Skip to main content

10 Tips Menjaga Kesehatan Mata Agar Selalu Sehat

Mata merupakan salah satu indera terpenting dalam tubuh manusia. Tanpanya, kita tidak dapat melihat betapa indahnya dunia. Dengan kita memiliki mata yang sehat, tentu hidup akan lebih indah, berbagai aktivitas dapat dilakukan dengan mudah. Untuk itu, menjaga kesehatan mata harus menjadi prioritas utama.

10 Tips Menjaga Kesehatan Mata Agar Selalu Sehat

Pada kenyataanya faktor usia memang sangat berpengaruh pada kesehatan mata, namun hal tersebut dapat kita atasi dengan melakukan langkah - langkah pencegahan sejak dini. Cara kerja mata sama dengan bagian tubuh lainnya, yaitu memerlukan istirahat dan jangan terlalu diforsir. Hal tersebut merupakan faktor utama mengapa mata menjadi rusak. Menjaga kesehatan mata tidak harus dengan perawatan yang mahal, akan tetapi hal tersebut juga dapat kita lakukan dengan cara sederhana.

Tips menjaga kesehatan mata agar selalu sehat dapat anda lakukan dengan cara menjaga asupan makan dan menjaga mata dengan lingkungan sekitar yang mungkin dapat membahayakannya. Dan berikut dibawah ini merupakan Tips - tips cara merawat kesehatan mata agar tetap sehat dan tidak rabun.

Tips Menjaga Kesehatan Mata Agar Selalu Sehat


1. Hindari Menggosok Mata Dengan Kasar


Menggosok mata memang terjadi secara otomatis ketika mata sedang terasa gatal atau kemasukan suatu benda, terlebih jika pada saat membaca buku dengan serius. Namun tahukah anda jika penggosokan pada mata yang dilakukan dengan terlalu kasar dapat membahayakan kesehatan mata. Melakukan gosokan pada mata sebenarnya bukan suatu kesalahan, namun anda harus berhati - hati dalam melakukannya.

2. Mengurangi Penggunaan Gadget


Tidak sedikit orang yang bertanya, bagaiman cara merawat mata agar tetap sehat brainly dan jernih di tengah maraknya penggunaan gadget seperti saat ini. Sebenarnya solusinya ada pada diri anda sendiri. Dalam penggunaan gedget atau layar monitor lainnya seperti, komputer, tv dll, usahakan mengistirahatkan mata anda minimal setiap 30 menit. Tujuannya adalah untuk membuat mata rileks agar tidak terlalu tegang dan lelah. Jika pekerjaan anda berada di depan kumputer, rilekskan mata dengan cara berkedip setiap 5 atau 10 menit, agar mata tidak kering. Jangan lupa gunakan filter atau pilihlah dengan layar monitor yang rendah radiasinya.

Baca Juga : Mengenal Penyebab Mata Merah Dan Cara Mengatasinya

3. Mengkonsumsi Sayuran Hijau


Teks prosedur cara menjaga kesehatan mata selanjutnya adalah dengan cara mengkonsumsi sayuran hijau. Mengkonsumsi sayuran hijau seperti bayam, brokoli dan jenis sayuran hijau lainnya merupakan makanan untuk menjaga kesehatan mata, karena dapat mengurangi berkembangnya katarak serta penurunan penglihatan akibat gangguan di pusat retina. Hal tersbebut disebabkan karena sayuran hijau mengandung lutein dan zeaxanthin.

4. Mencukupi Asupan Vitamin A


Memiliki mata sehat dan putih merupakan dambaan semua orang. Namun, hal tersebut tidak dapat kita miliki jika kita tidak merawat mata dengan baik. Cara merawat mata agar tampak lebih jernih dan putih adalah dengan mencukupi asupan vitamin A, diantaranya tomat, wortel, pepaya dan alpukat.

5. Jangan Terlalu Dekat Pada Objek


Saat menonton tv, menatap komputer, main game, membaca buku, terkadang jarak kita terlalu dekat dengan objek tersebut dan sering kita tidak menyadarinya. Pada nayatanya, jarak mata yang terlalu dekat dengan layar monitor akan sangat beresiko mengalami minus, baik itu pada anak - anak maupun pada orang dewasa. Nah, jarak yang aman untuk menonton tv minimal 2 meter.

6. Mengkonsumsi Asam lemak Omega - 3


Mengkonsumsi makanan yang mengandung omega - 3, juga merupakan cara merawat mata agar tetap sehat. Kandungan asam omega - 3 dapat kita temukan pada ikan tuna, salmon dan halibut. kandungan omega - 3 dapat melindungi saluran air mata, meminimalkan mata kering, mencegah katarak dan melindungi lensa.

7. Melakukan Pemeriksaan Mata Secara Rutin


Untuk menjaga kesehatan mata, melakukan pemeriksaan secara rutin bukanlah suatu hal yang berlebihan. Dengan melakukan pemeriksaan mata setidaknya 2 - 3 kali setiap tahun. Dengan demikian  kita akan lebih mengetahui kondisi mata. Dan jika misalkan ada keluhan, kita akan lebih cepat dalam mengatasinya.

8. Gunakan Kaca Mata Hitam (Sunglasses)


Menggunakan kaca mata hitam atau Sunglasses bisa menghindarkan mata anda dari sinar UV (ultra violet) matahari secara langsung. Disarankan saat berpergiaan disiang hari apalagi cuaca yang panas gunakan kacamata pelindung mata. Jika mata anda terlalu sering terpapar sinar matahari secara langsung maka mata anda bisa terkena katarak atau degenerasi makula. Kamata hitam atau sejenis kacamata pelindung juga disarankan digunakan saat anda bekerja menggunakan bahan berbahaya yang bisa terkena mata, seperti menebang pohon, las, cat rumah dan sebagainya.

 9. Udara Segar


Udara segar tidak hanya memiliki manfaat pagi paru paru dan jantung anda tapi juga bermanfaat bagi mata anda. Berjalanlah di pagi hari karena pada saat itu udara lagi bersih bersihnya atau anda bisa sebulan sekali berkunjung ke desa atau tempat wisata yang masih asri. Udara yang segar langsung memasuk ke koris mata anda yang membuat mata anda kembali segar. Mata tidak memiliki saluran untuk memasok udara sendiri cara inilah yang ampuh menjaga mata anda sehat dan segar.

Baca Juga : 7 Cara Agar Mata Tidak Terlihat Sembab Walau Habis Menangis

10. Berhati Hatilah Saat Menggunakan Lensa Mata


Penggunaan lensa mata memang lagi trend dan bisa membuat mata anda terlihat berbeda dan indah, namun apakah anda tahu dibalik penggunaan lensa yang tidak baik akan menimbulkan penyakit yang serius pada mata anda. Anda harus memahami betul cara penggunaannya yang baik dan menjaga kebersihan jika tidak mata anda taruhannya.

Mata merupakan jendela dunia, karenanya kita dapat berkarya sesuai dengan kemampuan yang kita miliki. Jadi, sudah merupakan kewajiban kita untuk selalu menjaga indera tubuh yang sangat indah yang telah tuhan titipkan kepada kita. Ingat sehat berasal dari kita sendiri, bukan dari orang lain.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar