Skip to main content

10 Contoh Sumber Daya Alam Yang Dapat Diperbaharui

Terdapat dua macam sumber daya alam, yakni sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui. Sumber daya alam (SDA) yang dapat diperbaharui bisa digunakan terus menerus dan tidak akan ada habisnya, karena SDA ini dapat didaur ulang dibuat kembali atau diperbaharui. Sebaliknya, sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui jumlahnya terbatas dan bisa habis jika dipakai secara terus menerus.

10 Contoh Sumber Daya Alam Yang Dapat Diperbaharui

Keberlangsungan kehidupan masnusia di bumi ini memerlukan sumber daya alam untuk berbagai hal. Agar keberlangsungan hidup di bumi, manusia memang harus memanfaatkan serta menjaga sumber daya alam yang tersedia dengan baik. Sedangkan untuk SDA yang tidak dapat diperbaharui, manusia harus hemat dalam pemakaiannnya karena jumlahnya terbatas dan tidak dapat diperbaharui. Dan dikesempatan kali ini kami akan membahas apa saja sumber daya alam yang dapat didaur ulang.

Contoh sumber daya alam yang dapat diperbaharui, diantaranya angin, tanah, air dll. Sumber daya alam yang dapat diperbaharui merupakan sumber daya alam yang memperbaharui diri sendiri atau memiliki kuantitas yang tak terhingga sehingga dapat dipakai secara terus menerus. Selain contoh yang kami sebutkan, berikut dibawah ini beberapa contoh lain SDA yang dapat diperbaharui.

10 Contoh Sumber Daya Alam Yang Dapat Diperbaharui


1. Tumbuhan


Ada banyak manfaat tumbuhan bagi keberlangsungan kehidupan bagi manusia maupun bagi makhluk hidup lainnya. Diantaranya untuk bahan makanan, seperti hasil pertanian, perkebunan dll. Untuk menyejukkan udara, penghasil oksigen untuk kehidupan.

2. Tanah


Tanah merupakan kerak bumi yang tersusun dari mineral dan bahan organik. Ada banyak manfaat tanah, diantaranya sebagai sumber mata air, lahan pertanian, peralatan rumah tangga dan bahan baku produksi. Tanah juga merupakan tempat makhluk hidup berpijak.

3. Matahari


Matahari merupakan sumber energi alami yang sangat dibutuhkan oleh makhluk hidup di bumi ini. Selain itu, matahari juga berfungsi sebagai sebagai penerangan alami, pembangkit listrik, membantu proses pengeringan dll. matahari merupakan bintang dipusat tata surya yang berbentuk nyaris bulat dan terdiri dari plasma panas dan bercampur medan magnet.

Baca Juga : Motif Gambar Batik Indonesia Paling Terbaru

4. Batu


Salah satu sumber daya alam yang dapat diperbaharui yang dapat dimanfaatkan untuk bahan perhiasan adalah batu. Batu adalah benda padat yang terbuat secara alami dari mineral atau mineraloid. Selain untuk perhiasan masih banyak lagi manfaat batu, diantaranya untuk meningkatkan energi, sebagai bahan bangunan, sebagai bahan industri dll.

5. Air


Air merupakan merupakan sumber daya alam yang paling dibutuhkan oleh makhluk hidup. Tanpanya, manusia tidak akan bisa bertahan hidup. Oleh sebab itu, sangat penting melestarikan kebersihan air, agar terus dapat dimanfatkan.

6. Hewan


Contoh sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan manfaatnya dapat dirasakan manusia adalah hewan. Ada banyak manfaat hewan seperti, dagingnya, susu, kuli serta tulangnya. Hewan merupakan makhluk hidup yang terus berkembang seperti manusi, sehingga tidak akan mengalami kepunahan.

7. Angin


Angi merupakan sumber daya alam yang dapat dijadikan sebagai energi alternatif pembangkit listrik selain matahari. Angin merupan udara yang bergerak dan mempinyai kekuatan alam dengan kuantitas yang tidak terbatas, sehingga juga dapat dimanfaatkan sebagai dalam sistem pengairan.


8. Ombak


Ombak merupaka gelobambang dalam yang dihasilkan di lautan efek dari naik turunnya gelombang air laut. Belum banyak orang yang mengetahui manfaat gelombang, pada hal gelombang merupakan sumber daya alam yang mempunyai manfaat bagi kehidupan manusia. Jika disebutkan tiga manfaat ombak adalah menjaga kesetabilan suhu udara, sebagai sumber energi dan sebagai pembangkit listrik.

9. Pasir


Materi pembentuk pasir adalah silikon dioksida. Umumnya pasir terbentuk dari batu kapur yang banyak ditemui di pantai tropis dan subtropis di dekat lautan. Manfaat pasir diantaranya, sebagai bahan pembuat kaca, bahan bangunan, bahan pembuat kramik dll.

Baca Juga : 7 Permainan Yang Dapat Mengasah Otak Anak


10. Biomassa


Biomassa adalah sisa - sisa yang telah mati, namun jasadnya masih dapat dimanfaatkan oleh manusia. Diantara contoh biomassa adalah sisa kotoran hewan yang dapat digunakan sebagai bahan bakar dari gas alam. sisa kulit kayu yang dapa digunakan dalam pembuatan mebel. Dan sisa rumput kering yang dapat dipakai sebagai popok kompos.

Demikianlah 10 contoh sumber daya alam yang dapat diperbaharui. Penggunaan SDA harus digunakan sebijak mungkin, agar dapat menjaga bumi dari kerusakan yang diakibatka oleh tangan - tangan manusia yang tidak bertanggung jawab.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar