Skip to main content

Doa Masuk Rumah Dan Keluar Rumah Lengkap Sesuai Sunnah

Islam menganjurkan (sunnah) untuk memulai sesuatu dengan membaca doa, termasuk ketika kita masuk dan keluar rumah. Kita memohon kebaikan kenyamanan dan perlindungan kepada Allah dari keburukan yang akan terjadi kepada rumah kita setelah kita tinggalkan maupun ketika akan kita masuki. Rumah merupakan tempat kita berlindung dari dinginnya malam, tempat kita istirahat, berkumpul bersama keluarga tercinta tentunya butuh kenyamanan, kedamaian dan keamanan. Kita harus menyandarkan segalanya kepada Allah yang maha mengatur segala kehidupan ini.

Doa Masuk Rumah Dan Keluar Rumah Lengkap Sesuai Sunnah

Kita tidak tahu apa yang akan terjadi kemudian setelah kita meninggalkan dan masuk ke dalam rumah hanya Allahlah yang mengetahui segalanya oleh karena itu kita perlindungan dan kebaikan dari Allah. Dalam artikel kali ini kami akan mengajarkan doa masuk dan keluar rumah sesuai sunnah yang bersumber langsung dari Rasulullah. Dalam sebuah hadist menerangkan bahwa setan laknatullah akan menjauh dari orang yang membaca doa ketika keluar dan masuk dalam rumah.

Doa doa seperti ini penting diajarkan kepada anak anak kita sejak dini agar mereka terbiasa dengan kehidupan yang Islami. Ada banyak video yang mengajarkan doa doa anda bisa mendownloadnya dari youtube atau membeli kasetnya yang asli atau acara TV tentang doa doa yang salah satunya dibawakan oleh Oki Setiana Dewi. Menggunakan video atau media televisi lebih menarik bagi mereka dibanding dengan menggunakan text.

Membaca doa ketika hendak masuk dan keluar rumah termasuk salah satu adab dan tatakrama menurut Islam. Selain berdoa seorang yang hendak akan keluar dari rumah juga disunnahkan untuk shalat sunnah 2 rakaat dan kemudian melangkah dengan menggunakan kaki kiri terlebih dahulu lalu berdoa dengan melihat ke atas. Adab ini tidak hanya berlaku saat kita berkunjung ke rumah orang lain tapi juga kepada rumah kita sendiri.

Sedangkan adab ketika masuk rumah pertama hendaknya mengucapkan salam terlebih dahulu untuk mendoakan mereka yang ada di dalam rumah, Dalam hadist Rasulullah barang siapa yang mengucapkan salam ketika masuk rumah maka Syetan yang ada di dalam rumah itu akan berkata kepada temannya "kita tidak punya tempat menetap lagi disini" sebaliknya jika kita tidak mengucapkan salam maka syetan mengatakan kepada temannya sebaliknya.

Tuntunan ini sebagaimana yang telah dijelaskan dalam Al-Qur'an An-Nur ayat 61 " Maka apabila kamu memasuki (suatu rumah dari) rumah- rumah (ini) hendaklah kamu memberi salam kepada (penghuninya yang berarti memberi salam) kepada dirimu sendiri, salam yang ditetapkan dari sisi Allah, yang diberi berkat lagi baik.” (Qs. An Nur: 61). Mengucapkan salam tidak hanya dianjurkan atau disunnahkan ketika masuk rumah saja tapi juga mengucapkan salam ketika hendak masuk masjid. Mereka yang mengucapkan salam akan mendapatkan pahala 10 kebaikan dan semakin lengkap dalam mengucapkan maka pahalanya juga akan semakin besar.

Selain mengucapkan salam adab lainnya adalah mendahulukan kaki kanannya setelah itu menyalami orang orang yang ada di dalam rumah utamanya kepada yang lebih tua. Adapun doa keluar rumah adalah sebagai berikut, beserta dengan latin dan artinya. Doa ini sangat dianjurkan sekali buat anda yang keluar rumah untuk mencari rezeki, maka insya Allah rezeki kita akan dilancarkan oleh Allah.


Sedangkan untuk doa masuk rumahnya adalah sebagai berikut,  :


Doa Masuk Rumah Baru

Bisa membangun rumah adalah karunia yang harus disyukuri karena rumah adalah tempat perlindungan kita dari berbagai hal seperti hujan, panas, hewan yang berbahaya dan sebagainya. Cara mensyukurinya adalah dengan menggunakannya untuk kebaikan bukan untuk kemaksiatan. Di Indonesia ada tradisi tertentu yang biasanya dilakukan masyakat yaitu dengan membaca burdah dan ada juga yang hanya melakukan selamatan dengan menggundang tetangga dan kerabat.

Menurut Buya Yahya ada tuntunan bagi langsung dari Rasulullah yaitu hendaknya membaca surah Albaqarah dengan harapan agar dihindarkan dari berbagai macam macam musibah, dari gangguan baik yang terlihat maupun yang tidak terlihat. Sedangkan untuk doa memasuki rumah baru adalah


Doa Masuk Rumah Kosong

Memasuki rumah kosong terkadang membuat was was dan ketakutan tersendiri apalagi rumah tersebut dikenal dengan rumah yang angker. Bagi anda yang akan memasuki rumah kosong hendaklah tetap mengucapka salam namun salamnya berbeda yaitu :


Kita tidak tahu apakah di dalam rumah kosong ada siapa di dalamnya apakah jin, malaikat atau makhluk Allah yang lainnya. Namun kita tetap melihat secara dahiriyah yang tanpak saja. Insya Allah jika mengucapkan salam sebagaimana diatas tidak akan ada yang mengganggu anda. Untuk doanya tetap saja sebagaimana memasuki rumah yang ada penghuninya.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar