Kamis, 04 Juli 2019

Resiko Mengkonsumsi Minuman Kemasan Yang Harus Anda Waspadai

Pada zaman yang serba modern seperti ini, kita dituntut untuk melakukan hal serba instan disemua hal, termasuk juga pada makanan dan minuman. Tak bisa dipungkiri lagi, bahwa semakin majunya technologi, semakin banyak pula produk makanan dan minuman yang sudah dikemas sedemikian mungkin, dan para konsumen tinggal mengkonsumsinya.



Hal demikian tentu ada efek positif  dan negatif dalam kehidupan kita. Salah satu efek positif yang akan kita dapatkan adalah, dengan membeli minuman kemasan, kita akan lebih menghemat waktu di tamba lagi rasanya yang begitu bervariasi. Namun, disamping itu, juga banyak efek negatif yang akan mengganggu kesehatan tubuh, apa lagi jika dikonsumsi bagi anak - anak.

Suatu produk pasti akan mengunggulkan kelebihan dari produk tersebut, seperti menawarkan vitamin yang terkandung di dalamnya, dapat cepat mengembalikan ion tubuh yang hilang dll. Namun jika anda konsumen yang cerdas tentu kita tidak akan serta merta dan langsung mengkonsumsinya. Sebelum terlanjur banyak mengkonsumsi minuman kemasan, pikirkan dulu bahaya yang akan mengintai anda.

Resiko mengkonsumsi minuman kemasan harus anda waspadai sejak dini, karena jika terlambat cara penanganannya harus lebih serius. Untuk itu kami di sini akan mengulas bahaya mengkonsumsi minuman kemasan bagi kesehatan yang mungkin belum anda ketahui sebelumnya.

Bahaya mengkonsumsi minuman kemasan seperti berikut :

1. Asma


Minuman yang dikemas dengan menggunakan plastik akan mengakibatkan asma, terutama untuk anak yang masih berusia 5 hingga 12 tahun. Bahan plastik yang menjadi bungkus atau wadah dari minuman tersebut mengandung bahan kimia yang apabila dikonsumsinya secara berlebihan akan menyebabkan asma.

2. Dehidrasi


Sekilas memang dengan mengkonsumsi minuman kemasan akan cepat untuk menghilangkan dehidrasi. Namun tahukah anda jika sebenarnya tenggorokan atau tubuh kita akan merasa kekeringan, apa lagi yang kita minum jenis minuman yang banyak mengandung kafein. Justru pada saat anda banyak mengkonsumsi minuman kemasan, kita akan mengalami rangsangan senantiasa mengeluarkan kemih atau urine dalam waktu yang cepat. Keadaan yang demikian akan sangat mengganggu kesehatan tubuh kita.

Baca Juga : Sering Mengkonsumsi Makanan Cepat Saji ? Awas 10 Bahaya Ini

3. Diabetes


Kebanyakan dari minuman kemasan mengandung pemanis buatan yang cukup tinggi. Karena masuknya pemanis buatan tersebut ke dalam tubuh, sehingga insulin bekerja keras unutk mengolah semua gula yang mengalir dalam darah yang jumlahnya melonjak. Jika hal tersebut diabiarkan dalam waktu lama, maka kerja insulin yang terlalu diforsir akan semakin mngalami penurunan. Sehingga akan mengakibatkan diabets.

4. Resiko kanker


Zat kimia yang terkandung dalam minuman kemasan tidak hanya berasal dari bungkus plastik saja, namun terdapat juga pada pewarna, pemanis dan pengawet pada minuman tersebut. Jika zat kima tersebut bersarang dalam tubuh tanpa adanya suatu pencegahan atau pengobatan, maka akan rentan terhadap resiko kanker.

5. Obesitas


Obesitas atau kelebihan berat badan, pada akhir - akhir ini sering menjadi suatu hal yang sering diperbincangkan. Pasalnya, banyak orang yang terkena obesitas lantaran terlalu berlebihan dalam mengkonsumsi makanan cepat saji yang mengandung lemak yang tidak terkontrol. Lemak tersebut juga dapat kita temukan pada minuman kemasan. Tumpukan pemanis pada minuman kemasan akan diolah oleh tubuh yang kemudian disimpan pada jaringan tubuh dan karena jumlahnya yang terlalu banyak, maka penyimpanan diubah sedemikian rupa yang kemudian menjadi tumpukan lemak. Dan efek yang terjadi adalah berat badan kita akan terus bertambah.

6. Kemandulan


Bahan plastik atau botol plastik mengandung zat kimia yang disebut phthlate. Jika botol tersebut terus bersentuhan dengan air, maka zat kimia tersebut akan terlepas dan tercampur dalam air. Jika kita mengkonsumsi air tersebut, secara otomatis zat kimia yang terkandung dalam air kemasan akan masuk ke dalam tubuh kita dan mengendap di dalamnya. Jika zat kimia yang masuk sudah pada jumlah banyak, maka akan mengakibatkan kemandulan hingga kanker.

7. Melemahkan Tulang


Selain menyebabkan obesitas dan dehidrasi, mengkonsumsi minuman kemasan secara berlebihan akan memicu melemahnya tulang. Minuman yang mengandung soda, yang mana soda soda tersebut mengandung asam fosfor, dapat memengaruhi kesehatan tulang. tulang akan menjadi keropos jika kandungan asam fosfor terus menumpuk dalam tubuh kita.

Baca Juga : 10 Manfaat Minum Air Hangat Terhadap Tubuh Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Setelah kita mengetahui efek negatif dari minuman kemasan, yuk dari sekarang beralihlah pada minuman yang lebih sehat, misalkan air putih, jus buah dll. mengkonsumsi minuman kemasan sebenarnya tidak membahayakan selama itu dalam jumlah yang wajar dan diimbangi dengan rutin berolah raga.


EmoticonEmoticon