Skip to main content

Mau Tampil Memukau Saat Presentasi ? Ini Tipsnya

Setiap orang selalu menginginkan untuk tampil memukau saat presentasi, sehingga apa yang disampaikan mendapatkan antusiame dari para pendengar. Namun itu bukanlah perkara yang mudah seperti yang anda bayangkan tapi bukan pula hal tersebut tidak anda lakukan jika anda mengetahui tentang tips bagaimana memberikan penampilan yang terbaik saat presentasi.


Menunjukkan performa yang baik tidak hanya perlu dilakukan para triner, atau presenter professional saja tapi semua kalangan. termasuk dalam dunia pendidikan misalnya seorang guru harus mampu menampilkan presentasi materinya di depan kelas dengan baik sehingga tidak hanya membuat materi diserap oleh peserta didik tapi mereka juga senang dengan gaya penjelasan anda yang memukau sehingga peserta didik akan selalu menunggu jam mengajar anda.

Dalam dunia kampus misalnya, sebagai seorang akademisi mahasiswa tidak akan pernah lepas dari presentasi, baik itu mempresentasikan tugas tugas mereka atau mempresentasikan hasil penelitian pada tugas akhir mereka. Tentu mereka harus menunjukkan performa terbaik agar hasil penelitian mereka tersampaikan dengan baik sehingga bisa mendapatkan nilai yang memuaskan .

Sebenarnya ada banyak sekali teknik presentasi yang sudah di disampaikan para pakar dibidangnya sehingga kami merangkum dari sekian teknik itu untuk dibagikan kepada anda melalui tulisan ini. Silahkan anda pelajari dan pahami serta anda praktekkan, mungkin ini akan sulit anda lakukan saat pertama kali namun jika anda sering praktek maka perlahan presentasi anda akan mulai disukai oleh para audien.

1. Buka Dengan Sesuatu Yang Amazing


Anda harus mempelajari bagaimana cara membuka prentasi yang memukau. Karena pandangan pertama harus membuat menggoda karena akan menimbulkan semangat audien untuk mendengarkan presentasi anda lebih lanjut. Dengan pembuka yang amazing maka akan menumbuhkan presepsi para audien “ Awalnya sudah wow apalagi selanjutnya “. Beberapa tips untuk membuka dengan sesuatu yang memukau adalah salah satunya bukalah dengan data data yang mencengangkan, atau membuka dengan sebuah kisah, atau masih banyak yang lainnya.

Baca Juga : 5 Cara Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa Di Sekolah


2. Persiapkan Materi Anda Dengan Baik


Pertama yang harus anda lakukan andalah menyiapkan materi anda dengan sebaik baiknya, buatlah power point yang simple yang bisa menjelaskan secara kesuluruhan materi anda. Sederhanakan jangan terlalu banyak memasukkan materi terlalu banyak karena audien yang dating bukan untuk membaca slide slide anda tetapi mereka datang untuk mendengarkan anda. Jadikan power point anda hanya sebagai pendukung saja tidak lebih.

3. Pandanglah Audiens Anda


Itulah mengapa materi presentasi anda harus dibuat sederhana mungkin, agar anda tidak fokus menjelaskan dari layar materi anda. Pandanglah audien anda seakan mereka merasa berbicara kepada masing masing dari mereka. Jika ada tidak melakukan ini maka mereka memandang anda hanya berbicara dengan anda sendiri dan wajar jika kebanyakan dari mereka kurang antusias dan kurang memperhatikan apa yang anda sampaikan.

4. Buatlah Mereka Tertawa


Jika anda melakukan presentasi dengan menoton perlahan para audien akan merasa jenuh dengan materi anda. Ketika mereka merasakan itu maka mereka akan mengalihkan perhatian kepada yang lain yang membuat hilang kejenuhan mereka. Sesekali buatlah para audien anda tertawa dengan memberikan hal hal lucu namun tetap ada keterkaitan dengan materi anda, sehingga perhatian mereka akan tetap kepada anda dan kejenuhan merekapun akan sirna.

5. Berkatalah Jujur


Terkadang banyak para presenter sesuatu yang bohong agar menarik perhatian audien namun jika suatu saat mereka mengetahui tentang kebenarannya maka untuk selanjutnya mereka enggan hadir di presentasi anda, walaupun mereka hadir merekapun akan menganggap apa yang disampaikan oleh anda hanya cerita bohong dan ini sangat merugikan bagi anda.

6. Mainkan Emosi Audien


Anda harus pandai memainkan emosi dari audien, seperti membuat mereka cemas, khawatir, terenyuh atau bahkan menangis dengan apa yang mereka hadapi, namun setelah itu buatlah mereka merasa lega dengan memberikan solusi bagi masalah mereka. Ini juga yang dibangun para jendral untuk mengajak prajurit mereka sehingga membuat mereka semagat tempur yang berapi api. Para pebisnispun juga sering memainkan emosi karyawannya dan tim mereka sehingga tumbuh semangat untuk membangun bisnis mereka lebih hebat lagi.

Baca Juga : 5 Strategi Pembelajaran Aktif Yang Bisa Bikin Siswa Cepat Paham Dengan Pelajaran

7. Jangan Terlalu Over latihan


Terkadang banyak dari mereka yang akan presentasi khususnya pemula selalu menggembu gembu melakukan latihan menyampaikan materi mereka, padahal ini akan membuat anda kurang semangat karena anda merasakan yang disampaikan sesuatu yang biasa. Anda hanya cukup siap dengan mengetahui apa saja yang akan anda sampaikan pastikan semuanya akan mengalir secara alami tanpa hafalan. Karena jika anda lupa yang anda hafalkan akan menganggu presentasi anda dan audien ini akan menganggap ini sesuatu yang “payah”. Banyak pakar yang menyarankan dalam tips sukses prentasi yaitu tidak banyak melakukan latihan.

8. Lakukan Gerakan Secara Alami


Saat melakukan presentasi lakukan gerakan gerakan yang mendukung anda menjelaskan materi tapi gerakan ini harus dilakukan dengan natural dan alami tidak dibuat buat karena jika ini dibuat buat audien akan memandang kaku gerakan anda. Dan gekanpun harus dilakukan seperlunya tidak over acting yang membuat audien merasa muak dengan tingkah anda.

9. Hindari Penggunaan Kata Yang Berulang Ulang


Terkadang saat kita menyampaikan presentasi ada kata kata yang sering muncul dalam perkataan kita, misal kata “apa” atau “eee” namun kita memandang ini hal yang biasa padahal ini bisa mengganggu presentasi dan audien anda. Bahkan diantara mereka akan menghitung kata tersebut berapa kali keluar dari mulut anda. Berusalah untuk memperhatikan dan perlahan berlatihlah untuk membuang kata kata tersebut.

10. Menjadi Pribadi Yang Berbeda


Jika anda melakukan hal sama dengan para presenter lainnya maka anda sulit menemukan celah untuk tampil kembali karena orang menganggap anda sama dengan yang lain dan andapun akan sulit diingat oleh audien. Anda hanya cukup menjadi diri sendiri yang berbeda dengan yang lainnya dan memiliki keunikan sehingga anda akan mudah diingat oleh audiens anda.

Terahi yang perlu menjadi catatan anda bahwa presentasi merupakan salah satu dari komunikasi dan anda harus mengusahakan bagaimana komunikasi anda efektif dan memukau agar bisa mengajak orang lain untuk melakukan apa yang anda inginkan. Perlahan pelajarilah bagaimana menghadapi audien yang berpeda beda karena setiap karakter audien memiliki pemahaman dan cara penyampaian yang berbeda. Anda tidak bisa menyamakan audien tingkat mahasiswa dengan anak SD.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar