Selasa, 09 Juli 2019

Cara Menghilangkan Gatal - Gatal Dengan Menggunakan Bahan Alami

Gatal - gatal merupakan kondisi kulit yang terdapat ruam kemerahan, bintik - bintik, lecet, benjolan dan kulit tablet. Yang mana keadaan tersebut membuat penderitanya mengalami tidak nyaman dan memicu melakukan garukan.

Cara Menghilangkan Gatal - Gatal Dengan Menggunakan Bahan Alami

Dibalik rasa gatal, ada beberapa kemungkinan yang menjadi penyebab mulai dari masalah yang paling sederhana sampai pada masalah yang cukup serius. Untuk mengatasi gatal - gatal ada beragam obat yang dapat kita gunakan, seperti obat yang tersedia di apotik, menggunakan resep langsung dari dokter dan menggunakan kumpulan obat tradisional.

Penggunaan obat untuk menghilangkan rasa gatal sebenarnya tergantung dari diri masing - masing. Ada yang lebih suka menggunakan obat langsung dari dokter atau dengan membelinya di apotik, dengan alasan proses penyembuhannya lebih cepat dan terpercaya. Namun, ada juga yang mengandalkan bahan alami dengan alasan lebih aman karena tanpa bahna kimia dan lebih ekonomis. Dalam pengobatan alami tentu kita akan mencari tau bahan alami apa saja yang dapat difungsikan untuk mengatasi gatal - gatal dan bagaimana prosesnya.

Baca Juga : Mau Bebas Dari Penyakit Kulit ?, Cukup Lakukan Ini Saja !

Cara menghilangkan gatal - gatal dengan menggunkan bahan alami memang terkadang membutuhkan proses yang agak lama dibanding menggunakan salep atau obat lainnya. Namun, penggunaan obat alami seperti ini akan membuat kulit aman dari iritasi, alergi kulit dll, karena bebas dari bahan kimia. Dan berikut di bawah ini merupakan berbagai bahan alami yang terbukti paling ampuh untuk mengatasi gatal - gatal.

1. Kunyit


Kunyit merupakan bahan alami yang selain digunakan untuk bahan masakan dan pewarna buatan, kulit juga dapat difungsikan sebagai obat untuk mengatasi gatal - gatal. Kunyit mengandung anti-inflamasi dan bakterisida yang dapat mengobati peradangan pada kulit.
Caranya, campurkan setengah sendok teh kunyit dengan susu secukupnya, lalu aduk kedua bahan tersebut hingga rata dan menjdi krim, setelah itu oleskan pada kulit yang terasa gatal 2 kali sehari.

2. Lidah Buaya


Siapa sih yang asing dengan bahan alami yang satu ini. Ya lidah buaya, Bahan alami yang terkenal akan khasiatnya untuk membuat rambut dan alis menjadi tumbuh subur dan sehat. Namun selain itu, lidah buaya juga dapat kita fungsikan untuk menghilangkan gatal di badan secara alami. lidah buaya mengandung anti-inflamasi dan anti mikroba. Kedua kandungan tersebut berfungsi untuk menengkan rasa gatal dan mencegah infeksi kulit.

3. Daun Salam


menghilangkan gatal secara alami dan cepat dapat anda lakukan dengan menggunakan daun salam. Daun salam memang identik dengan masakan, akan teatapi bahan ini juga ampuh untuk menghilangkan gatal - gatal.
caranya, siapkan 2 -3 lembar daun salam yang sudah dicuci, lalu haluskan, sesudah halus tempelkan pada kulit yang terasa gatal.

4. Minyak Kelapa


Minyak kelapa murni juga dapat anda gunakan sebagai bahan alami untuk mengatasi gatal - gatal. Minyak kelapa memiliki khasiay anti jamur, anti oksidan, anti bakteri dan anti mikroba.
caranya, sediakan minyak kelapa murni, lalu oleskan pada kulit yang tersa gatal. cara ini tidak dibatasi penggunaannya, lebih sering melakukannya maka lebit cepat pula proses pengobatannya.

5. Daun Mint


Daun mint terkenal akan kandungan mentholnya yang cukup melimpah dan juga memiliki sifat anti-inflamsi dan sifat anestetik.
Caranya, siapkan segelas air mendidih, lalu masukkan 1 ons daun mint kering yang sudah dibersihkan, lalu tutup dan biarkan mendingin dengan sendirinya. nah, prosesnya bukan merupakan obat tradisional yang diminum, melainkan cukup menggunakan kain bersih yang dicelupkan lalu oleskan pada bagian kulit yang gatal.

6. Daun Kemangi


Dimana ada menu lalapan disitulah ada daun kemangi. Nama daun ini memang sangat femiliar dan sering kali kita mengkonsumsinya. Namu, bagi sebagian orang yang belum mengetahui khasiat dari daun kemangi, daun ini hanya dapat digunakan sebagai pelengkap sajian masakan. Akan tetapi daun ini mengandung manfaat yang luar biasa yaitu dapat menyembuhkan gatal - gatal, karena daun ini mengandung zat anti gatalyang biasa disebut kapur barus dan thymol.
Caranya, hancurkan terlebih dahulu daun kemangi yang sudah dibersihkan, lalu oleskan pada bagian kulit yang gatal.

Baca Juga : Penyebab Alergi Pada Kulit dan Cara Mengatasinya


7. Kompres Dengan Es Batu


Cara ini merupakan metode yang sangat sederhana dan paling dilakukan dibanding dengan metode - metode yang sebelumnya. Nah, untuk menghilangkan gatal dengan menggunakan es batu, cukup masukkan es batu yang berukuran kecil ke dalam kain atau handuk yang lembut, kemudian tempelkan secara perlahan pada kulit yang gatal. Sensasi dingin dari es batu dapat mempengaruhi saraf penyebab gatal.

Demikianlah beberapa obat untuk mengatasi gatal - gatal dengan bahan alami. Bahan - bahan alami tersebut dapat anda gunakan sebagai obat alergi tradisional yang pastinya cukup ampuh dan aman.


EmoticonEmoticon