Skip to main content

Doa Terhindar Fitnah Dajjal Sebelum Salam Pada Akhir Shalat

Fitnah dajjal merupakan fitnah terbesar menjelang hari akhir zaman, dalam akidah ahlussunnah sangat meyakini akan datangnya Dajjal yang menyebarkan fitnah dimuka bumi ini. Dia akan menyebarkan fitnah membuat umat islam terpedaya olehnya. Oleh karenanya para Nabipun mewanti wanti akan kedatangannya sebagaimana yang telah diungkapkan oleh hadist yang diriwatkan oleh Oleh Anas Bin Malik Radhiyallahu 'Anhu :

مَا بُعِثَ نَبِيٌّ إِلَّا أَنْذَرَ أُمَّتَهُ الأَعْوَرَ الكَذَّابَ، أَلاَ إِنَّهُ أَعْوَرُ، وَإِنَّ رَبَّكُمْ لَيْسَ بِأَعْوَرَ، وَإِنَّ بَيْنَ عَيْنَيْهِ مَكْتُوبٌ كَافِرٌ

Artinya :“Tidaklah diutus seorang nabi, melainkan dia mengingatkan kaumnya tentang si buta sebelah, sang pendusta. Ketahuilah Dajjal itu buta sebelah dan Tuhan kalian tidak buta sebelah. Diantara dua matanya tertulis: Kafir” (HR. Bukhari 7131).

Apa Yang Dimaksud Dengan Fitnah Dajjal ?


Sebagai seorang muslim kita haru belajar bagaimana cara agar bisa terhindar dari fitnah tersebut, sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan fitnah dajjal tersebut mengapa begitu sangat penting untuk menghindarinya? Dalam sebuah hadist bersabda fitnah paling besar sejak diciptakannya nabi Adam AS. adalah fitnah Dajjal. Dalam banyak keterangan mengatakan bahwa Dajjal memiliki bentuk tubuh yang tidak sempurna, namun Allah memberikan kemampuan yang luar biasa kepada Dajjal.

Doa Terhindar Fitnah Dajjal Sebelum Salam Pada Akhir Shalat

Kemampuanya diluar kemapuan manusia, yaitu bisa menghidupkan orang meninggal, menurunkan hujan, menumbuhkan tanaman, memiliki kekayaan yang begitu melimpah, dikelilingi banyak wanita cantik dan sebagainya, sehingga dengan kemampuannya ini banyak yang tertipu dan terkecoh sehingga menyangka bahwa Dajjal itu adalah tuhan padahal itu hanyalah sihir belaka.

Baca Juga : 5 Sebab Kaum Terdahulu Dibinasakan Allah SWT

Doa Terhindar Fitnah Dajjal Sebelum Salam Pada Akhir Shalat


Dengan begitu dahsyatnya fitnah dajjal, Rasulullah SAW mengajarkan kita sebuah doa yang dibaca sebelum salam ketika melaksanakan shalat yaitu doa agar terlindung dari  hal termasuk dari fitnah Dajjal.Doa ini dibaca setelah membaca bacaan tahiyyat akhir sebelum salam. Adapun doanya sebagai berikut :

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ جَهَنَّمَ ، وَمِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ ، وَمِنْ فِتْنَةِ الْمَحْيَا وَالْمَمَاتِ ، وَمِنْ شَرِّ فِتْنَةِ الْمَسِيحِ الدَّجَّالِ

Allahumma innii a’uudzubika min ‘adzaabi jahannam, wamin adzaabil qobri, wamin fitnatil mahya wal mamaati, wa min syarri fitnatil masiihid dajjal.

Artinya : Ya Allah aku berlindung kepada Engkau dari azab Jahannam, siksa kubur, dari fitnah kehidupan dan kematian dan dari keburukan fitnah Al-Masih Dajjal.

Amalan Lain Agar Terhindar Dari Dajjal


Dalam ceramahnya Ust Zulkifli Ali, LC. MA ada 6 hal yang harus dilakukan oleh kaum muslimin agar terhindar dari fitnah Dajjal

1. Dalami Kembali Pemahaman Akidah Tentunya yang dimaksud akidah disini adalah akidah Ahlusunnah Waljamaah karena pada akhir zaman akidah islamiyah akan terpecah hingga 73 golongan. Pelajarilah yang memang benar benar akidah yang bersumber dari Rasulullah SAW dan para shabatnya serta ulama' salafusshaleh.

2. Kembali Kepada Al-Qur'an dan Hadist 

Sebagaimana sabda Rasulullah barangsiapa siapa yang berpegang teguh kepada keduanya maka tidak akan tersesat selama lamanya.

3. Hijrahlah Ke Mekkah Atau Ke Madinah karena kedua tempat tidak akan dimasuki oleh Dajjal, Sihir dajjal tidak akan bisa menembus kedua kota ini. 

4. Menghafal Surat Alkahfi 10 ayat di awal, atau diakhir, hafalkan hingga lancar seperti membaca alfatihah, ketika kita bertemu Dajjal ketika kita membaca ayat ini maka sihir Dajjal tidak akan bisa menembus kita.  

5. Ketika mendengar Dajjal masuk ke kota anda, maka larilah segera larilah kedalam rumah anda, pastikan semua keluarga anda juga berada di dalam rumah utamanya keluarga yang wanita dan tutuplah pintu rapat rapat kemudian bacalah surah Alkahfi hingga akhir surah. Insya Allah rumah anda tidak akan ditemukan oleh Dajjal atau bala tentara Dajjal.

Baca Juga : 3 Sunah Setelah Shalat Fardhu Sesuai Dengan Ajaran Rasulullah SAW

Demikianlah beberapa hal yang harus anda lakukan sebagai iktiar agar tidak terkena oleh fitnah dajjah, karena bagi mereka yang sudah ikut pada dajjal maka kita dipastikan akan murtad dan akan menjadi pengikut Dajjal dan bahkan menyembahnya Naudzubillah.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar