Skip to main content

10 Cara Ampuh Dan Sederhana Mengecilkan Perut Usai Melahirkan

Percaya atau tidak, saat hamil sampai pasca melahirkan akan membuat banyak perubahan terhadap tubuh wanita. Tubuh wanita akan kelihatan lebih gemuk dan bertumpuk lemak terutama pada bagian perut. Perut merupakan tempat bagi bayi untuk tumbuh dan berkembang sebelum dilahirkan. Jadi, wajar saja jika bagian perut merupakan masalah utama bagi wanita setelah melahirkan. Baik itu melahirkan normal secara tradisional maupun melahirkan caesar.

10 Cara Ampuh Dan Sederhana Mengecilkan Perut Usai Melahirkan

Tak sedikit dari para wanita pasca melahirkan yang merasa resah karena perutnya yang membesar dan berat badannya yang tak lagi ideal. Dan kondisi tersebut akan dapat menurunkan rasa percaya dirinya. Tak heran, banyak wanita yang melakukan berbagai macam cara untuk mengecilkan perutnya dan mendapatkan tubuh yang ideal.

Cara ampuh dan sederhana mengecilkan perut usai melahirkan memang memiliki banyak cara dari yang paling sederhana sampai menempuh meja operasi. Mengecilkan perut setelah melahirkan memang bukanlah perkara yang mudah dan harus melakukan beberapa langkah. Namun, anda tidak perlu khawatir karena kami di sini akan membagikan tips khusus untuk mengecilkan perut setelah melahirkan tanpa harus mengeluarkan biaya yang mahal.

1. Olah Raga Secara Teratur


Cara ini merupakan cara paling dianjurkan jika anda menginginkan kembali perut ideal anda pasca melahirkan. Lakukan olah raga ringan seperti jalan kaki, peregangan ringan dan sebagainya sekiranya mampu anda lakukan. Lalu kapan waktu yang tepat anda memulai olah raga, waktunya tergantung kepada kondisi anda, jika anda sudah merasa mampu maka silahkan melakukannya. Jika anda melahirkan dengan normal maka kondisi pulihnya lebih cepat dibanding dengan mereka yang melahirkan secara caesar.

Baca Juga : Penyebab Mual Pada Ibu Hamil Serta Cara Efektif Mengatasinya

2. Gunakan Pengikat Perut


Salah satu yangpaling umum dilakukan oleh ibu yang baru saja melahirkan buah hatinya adalah dengan mengikat perut mereka dengan menggunakan korset atau gurita. Tujuannya adalah agar perut kembali rata seperti semula. Namun jika anda memilihi menggunakan cara ini untuk mengecilkan perut anda pastikan penggunaan baik dan benar Tapi buat anda yang melahirkan dengan operasi cesar mengikat perut sangat tidak disarankan oleh kedokteran.

3. Yoga


Kebanyakan dari ibu pasca melahirkan sekitar 7 bulan sampai 1 tahun belum berani untuk melakukan olah raga atau melakukan beberapa gerakan senam. Namun tidak semua olah raga memerlukan gerakan ekstra, salah satunya yoga. Yoga adalah jenis olah raga yang mengedepankan konsentrasi. Dalam melakukan olah raga ini anda tidak perlu melakukan gerakan ekstra dan tidak perlu khawatir untuk meninggalkan bayi. Cukup anda melakukannya di rumah dan meniru gerakan di video atau dengan melihat buku panduan.

4. Minum Teh Hijau


Teh hijau sangat ampuh untuk membakar lemak dala tubuh. Teh hijau mengandung antioksidan yang berfungsi untuk melindungi tubuh dari efek radikal bebas. Rutin mengkonsumsi teh hijau adalah cara yang sangat efektif untuk membakar lemak setelah melahirkan

5. Hindari Tidur Setelah Makan


Setelah perut merasa kenyang memang dapat membuat kita menjadi malas untuk melakukan suatu pekerjaan dan ingin tidur. Akan tetapi hal tersebut tidak boleh anda lakukan apa lagi bagi mereka yang baru melahirkan. Tidur setelah makan akan membuat makanan yang telah dikonsumsi tidak langsung diproses. Efeknya akan terjadi penumpukan kalori dan lemak.

6. Dengan Jeruk Nipis


Buah yang terkenal akan kandungan vitamin C ini, tidak hanya dapat meredakan batuk dan melancarkan proses pencernaan saja,melainkan buah ini  juga ampuh untuk mengecilkan perut. Dengan mengkonsumsi air jeruk yang dicampur dengan air hangat setiap pagi, maka perut buncit yang bertumpuk lemak akan kembali menjadi ideal. Cara lain untuk membuang lemak yang menumpuk di perut adalah dengan mencampurkan air jeruk nipis dengan kapur sirih dan jengkeh. Ketika semua bahan tercampur oleskan pada perut secara rutin. Dengan demikian perut akan mengeluarkan keringat sebagai tanda lemak yang terbakar.

7. Menyusui


Menyusui tidak hanya dapat memberikan gizi yang cukup bagi si buah hati. Akan tetapi menyusui juga mempunyai manfaat lain yaitu dapat mengecilkan perut. Dengan menyusui akan dapat membakar banyak kalori. Sehingga perlahan perut akan kembali rata seperti sedia kala.

8. Mengkonsumsi Makanan Sehat


Memilih makanan yang sehat untuk dikonsumsi setelah melahirkan sangat penting untuk dilakukan. Karena disamping berpengaruh terhada pertumbuhan bayi yang masih mengkonsumsi ASI, cara ini juga sangat jitu untuk menurunkan berat badan. Makanan sehat yang dimaksud di sini adalah sayuran dan buah - buahan . Dengan memperbanyaka makanan alami tersebut maka berat badan akan tetap terkontrol. Jangan lakukan diet karena diet bukanlah langkah yang efektif bagi ibu yang sedang menyusui. Diet akan membuat anda lemah karena saat ini mitabolisme anda sangatlah tinggi untuk memprosuksi ASI. Usahakan untuk mengkonsumsi makanan yang secara normal 2 kali hingga 4 kali sehari.

9. Cemilan Sehat


Tingkat keinginan untuk ngemil untuk ibu yang menyusui biasa sangat meningkat apalagi dengan kondisi tanpa aktifitas tentunya mulut ingin selalu mengunyah makanan. Nyemil sih bukanlah masalah tapi anda harus panda memilih cemilan yang sehat dan tidak banyak mengandung lemak dan mengandung tinggi gula. Salah satu cemilah sehat adalah makan buah, buah yang sangat baik untuk meratakan perut setelah melahirkan salah satunya adalah apel. Apel mampu menjadi pengusih lemak dalam tubuh paling ampuh karena di dalam apel menganung prektin yang mampu membakar kelebihan lemak sama dengan teh hijau. Aple juga mengandung antioksidan yang baik yang bisa mengurangi lemak berlebih.

Baca Juga : 8 Cara Cepat Hamil Lagi Setelah Mengalami Keguguran Yang Bisa Anda Coba

10. Minum Air Putih


Tidak sedikit dari ibu yang menyusui kehilangan keseimbangan tubuh yang disebabkan karena kekurangan cairan. Untuk itu, minum air putih dengan jumlah yang ideal yaitu 2 liter atau setara 8 gelas dalam setiap harinya sangat penting untuk dilakukan. Selain itu, mengkonsumsi air putih juga dapat membuang racun dalam tubuh dan membuat perut perlahan menjadi mengecil.

Sekalipun cara diatas membutuhkan proses yang tidak sebentar, tapi memiliki bentuk perut setelah melahirkan bukanlah sebuah mimpi belaka. Selain beberapa cara diatas cara lainnya yang bisa anda lakukan adalah dengan istirahat yang cukup Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar