung. Caranya, siapkan handuk kecil atau sapu tangan lalu celupkan pada air hangat dan letakkan handuk tersebut pada hidung.

2. Menghirup uap air hangat


Jika anda mengalami penyumbatan pada hidung yang tak kunjung sembuh, cobalah cara yang satu ini. Menghirup aup air hangat dapat mencairkan lendir yang menumpuk pada hidung. Caranya, masak air sampai mendidih, lalu letakkan muka diatas air sambil menghirup uang hangat dari air tersebut. namun jarak muka dengan air panas jang terlalu dekat agar tidak membahayakan.

Baca Juga : Tips Agar Tidak Pusing dan Sakit Kepala Saat Kehujanan

3. Mengkonsumsi makanan pedas


pada saat kondisi tubuh tidak fit baik itu disebabkan flu, deman, pilek maupun hidung tersumbat, pasti yang terbayang adalah makanan hangat dan pedas. makanan pedas memang merupakan obat yang sangat mujarab untuk mengatasi hidung tersumbat, bagaimana tidak? Sensasi pedas cabai yang dihasilkan oleh makanan tersebut ternyata berfungsi sebagai dekongestan alami yang dapat menipiskan lendir pada paru - paru. Dan kandungan capsaicin pada cabai berfungsi untuk mengurangi pembengkakan pada hidung.


4. Dengan Pijatan


cara lain untuk mengatasi hidung tersumbat adalah dengan cara memijat. Cara ini baik digunakan pada anak usia 2 tahun. Pijatan refleksi dapat melegakan nafas pada rongga hidung sekaligus dapat membantu meredahkan sumber penyebabnya. Titik pijat yang paling ampuh untuk menghilangkan pilek adalah bagian antara kanan dan kiri ini berada di tepi bagian dalam alis, technik pemijatan dilakukan selama 1 menit dan dengan gerakan menekan.

5. Banyak mengkonsumsi minuman hangat
Selain mengkonsumsi makanan hangat, seseorang yang mengalami penyumbatan pada hidung juga harus mengkonsumsi minuman hangat, seperti jahe hangat, teh hangat, mint tea hangat dan lemon tea hangat. Minuman hangat berfungsi untuk mengencerkan lendir yang mengendap di hidung dan memuahkannya untuk keluar.

6. Membuang cairan hidung (ingus)


lendir yang menumpuk pada hidung akan mengakibatkan penyumbatan pada sistem pernafasan. Untuk membuat sistem pernafasan menjadi lancar anda harus rutin membuang ingus yang mengendap pada hidung. Untuk melakukannya pada bayi, anda dapat menggunakan alat penyedot khusus untuk bayi yang sudah tersedia di apotek.

7. Bawang putih


Bawang putih merupakan bumbu bahan masakan yang mempunyai aroma menyengat dan sensasi panas. Untuk mengatasi hidung tersumbat anda dapat menggunakan bawang putih sebagai obat alami. Bawang putih merupakan ekspektoran dan dekongestan alami yang dapat melegakan hidung tersumbat dan juga dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh. Caranya, rebus air secukupnya dan campurkan empat siung bawang putih, setengah sendok teh bubuk kunyit, dan didihkan ramuan tersebut selama 4 menit, kemudian hirup aromanya sampai keadaan semakin membaik.

8. Terapi irigasi hidung


Terapi ini menggunakan bahan dasar garam yang dilarutkan. Garam yang merupak bumbu utama dapur juga berfugsi untuk melegakan hidung yang tersumbat. Carnya, siapkan 2 cangkit air hangat lalu larutkan garam ke dalamnya, setelah itu tuangkan larutan garam pada telapak tangan dan hirup air tersebut melalui lubang hidung secara bergantian. Saat melalui rongga hidung, larutan ini dapat membilas ingus serta dapat mengatasi menyebab iritasi.

Baca Juga : 10 Cara Menyembuhkan Flu Secara Alami Dan Cepat

Demikianlah cara mengatasi hidung tersumbat dengan menggunakan bahan alami. Hidung tersumbat memang bukan sesuatu yang dapat membahayakan. Namun jika keadaan tersebut tidak kunjung sembuh setelah melakukan berbagai cara pengobatan atau mengalami penyumbatan hidung tapi tidak pilek sebaiknya periksakan diri anda ke dokter, dikhawatirkan adanya penyakit lain yang bersarang dalam tubuh anda.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar