Skip to main content

Sering Mengkonsumsi Makanan Cepat Saji ? Awas 10 Bahaya Ini


Percaya atau tidak makanan cepat saji memang menjadi solusi untuk menghemat waktu. Makanan cepat saji memang sangat menggugah selera dan praktis. Namun, yang harus anda ingat jika makanan cepat saji bukan solusi untuk kebutuhan nutrisi tubuh anda malah anda harus waspada terhadap beberapa dampak negatif yang akan ditimbulkannya dikemudian hari.

Sering Mengkonsumsi Makanan Cepat Saji ? Awas 10 Bahaya Ini

Menurut para ahli, dibalik rasanya yang lezat ternyata makanan cepat saji atau yang lebih populer disebut dengan fast food atau junk food dapat mengakibatkan dampak yang sangat buruk terhadap kesehatan tubuh seperti, obesitas, menaikkan kadar gula dan ketagihan. Lebih dari itu, mengkonsumsi makanan cepat saji secara berlebihan dapat mengakibatkan kerusakan otak yang cukup serius.

Namun walaupun banyak yang mengetahui tentang bahaya mengkonsumsi makanan ini tapi faktanya makanan cepat saji lebih disukai banyak orang. Buktinya bisa kita lihat beberapa gerai yang menjual makanan jenis ini selalu ramai dikunjungi, demikian juga dengan pemesan online, makanan juga terus mengalami peninggkatan pemesanan sehingga semakin banyak orang yang menjual jenis ini.


Sering mengkonsumsi makanan cepat saji bukan solusi tepat untuk menjaga kesehatan. Karena semakin benyak mengkonsumsi makanan cepat saji, maka semakin kecil juga nutrisi yang akan anda dapatkan untuk tubuh. Nah, sebelum anda terlanjur suka dan ketagihan terhadap  makanan cepat saji, alangkah baiknya jika anda mengetahui dampak negatif yang akan terjadi. Dan berikut bahaya yang akan terjadi dan tidak boleh dianggap remeh.

1. Obesitas


Obesitas atau kelebihan berat badan merupakan penyakit yang sangat ditakuti oleh perempuan. Makanan cepat saji mengandung gula buatan dan garam, belum lagi minyak goreng dan bahan pengawet lainnya yang digunakan dalam pembuatan makanan ini. Akibat dari itu, lemak dan kalori akan menumpuk di dalam tubuh. Jadi, tidak heran jika obesitas menjadi dampak utama bagi mereka pecinta makanan cepat saji.

2. Kelelahan


Bagi mereka yang terlalu sibuk dengan aktivitasnya, sarapan dengan mekanan cepat saji merupakan hal biasa. Pada hal yang demikian akan membuat orang yang mengkonsumsinya cepat merasa kelelahan dan badan terasa lemas. Perlu andaketahui jika makanan cepat saji tidak memiliki jumlah nutrrisi, protein dan vitamin yang penting untk memelihara kesehatan. Sekalipun jenis makanan ini dapat membuat perut terasa kenyang, namun tidak cocok untuk dikonsumsi untuk sarapan.

3. Membuat Ketagihan


Salah satu dampak apabila anak sering makan makanan siap saji yaitu dapat membut ketagihan dan ingin selalu mengkonsumsinya. Nah, dapat anda bayangkan bahaya yang akan terjadi, jika dari usia anak - anak ketagihan pada jenis makanan ini. Meski pada nyatanya makanan ini sangat lezat dan menggugah selera, jangan sampai kita atau anak - anak kita ketagihan dan akhirnya kesehatan tubuh yang dikorbankan.

4. Menyebabkan Radang Pada Dinding lambung


Kebiasaan mengkonsumsi pizza dan keripik atau makanan buruk lainnya dapat mengakibatkan radang pada dinding lambung. Orang yang menderita penyakit ini biasanya sering mengalami rasa sakit pada lambung mual keluar darah pada tinja sehingga penderitanya akan lemas karena tidak ada asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh. 


5. Memunculkan Masalah Pernafasan


Pernahkah anda mendengar argumen tentang makanan cepat saji yang dapat memunculkan masalah penafasan? Hal tersebut sangatlah benar. Kalori dan lemak yang berlebihan yang mengendap di dalam tubuh akbat terlalu banyak mengkonsumsi makanan cepat saji dapat menyebabkan kenaikan berat badan yang tak terkendali. Dan akibatnya akan muncul masalah pernafasan seperti sesak nafas dan asma.

6. Kerusakan Hati


Tubuh kita memang secara alami akan membesihkan zat - zat atau kandungan yang kiranya tidak bermanfaat untuk tubuh. Tetapi dengan adanya bahan pengawet buatan dan lemak trans membuat hati bekerja lebih keras untuk membersihkan zat - zat tersebut. Jika keadaan tersebut berlangsung dengan waktu lama, maka akan menyebabkan kerusakan pada hati.

7. Menyebabkan Tekanan Darah Tinggi


Makanan cepat saji mengandung banyak karbohidrat tetapi sangat kecil sekali kandungan seratnya. Sebagaimana yang telah kita ketahui jika karbohidrat sangat mudah dicerna oleh tubuh dan menjadi glukosa sehingga membuat kadar gula dalam tubuh menjadi meningkat. Selain itu, mengkonsumsi makanan cepat saji juga bedampak buruk tehadap kesehatan jantung.

8. Membuat Gigi Kropos


Selain mengandung banyak lemak, makanan cepat saji juga mengandung banyak gula dan karbohidrat. Kedua bahan ini dapat mengakibatkan kesamanan pada mulut anda. Jika anda mengkonsumsinya secara berlebihan maka akan mengakibatkan enamel (pelindung gigi) menjadi pecah. Akibatnya gigi menjadi tidak sehat dan gampang kropos.

9. Kanker


Penyakit yang paling mematikan didunia bisa saja menjadi ancaman serius bagi anda yang menyukai makanan jenis ini. Pemicunya adalah naiknya berat badan yang terus meningkat sedangkan kebutuhan kunsumsi tubuhan akan serat dan gizi terus berkurang. Sebagaimana yang dijelaskan oleh Prof. DR. Dr. Aru Wisaksono Sudoyo, Sp.PD, KHOM, FACP, menurutnya yang menjadi penyebab kanker bukan kandungan Monosodium Glutamat (MSG) tapi karena kalori yang menjadi pendorong tumbuhnya sel kanker.


10. Ganguan Pada Kulit Dan Tulang


Karbohidrat yang tinggi dalam makanan cepat saji akan memicu meningkatkan kadar gula darah sehingga bisa menjadi penyebab timbulnya jerawat. Selain karbohidratnya yang tinggi fastfood juga tinggi natrium yang bisa menjadi sumber masalah pada tulang anda karena penyakit osteoporosis (tulang kropos).

Setelah kita mengetahui dampak negatif akibat terlalu banyak mengkonsumsi makanan cepat saji, masikah kita bertanya mengapa kita dianjurkan untuk tidak sering mengkonsumsi jenis makanan instan. Keuntungan atau dampak positif dari makanan cepat saji memang dapat menghemat waktu dan rasanya yang enak, namun jangan sampai hal tersebut membuat kita lupa akan kesehatan tubuh kita.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar