Skip to main content

Cara Mengatasi Layar Laptop Tidak Bisa Diredupkan

Hampir semua yang berbasis layar baik itu laptop, hp atau televisi semuanya dilengkapi dengan pengaturan kecerahan ini di desain untuk menyesuaikan dengan keinginan pengguna. Setiap pengguna memiliki keinginan yang berbeda dalam mengatur kecerahan ada yang ingin terang namun ada pula yang suka dengan cahaya yang redup. Pada layar laptop tidak menyediakan tombol husus untuk melakukan ini berbeda dengan monitor PC yang dilengkapi dengan tombol husus.

Cara Mengatasi Layar Laptop Tidak Bisa Diredupkan

Pada laptop anda bisa melakukan settingan terhadap kecerahan layar dengan menekan perpaduan tombol di keyboard. Setiap laptop berbeda sesuai dengan pengalaman kami rata rata tombol pengatur kecerahan ini menggabungkan antara tombol FN + F6/F5 dan perpaduan FN + ->/<- yang disimbolkan dengan matahari. Nah ada beberapa kasus yang kami tangani laptop tidak bisa diredupkan. Saat menekan beberapa kombinasi tombol tersebut sama sekali tidak berfungsi apa yang masalahnya?

Baca Juga : Cara Setting Agar Laptop Tidak Sleep Di Semua Versi Windows 7, 8, Dan 10

Kami menganggap ini bukan karena disebabkan faktor windows, baik anda menggunakan windows 7, 8 atau 10 maka ini tidak ada pengaruhnya. Karena pengaturan layar ini terpisah dari windows layaknya layar monitor yang memiliki tombol tersendiri. Lalu apa masalahnya? Nah pada postingan ini kami akan memberikan solusinya buat anda. Ini solusi kami setelah memperbaiki laptop seseorang dengan brand Acer Aspire One D270.

Cara Mengatasi Layar Laptop Tidak Bisa Diredupkan


Kebetulan windows yang digunakan pada laptop tersebut adalah windows 7. Lalu kenapa Brightness laptop tidak bisa diatur?

1. Pertama yang harus anda cek adalah keybord utamanya pada tombol yang mengatur kecerahannya sebagaimana yang telah kami sebutkan diatas. Anda bisa mencoba keybord external bisa anda pinjem keybord PC atau yang lainnya. Namun jika tetap tidak bekerja? Kita lanjut ke solusi yang kedua

2. Nah untuk solusi yang kedua ini adalah dengan menginstall driver VGAnya. Ada beberapa ciri ciri yang mudah anda lihat kalau driver VGA laptop tersebut belum di install. Pertama tampila layar tidak presisi dan tidak enak dilihat sedangkan yang kedua bisa anda lihat pada taskbar bagian bawah layar jika tampilannya tidak bening dan trasparan maka bisa dipastikan driver VGAnya belum terinstall.

Cara Download Driver Laptop


Untuk solusinya silahkan anda download driver VGAnya. Bagaimana caranya? silahkan anda lihat type laptop anda terlebih dahulu lalu ketikkan pada browser anda " Driver Acer Aspire One D270. Maka disana akan banyak pilihan silahkan anda pilih website yang terpercaya jika anda website vendornya silahkan pilih terlebih dahulu. Misalkan pada Laptop ini vendornya acer maka pilih website acer lalu carilah drivernya dengan memilih versi windows yang digunakan.

Mengapa memilih versi windows, karena driver tersebut berjalan pada windows tentunya harus compatibel atau cocok dengan windows. kemudian anda pilih driver nah disitulah anda tinggal memilih driver VGA-nya dan download kemudian anda install dalam laptop anda dan biasanya setelah diinstall laptop akan meminta untuk di restart lakukan restart untuk mengimplementasikan driver tersebut.

Nah silahkan anda mencoba kembali untuk settings brightness kembali dengan menekan  tombol tersebut diatas jika anda berhasil menginstall dan driver tersebut kompatibel dengan windows anda maka tombol tersebut akan berhasil mengubah kecerahan layar laptop anda.

Bagaimana Jika Driver Tidak Anda Temukan?


Jika anda tidak menemukan driver di website vendornya maka anda harus mencari alternatif lain pokoknya anda harus mendapatkan drivernya agar bisa mengatur cahaya pada layar laptop anda. karena beberapa menu pengatur kecerahan yang ada dalam menu windows tetap tidak akan berfungsi seperti yang ada pada pengaturan Power Option dan sebagainya.

Nah ada beberapa cara yang biasa kami gunakan dalam mendownload driver pada saat kami tidak menemukan dari website vendornya.

Baca Juga : Cara Screenshoot Di Semua Merek Laptop Dan Versi Windows

1. Kami biasanya menggunakan software 3DP Chip, aplikasi ini ampuh untuk langsung mencari driver langsung secara online. Jadi saat anda ingin menggunakan aplikasi ini laptop anda harus terhubung ke internet. Silahkan anda download terlebih dahulu aplikasinya disini  setelah itu anda jalankan maka secara otomatis aplikasi ini akan mendeteksi driver. Untuk driver belum terinstall ditandai dengan pentungan warna kuning dan silahkan klik drivernya maka anda akan diarahkan ke link untuk mendownload drivernya.


2. Dengan DRP (Driver Pack), aplikasi ini juga ampuh untuk mendeteksi driver yang belum terpasang di laptop anda. Hanya saja anda harus mendownloadnya terlebih dahulu. Ukuran aplikasi ini sangat besar karena memang sesuai namanya semua driver dikumpulkan dalam satu pack. Banyak sekali teknisi laptop atau komputer yang terbantu dengan DRP ini.

Nah itulah cara yang bisa kami share kepada anda untuk mengatasi layar laptop yang tidak bisa diredupkan. Semoga panduan ini bisa mengatasi masalah anda. Jika ada pertanyaan silahkan anda anda tanyakan di kolom komentar sekian terima kasih.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar