Skip to main content

Penyebab Alergi Pada Kulit dan Cara Mengatasinya

Alergi adalah reaksi terhadap kekebalan tubuh manusia terhadap benda tertentu, reaksi tersebut dapat berbentuk ruam kulit yang gatal, bentol, pilek dan sesak nafas. Alergi pada kulit dapat berkembang dalam hitungan menit atau secara bertahap dan memakan waktu beberapa jam. Namun ada juga alergi yang datang secara tiba - tiba gatal seluruh badan dan menyebabkan badan gatal - gatal bentol tanpa sebab.

Penyebab Alergi Pada Kulit dan Cara Mengatasinya

Kulit yang terasa gatal yang ditimbulkan oleh alergi memang sangat membuat kita tidak nyaman, apa lagi jika gatal yang tak kunjung sembuh. Oleh sebab itu, sangat penting bagi kita untuk selalu waspada terhadap penyebab alergi dan membiasakan diri untuk hidup lebih sehat lagi.

Penyebab alergi pada kulit berasal dari beberapa hal, seperti cuaca, makanan dan kontak kulit terhadap benda tertentu. Umumnya alergi terjadi pada anak - anak  dan pada orang yang memiliki kulit sensitif. Nah, berikut di bawah ini kami akan mengulas lebih luas apa yang menjadi penyebab alergi pada kulit.

Penyebab Alergi Kulit


1. Alergi Makanan


Alergi terhadap makanan tertentu merupakan kasus yang sering terjadi di masyarakat. Tingkat keparahan terhadap alergi ini cukup bervariasi, misalkan saja perut akan terasa sakit, diare, mengalami pembengkakan pada area bibir, bahkan ada yang sampai merenggut jiwa seseorang, karena alergi tersebut dapat menyebabkan bengkak pada tenggorokan dan lidah.

Baca Juga : Alergi Makanan, Gejala, Penyebab dan Cara Penangannya

2. Alergi Terhadap Obat


Faktor penyebab alergi yang selanjutnya adalah alergi terhadap obat tertentu. Perlu anda ketahui jika tidak semua obat baik untuk tubuh manusia. Alergi pada obat adalah reaksi yang berlebihan dari sistem kekebalan tubuh terhadap suatu obat yang digunakan. Kondisi yang demikian akan mengakibatkan ruam kulit pada wajah dan tangan, pembengkakan pada wajah, gatal - gatal dan demam (dingin)

3. Alergi Terhadap Cuaca Atau Suhu Udara


Alergi pada udara biasanya ditandai dengan reaksi kulit setelah terpapar oleh udara dengan suhu tertentu atau dapat juga dikatakan udara yang mempunyai kualitas rendah. Gejala yang akan timbul akibat dari alergi terhadap cuaca adalah kulit terasa gatal, kemerahan, muncul bentol dan bengkak.

4. Dermatitis Kontak


Bersentuhan atau kontak langsung terhadap suatu benda tertentu juga dapat mengakibatkan alergi, yang akan mengakibatkan ruam gatal kemerahan karena dampak dari alergi tersebut. Ruam yang muncul terhada kulit ini tidak menular, namun bisa menyebabkan tidak nyaman terhadap seseorang yang menderitanya.

Cara Menangani Alergi Kulit


Alergi harus ditangani secepat mungkin agar tidak menyebabkan masalah baru. Oleh sebab itu, sangat penting untuk mengetahui apa penyebab alergi tersebut dan juga melakukan sesuatu yang dapat meringakan resiko alergi kulit. Di bawah ini kami akan membagikan tips apa saja yang dapat anda lakukan untuk meringankan atau pengobatan terhadap alergi.

1. Gunakan Pakaian Yang Longgar dan Lembut


Saat anda mengalami gatal - gatal pada kulit yang disebabkan oleh alergi jauhi pakaian ketat, dan pakailah pakaian yang longgar dan lembut, agar dapat menyerap keringat.


2. Mandi Dengan Air Dingin


Selanjutnya mandi dengan menggunakan air dingin. Mandi dengan air dingin atau mengompres bagian tubuh yang terkena alergi dengan air dingin dapat mengurangi ruam pada kulit.

3. Gunakan Krim


Menggunakan krim juga baik untuk mengurangi rasa gatal dan bentol. Namun dalam penggunaan krim harus mengikuti rekomendasi dari dokter. Hal tersebut bertujuan agar tidak terjadi salah obat dan efeknya akan memperpanjang proses penyembuhan.

4. Periksakan Pada Dokter


Untuk mengetahui apakah anda terkena alergi atau memiliki alergi terhadap benda atau pun makanan tertentu, sebaiknya periksakan dan konsultasi langsung ke dokter. Cara ini sangat baik dilakukan agar anda mengetahui tingkat kesehatan anda dan mengetahui hal apa apa saja yang harus anda jauhi.

Baca Juga : 6 Kondisi Kulit Yang Dilarang Untuk Digaruk

Jika anda telah positif  terkena alergi maka segera jauhi apa yang menjadi penyebabnya. Dan hindari menggaruk saat gatal - gatal, karena dapat memperlambat proses penyembuhan dan menyebabkan infeksi.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar