Sabtu, 13 Juli 2019

Download Kalender Pendidikan Tahun Pelajaran 2019/2020

Tahun pelajaran 2019/2020 seluruh jenjang pendidikan sudah dimulai. Beberapa sekolah sudah menutup pendaftran siswa baru, tanggan 15 Juli 2019 semua jenjang pendidikan baik di bawah naungan Kementrian Pendidikan Kebudayaan (Kemendikbud) maupun di bawah naungan Kementrian agama sudah akan kembali masuk kembali.  Sudah saatnya setiap sekolah memiliki kalender pendidikan demi lancarnya proses pembelajaran.

Download Kalender Pendidikan Tahun Pelajaran 2019/2020

Untuk persiapan ini jauh jauh hari beberapa Provinsi dan Kabupaten sudah mengelurkan kalender pendidikan untuk tahun ajaran 2019/2020 untuk di download semua sekolah. Dalam kalender ini telah dijelaskan secara rinci tentang hari efektif, hari efektif fakultatif, libur baik itu libur peringatan hari besar, atau libur semester 1 dan 2 atau kegiatan kegiatan lain yang menyangkut tentang kegiatan sekolah. Tujuannya tidak lain agar kegiatan dilakukan secara serentak dan bersamaan dengan begitu tidak ada yang memulai terlebih terlebih dahulu.

Baca Juga : Contoh Surat Keterangan dan Permohonan Pindah Sekolah Atau Mutasi Siswa

Beberapa provinsi yang sudah mengeluarkan kalender pendidikan adalah, Jawa Timur, Jawa Barat, Jawa Tengah, Kota Jakarta, Bali, Jambi, Aceh dan beberapa provinsi dan kota lainnya. Namun disini kami akan memberikan Kaldik 2019 hanya untuk wilayah Jawa Timur saja. Jadwal ini kami sediakan dalam format excel. Dalam membuat berbagai kegiatan seyogyanya setiap sekolah harus menyesuaikan atau dengan kalender yang sudah di buat oleh pemerintah setempat.

Kalender pendidikan 2019 ini juga berlaku untuk semua jenjang sekolah baik itu SD, SMP, SMA, MTs, MA maupun SMK. Penyemarataan penggunaan kaldik secara menyeluruh sangat bermanfaat kepada ketertiban berbagai pelaksanaan kegiatan di semua sekolah yang ada. Bahkan beberapa daerah menerapkan sanksi bagi sekolah dalam melaksanakan kegiatan tidak mengacu kepada Kalender yang sudah diedarkan. Kita bisa melihat kesuksesan penerapan kalender pendidikan 2018/2019 atau sebelum sebelumnya semua sekolah tertib melaksanakan kegiatan sesuai dengan jadwal yang sudah diataur pusat.

Baca Juga : Contoh Surat Keterangan Telah Mengikuti Ujian Nasional (UNBK) Terbaru

Jadi diharapkan semua kepada sekolah dalam membuat rancangan kalender pendidikan sendiri tetap mengacu kepada beberapa hal seperti, jadwal awal masuk, libur nasional maupun libur bersama, hari efektif, hari efektif fakultatif, jadwal libur semester, penerimaan siswa baru, perkiraan ujian nasional, libur awal puasa dan akhir ppuasa dll. Semoga dengan adanya persamaan jadwal tidak ada yang merasa dirugikan dan membangun kebersamaan untuk meningkatkan kualitas pendidikan kita.

Kalender pendidikan ini kami upload di Google Drive, Nah jika anda belum bisa mendownload file dari Google drive sebaiknya anda mempelajari dulu caranya di sini 


EmoticonEmoticon