Skip to main content

Doa Nabi Musa Ketika Dalam Kesulitan

Dalam menghadapi hidup tentunya tidak akan selalu berjalan mulus sesuai harapan, akan banyak persoalan dan kesulitan hidup yang akan kita hadapi dari mulai permasalahan ringan hingga yang berat. Namun sebagai manusia yang lemah yang tidak bisa melakukan apapun tanpa pertolongan Allah hendaknya kita selalu meminta pertolongan kepada Allah untuk bisa mengatasinya dengan memperbanyak doa.

Doa Nabi Musa Ketika Dalam Kesulitan

Percayalah dengan pertolongan Allah semua masalah pasti akan teratasi baik berat maupun ringan. Allah maha berkuasa atas segala hal, tak ada satupun di dunia ini yang tidak bisa dikukanNya. Sebagaimana yang telah Allah tunjukkan kepada hamba hambanya yang shaleh salah satunya kepada Nabi Musa Alaihissalam.

Baca Juga : Ingin Kaya Raya ? Bacalah Doa Nabi Sulaiman Ini

Nabi Musa selalu memohon pertolongan kepada Allah agar selalu dimudahkan urusannya, sebagaimana doa yang diabadikan oleh Allah dalam Al-Qur'an Surat Thoha ayat 25-28.

قَالَ رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي  وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِي  يَفْقَهُوا قَوْلِي

Artinya “Musa berkata, ‘Robbis rohlii shodrii, wa yassirlii amrii, wahlul ‘uqdatam mil lisaani yafqohu qoulii’ [Ya Rabbku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku” (QS. Thoha: 25-28)

Doa ini sangat bermanfaat bila diamalkan oleh siapa saja di tengah menghadapi berbagai ujian kesulitan yang menimpa anda atau bagi anda yang ingin dipermudah urusannya oleh Allah SWT. Doa ini selalu dipanjatkan oleh Nabi musa baik siang maupun malam untuk mengharapkan pertologaNya agar dimudahkan dalam urusan urusannya utamanya dalam berdakwah kepada kaumnya termasuk menghadapi pemimpin yang mendzaliminya dan telah melampaui batas pada masanya yaitu Fir'aun.

Sehingga dengan pertolongan Allah SWT. Nabi Musa menghadapi kedzaliman dan kesombongan yang dilakukan oleh Fir'aun terhadap dirinya dan pengikutnya hingga akhirnya Fir'au beserta pengikutnya dibinasakan oleh Allah SWT. Jika kita melihat sejarah bagaimana kesulitan Nabi Musa beserta pengikutnya yang beriman dikejar oleh bala tentara Fir'aun dan hampir terkejar karena lautan merah membentang di hadapannya. Namun denga keimanannya Nabi Musa yakin Allah akan menolongnya lalu Allah berfirman kepadanya untuk memukul tongkatnya ke laut maka terbelahlah lautan lalu dengan segera Nabi Musa dan kaumnya melintasi lautan tersebut sedangkan Fir'aun dan bala tentaraya ditenggelamkan oleh Allah setelah Nabi Musa kembali memukul tongkatnya.

Doa ini bisa anda amalkan caranya mengamalkannya yaitu dengan menjadikan doa ini menjadi doa dalam keseharian utamanya setelah melaksanakan shalat 5 waktu. Semoga dengan merutinkan membaca doa ini Allah selalu menolong anda dalam mengahadapi berbagai kesulitan yang berat, baik keuangan, karir, keluarga maupun yang lainnya. Tetaplah mendekatkan diri kepada Allah, karena dalam pepatah dikatakan jika anda ingik sukses maka dekatlah dengan yang memberi sukses. 


Salah satu doa yang masuk dalam kumpulan doa nabi Musa Alaihissalam adalah doa berikut ini. Doa ini adalah doa yang dipanjatkannya tatkala menyebrangi lautan bersama kaumnya. Doa ini adalah doa yang diajarkan oleh Rasulullah kepada para sahabatnya sebagaimana hadist yang di riwayatkan  Imam Thabrani dari Abdullah bin Mas’ud. Adapun doanya adalah sebagai berikut :

اللَّهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ ، وَإِلَيْكَ الْمُشْتَكَى ، وَأَنْتَ الْمُسْتَعَانُ ، وَلا حَوْلَ وَلا قُوَّةَ إِلا بِاللَّهِ الْعَظِيمِ

Artinya  “Ya Allah, bagi-Mu segala pujian dan kepada-Mu segala pengaduan dan Engkaulah Zat yang dimintai pertolongan. Dan tiada daya dan tiada pula kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah Yang Maha Agung.”

Kedua doa ini sangat bagus untuk menjadi amalan harian, Abdullah Bin Ma'ud sendiri sebagai perawi haist ini tidak pernah lepas membaca doa ini setelah mengetahui hadistnya. Semoga kita juga bisa mencontohnya. Demikianlah ulasan artikel beritabawean.com kali ini semoga bermanfaat bagi anda semuanya.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar