Skip to main content

Mengenal Penyebab Mata Merah Dan Cara Mengatasinya

Mata memiliki sensivitas yang sangat rentan terkena penyakit akibat faktor lingkungan dan kebiasaan yang kurang baik. Aktivitas yang begitu padat serta kebiasaan melihat layar komputer dengan waktu yang tidak terkontrol merupakan salah satu penyebab mata menjadi tidak sehat.

Mengenal Penyebab Mata Merah Dan Cara Mengatasinya

Kondisi mata yang tidak sehat, sangat mengganggu aktivitas kita setiap hari, karena hampir sebagian besar aktivitas yang kita lakukan dipengarungi oleh kinerja mata. Mata yang tidak sehat biasanya diatandai dengan adanya warna merah seperti berdarah pada mata yang disertai rasa gatal, perih, berair, nyeri hingga bengkak. Oleh sebab itu, sangat penting untuk melakukan pencegahan dan pengobatan terhadap mata agar tidak terjadi dampak yang lebih serius lagi.

Baca Juga : 7 Cara Agar Mata Tidak Terlihat Sembab Walau Habis Menangis

Jika mata merah yang anda alami tidak menimbulkan rasa sakit maka ini bukanlah yang serius namun tetap harus anda obati. Mata merah tidak hanya terjadi kepada orang dewasa tapi anak anak bahkan bayi juga rentan mengalaminya. Oleh karenanya sangat penting untuk mengetahui penyebab cara mengatasinya. karena dengan demikian, kita lebih introspeksi diri dan melakukan mencegahan. Untuk itu, kami di sini akan menjelaskan hal apa saja yang menjadi penyebab mata merah dan bagaimana cara mengatasinya.

Mengenal Penyebab Mata Merah


1. Mata lelah


Mata lelah merupakan salah satu penyebab utama mengapa mata menjadi tidak sehat. Mata lelah dapat disebabkan karena Hp atau menatap layar monitor lainnya sseperti tv, komputer, laptop dan lainnya dalam kurun waktu yang tidak wajar. Dan jika keadaan tersebut terus dibiarkan maka akan mengakibatkan mata merah.

2. Mata kering


Mata kering disebabkan karena kalenjar air mata tidak memproduksi cukup banyak cairan mata, baik itu dari segi kualitas maupun kuantitas. Cairan mata berfungsi untuk melumasi mata, sehingga mata menjadi lembab dan terhindar dari kekeringan. Jika kalenjar air mata tidak memproduksi cairan yang dibutuhkan, maka akan terjadi kekeringan pada mata, dan akhirnya mata akan gampang teriritasi dan mata menjadi merah.

3. Konjungtivitis


Konjungtivitas merupakan kondisi dimana konjungtiva atau membran transparan yang menutupi bola mata dan bagian kelopak dalam mata mengalami infeksi. Kondisi seperti ini merupakan infeksi yang paling umum dan dapat menular. Akibatnya mata akan berubah menjadi merah dan membengkak.

4. Alergi


Mata merah juga disebabkan karena alergi pada suatu benda yang mempunyai kontak langsung terhadap mata. Alergi tersebut dapat disebabkan oleh bahan kimia, bulu matang, debu, serbuk sari serta make up. Akibatnya mata menjadi berair dan merah.

Baca Juga : Alergi Makanan, Gejala, Penyebab dan Cara Penangannya

Cara Mengatasi Mata Merah


1. Berkedip


Berkedip merupakan cara yang paling gampang dilakukan untuk mengatasi mata merah akibat mata kelelahan. Saat mata menatap layar monitor seperti komputer, Hp, Tv dan lainnya usahan mata untuk berkedip sesering mungkin. Aturan yang paling dianjurkan adalah berpaling dari layar monitor setiap 20 menit sekali, mengistirahatkan mata selama 20 detik dengan melihat objek benda yang jaraknya sekitar 20 kaki atau 6 meter

2. Daun Sirih


Jika anda ingin mengobati mata merah dengan bahan alami, sebaiknya gunakan air rendaman daun sirih. Daun sirih memiliki sifat anti bakteri, sehingga sangat ampuh untuk menghilangkan kuman dan bakteri yang menjadi penyebab mata merah. Biasanya jika masalahnya tidak terlalu serius biasanya akan selesai hanya dengan menggunakan bahan alami saja.

Caranya, siapkan 2 - 3 lembar daun sirih yang sudah dibersihkan, lalu masukkan pada wadah dan siram dengan air panas secukupnya, dan diamkan sampai mendingin, setelah benar - benar dingin gunakan air rendaman sirih tersebut sebagai obat tetes alami pada mata.

3. Mengompres Mata


Mengompres mata yang terasa merah dan gatal merupakan  metode yang sangat efektif. Mengatasi mata gatal dengan cepat dapat anda lakukan dengan mengompres mata dengan meggunakan air hangat atau air dingin. Mata merah yang disertai dengan belekan biasanya juga akan sembuh hanya dengan menggunakan pengobatan rumahan seperti mengopress dengan air hangat.

Caranya, ambil kain lembut dan bersih, lalu celupkan terhadap air hangat atau dingin, selanjutnya kompreskan pada mata yang merah selama beberapa menit. Cara ini juga dapat anda lakukan untuk mengobati mata merah sebelah.

4. Menggunakan Obat Tetes Mata


Menggunakan obat tetes mata merupakan cara yang paling umum untuk mengatasi mata merah. Namun dalam pengobatan seperti ini anda harus berkonsultasi dulu terhadap dokter. Karena ditakutkan adanya ketidak cocokan terhadap obat mata yang anda gunakan, sehingga akan menimbulkan alergi, pembengkakan dan efek buruk lainnya.

5. Melindungi Mata Dari Pemicunya


Cara selanjutnya adalah sebisa mungkin melindungi mata dari hal yang dapat menimbulkan mata merah. Salah satunya adalah menghindari lingkungan yang tidak sehat, seperti kawasan yang banyak debu, asap dan serbuk sari. Namun penggunaan make up dan lensa kontak juga dapat menjadi pemicu mata merah secara tiba tiba. karenanya gunakan lensa kontak secara benar dan pilihlah make up yang kiranya tidak menyebabkan alergi terhadap mata anda.

Jika mata anda mengalami infeksi dan pembengkakan yang tak kunjung sembuh dengan rasa sakit yang tajam dan berdenyut denyut atau mengalami perubahan penglihatan atau efek lain sebaiknya kunjungi dokter untuk memastikan kondisi mata anda dan langkah apa untuk menyembuhkannya. Ini harus dianggap serius karena beberapa masalah yang serius bisa menjadi penyebab kebutaan mata anda seperti Gloukoma, Peradangan dan sebagainya. Dan semoga beberapa tips dari kami dapat bermanfaat untuk semua.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar