Skip to main content

10 Tips Agar Melahirkan Normal Dan Cepat

Membayangkan proses melahirkan merupakan hal yang wajar bagi ibu hamil, apa lagi bagi anak pertama. Melakukan persalinan dan kelahiran secara normal  dan cepat tentu merupakan impian bagi kebanyakan orang. Karena dengan demikian seorang ibu akan benar - benar mengalami perjuangan untuk melahirkan si buah hati. Detik persalinan adalah perjuangan seorang ibu antar hidup dan mati dan ini salah satu moment penting bagi para ibu dan akan dikenang sepanjang hayat.

10 Tips Agar Melahirkan Normal Dan Cepat

Namun, melahirkan normal sering menjadi hal yang menghawatirkan bagi ibu hamil dan dilanda rasa cemas serta ketakutan yang berlebihan. Sedangkan pada kenyataannya kondisi seperti itu akan sangat berpengaruh terhadap kesehatan ibu dan bayi. Jika kondisi kesehatan ibu maupun bayi  tidak stabil, maka akan diambil langkah melahirkan secara cesar. Untuk itu, sangat penting bagi ibu hamil mengetahui cara bagaimana melahirkan secara normal serta persiapan apa saja yang harus dilakukan.

Tips agar lahir normal dan cepat harus dilakukan sejak kandungan masih muda, seperti menjaga kebugaran tubuh, memperbanyak cairan saat hamil serta menjaga asupan makanan. Selain itu, masih banyak lagi beberapa tips lain yang wajib anda ketahui. Dan berikut dibawah ini beberapa tips agar ibu dapat melahirkan secara normal dan cepat dan sebisa mungkin tanpa jahitan.

Tips Agar Lahir Normal Dan Cepat


1. Berdoa


Hal pertama yang harus anda lakukan adalah memperbanyak doa kepada Allah, memohonlah kepadanya agar dipermudah dalam persalinan. Doa dan iktiar harus jalan beriringan jangan hanya mengandalkan iktiar secara fisik saja tapi secara batin juga harus dilakukan. Perbanyaklah istighfar dan munajat kepada Allah agar peroses persalinan buah hati anda berjalan lancar dan selamat.

Memperbanyak ibadah menjelang persalinan juga membantu anda menenangkan fikiran dan membuat anda lebih rileks dan kondisi ini sangat dibutuhkan untuk kelancaran proses melahirkan. Seorang bidan yang terdaftar Brentwood Bay, BC Michele Buchmann mengatakan salah satu persiapan paling penting dalam melahirkan menghilangkan rasa takut dan kegelisahan sehingga hal ini dapat mendorong sang ibu semangat dalam melakukan persalinan.

Baca Juga : Baca Empat Ayat Ini Agar Mudah Dalam Proses Melahirkan

2. Konsumsi Makanan Yang Bergizi


Nutrisi adalah salah satu faktor yang sangat menunjang kesehatan ibu hamil. Dengan kondisi yang prima tentunya akan lebih siap dalam menghadapi persalinan. Mengkonsumsi makanan bergizi tidak hanya dilakukan menjelang kelahiran saja tapi harus dilakukan sejak pertama kali mengandung.

Memperbanyak makanan yang mengandung gizi seperti sayur hijau, makanan berprotein dan lain sebagainya juga dapat mengurangi berbagai resiko melahirkan bayipun juga sehat dalam melakukan tekanan untuk berhasil keluar dengan selamat. Namun jangan berlebih jangan menambah berat barat terlalu banyak menjelang kelahiran kecendrungannya ibu yang memiliki berat tubuh yang ideal lebih lancar dalam melahirkan.

3. Rutin Mengikuti Senam Ibu Hamil


melakukan senam hamil sesuai dengan kondisi dan saran dari dokter, sangat penting dilakukan pada saat menjelang melahirkan. Dengan melakukan senam ibu hamil, akan membantu ibu merasa lebih tenang dan kebugaran tubuh akan tetap terjaga. Selain itu, cara ini juga membantu kontraksi rahim untuk lebih efektif dan proses melahirkan akan lebih lancar. Senam ibu hamil juga diyakini dapat memancing kontraksi.

4. Banyak Bergerak


Selain melakukan senam khusus untuk ibu hamil, ibu hamil juga harus benyak bergerak, seperti berjalan kaki saat pagi hari. Terkadang melahirkan sebelum hpl merupakan keinginan bagi sebagian orang, yang disebabkan dengan beberapa alasan. Nah, melakukan banyak gerakan sendiri di rumah merupakan salah satu cara untuk meningkatkan pembukaan dengan cepat dan membuat otot panggul menjadi lebih santai.

5. Mengatur  Nafas


Ketika kontraksi asli datang, maka mengatur nafas sangat penting untuk dilakukan. Relaksasi dengan bernafas dalam - dalam dapat membantu tenaga ibu menjadi lebih baik. Cara untuk mengatur nafas dengan baik, yaitu dengan mengambil nafas yang lambat dan menyimpan tenaga untuk tubuh. Mengatur nafas ini memang harus sering dilatih terlebih ketika menjelang HPL.

6. Gerakan Mengayun Pinggul


Melahirkan di usia kandungan 38 minggu merupakan waktu yang cukup ideal. Jika anda ingin melahirkan normal di waktu yang ideal seperti itu, maka melakukan gerakan seperti mengayun pinggul merupakan metode yang harus anda coba. Memberikan usapan lembut pada punggung dan leher serta melakukan ayunan pada pinggul dengan lembut, dapat mempercepat kepala bayi masuk ruang panggul sehingga bayi akan lahir denga cepat.

7. Mengalihkan Rasa Sakit


Melahirkan normal, cepat dan tidak sakit merupakan impian semua orang. Namun, rasa sakit tidak dapat hindari pada detik - detik menjelang kelahiran. Untuk itu, sangat penting melakukan pengalihan rasa sakit. Pada saat ibu mulai kontraksi dan bersiap untuk melahirkan, pada saat itu juga ibu akan merasakan kesakitan dan akan banyak kehilangan tenaga. Padahal menjaga satamina agar tetap stabil sangat dibutuhkan bagi ibu yang ingin melahirkan normal. Dalam kondisi seperti ini sangat dibutuhkan figur seorang suami atau keluarga dekat seperti ibu dan saudara untuk mengalihkan rasa sakitnya. Pengalihan rasa sakit itu dapat diakukan dengan cara mengajaknya bercanda dan memberikan semangat.

Baca Juga : 8 Cara Cepat Hamil Lagi Setelah Mengalami Keguguran Yang Bisa Anda Coba


8. Mengikuti Kursus Melahirkan


Untuk menyiapkan diri untuk proses kelahiran normal, memang memerlukan persiapan yang sangat matang. Nah, persiapan tersebut dapat anda lakukan dengan mengikuti kursus melahirkan. Dalam kursus tersebut anda akan dijelaskan berbagai persiapan, baik itu persiapan mental maupun fisik. Selain itu, anda juga diajarkan mengenai cara menghadapi tahap pembukaan, latihan pernafasan, latihan gerak otot dan mengatasi rasa sakit yang berlebihan.

9. Mandi Menjelang Kelahiran


Jika ibu merasakan rasa lelah saat kotraksi dan sudah mulai pembukaan, maka mandi air hangat menjadi solusinya. Ketika ibu mngalami kotraksi, sebenarnya otot semua bagian tubuh akan menjadi tegang. Oleh sebab itu, mandi dengan air hangat akan sangat membantu melenturkan otot yang tegang, sehingga rasa lelah tidak lagi rasakan.

10. Deteksi Awal Masalah


Jika anda memiliki masalah dengan kelahiran anda sebaiknya anda mengetahuinya sejak awal. Dokter akan saran yang terbaik bagi anda sehingga dengan cepat anda bisa mengambil keputusan pasalnya ini terkait kesiapan anda. Jangan takut untuk konsultasi dengan dokter atau bidan anda deteksi dini awal masalah yang terjadi dengan kandungan dapat membantu anda lebih siap kemungkinan yang akan terjadi dan keemasanpun lebih berkurang.

Pada dasarnya melahirkan secara normal merupakan kodrat alami yang sangat memuaskan bagi semua ibu hamil. Namun, tidak semua wanita dapat melakukannya. karenanya kami di sini membagikan beberapa tips agar dapat  melahirkan secara normal dan cepat. Dan semoga artikel yang kami tulis dapat bermanfaaat untuk semua.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar