Skip to main content

7 Ciri - Ciri Makanan Yang Tidak Layak Untuk Dikonsumsi

Dalam memilih makanan kita harus benar - benar berhati - hati, baik itu di luar rumah maupun di dalam rumah sendiri. Sejatinya, makanan merupakan faktor utama yang mempengaruhi kesehatan, karena dari makanan tubuh kita mendapatkan energi dan sel - sel tubuh yang rusak dapat tergantikan. Nah, bagaimana jika makanan yang kita konsumsi sudah tidak layak atau telah kadaluwarsa?

7 Ciri - Ciri Makanan Yang Tidak Layak Untuk Dikonsumsi

Pada zaman yang modern ini, kita dimanjakan oleh berbagai alat technologi canggih. Termasuk juga dalam hal penyimpanan makanan. Kulkas merupakan tempat penyimpanan makanan, minuman dan aneka sayur dan buah. Dengan demikian makanan maupun minuman akan bertahan lebih lama dan selalu kelihan fresh. Namun, tak selamanya makanan yang ada di kulkas dalam keadaan baik dan layak untuk dimakan. Begitu juga saat kita membeli makanan di super market, kita harus lebih cermat dan berhati - hati dalam memilih suatu produk. Pastikan dulu kapan tanggal kadaluarsanya.

Lantas, sebenarnya seperti apa sih bahaya mengkonsumsi makanan yang sudak tidak layak dikonsumsi terhadap kesehatan. Makanan yang sudah tidak layak untuk dikonsumsi, biasanya akan menimbulkan sesuatu yang dapat mengganggu kesehatan, sebutkan saja seperti,  diare, demam, kejang - kejang hingga muntah. Dan hal yang paling terparah adalah dapat merenggut jiwa seseorang. Lalu bagaimana ciri - ciri makanan yang tak layak untuk dikonsumsi?

Ciri - ciri makanan yang tak layak untuk dikonsumsi salah satunya adalah berubahnya warna pada makanan tersebut dan munculnya bercak putih (jamur). Untuk lebih jelasnya, berikut dibawah ini kami akan menjelaskan lebih detail bagaimana ciri - ciri makanan yang sudah kadaluarsa.

7 Ciri - Ciri Makanan Yang Tidak Layak Untuk Dikonsumsi


1. Perubahan Tekstur


Jika ingin mengetahui sayuran yang masih bisa dikonsumsi atau sudah rusak, lihatlah perubahan tekstur pada sayuran tersebut. Jika teksturnya berubah menjadi lunak dan warnanya menghitam yang disertai berlendir, maka sayuran tersebut sudah tidak layak untuk dikonsumsi.

Baca Juga : Sering Mengkonsumsi Makanan Cepat Saji ? Awas 10 Bahaya Ini

2. Aroma Yang Berubah


Ciri yang kedua adalah berubahnya aroma terhadap makanan atau minuman. Namun perubahan aroma biasanya terjadi terhadap minuman, salah satunya adalah susu. Sekalipun susu sudah disimpan di lemari es, tetapi karena terlalu lamanya waktu penyimpanan, maka susu tersebut juga tidak layak untuk dikonsumsi. Nah, untuk mengetahui susu tersebut layak atau tidaknya, terlebih dahulu periksa aromanya, jika aromanya berubah menjadi asam, maka susu tersebut sudah harus dibuang. Yang kedua, teksturnya juga akan berubah, yang asalnya susu tersebut merupakan cairan putih dan halus berubah menjadi kental hampir menyerupai jelly.

3. Berlendir


Ciri - ciri puding dan daging yang sudah tidak layak untuk dimakan adalah keluarnya cairan kental seperti lendir. Untuk daging, selain mengeluarkan lendir juga terdapat permukaan daging pucat serta baunya yang menyengat. Sedangkan untuk puding yang sudah basi, selain mengeluarkan lendir, ada perubahan juga terhadap warnanya yaitu agak memudar.


4. Telur Mengapung


Nah, untuk mengetahui telur tersebut masih bisa dikonsumsi atau tidak, coba letakkan telur pada segelas air. Jika telur tersebut tenggelam, maka masih bisa dikonsumsi, namun jika telur tersebut mengapung maka sudah tidak layak untuk dikonsumsi.


5. Memperhatikan Bungkus Makanan


Memperhatikan bungkus makanan sebelum memilihnya untuk dibeli sangat penting unrtuk dilakukan. Biasanya bungkus makanan yang rusak juga berpengaruh pada isinya. Misalkan makanan kaleng, selain memperhatikan tanggal kadaluarsanya, anda juga harus memperhatikan kaleng makanan tersebut penyok atau tidak. Karena kemasan yang penyok dapat membahayakan produk di dalamnya dan bisa menimbulkan korosi kaleng.

6. Kulit Mengelupas


Memang tidak dapat dibayangkan akibat makan makanan yang tidak baik. Oleh sebab itu, kita harus lebih jeli dalam memilihnya, termasuk juga pada seafood. Seafood merupakan makanan yang banyak orang menyukainya. Jika anda menyimpan seafood di dalam kulkas, sebelum mengkonsumsinya lihat terlebih dahulu apakah ada perbuhan atau tidak pada seafood tersebut. Jika nyatanya seafood tersebut berlendir, mengeluarkan aroma yang tidak sedap dan kulit mengelupas, itu pertanda jika makanan tersebut sudah tidak layak untuk dikonsumsi.

Baca Juga : Memulihkan Kondisi Tubuh Setelah Keracunan Dengan Mengkonsumsi 7 Jenis Makanan Ini

7. Makanan Haram


Dalam islam sudah jelas bagaimana makanan yang halal dan bagaimana makanan yang haram. Untuk makanan haram sudah jelas atas larangannya, makanan yang diharamkan karena berbahaya baik itu fisik maupun moral. Ada yang beranggapan, benarkah ada hubungan antara makanan yang dikonsumsi dengan perilaku seseorang. Tentu ada hubungannya, karena selain berpengaruh terhadap kesehatan, makanan haram juga berpengaruh terhadap moral seseorang.

Demikianlah penjelasan kami tentang makanan yang layak atau tidaknya dikonsumsi. Berhati - hatilah dalam memilih makanan, pastikan makanan yang akan anda konsumsi dalam keadaan baik. Semoga bermanfaat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar