Skip to main content

3 Alasan Kenapa Tiket Kapal Bawean Gresik Harus Dionlinekan

Permasalahan penjualan tiket kapal rute pulau Bawean  Gresik tidak pernah kunjung usai, Banyak masyarakat yang mengeluhkan biaya tiket yang dijual diatas harga yang ditetapkan oleh perusahaan kapal. Utamanya saat  terjadi lonjakan penumpang karena akibat cuaca buruk atau moment tertentu. Karena tidak ada pilihan lain untuk mendapatkan tiket dengan harga normal, akhirnya karena keinginannya cepat sampai ke pulau Bawean mereka terpaksa membeli tiket tersebut walau mahal.

3 Alasan Kenapa Tiket Kapal Bawean Gresik Harus Dionlinekan

Masalah ini harus menjadi perhatian serius para pemangku kebijakan terkait utamanya Pemerintah kabupaten Gresik agar masalah ini tidak terkatung katung dan berkelanjutan terus menerus tanpa ada penyelesaian, kasihan masyarakat pulau Bawean, iya bagi mereka yang mampu, tapi bagi mereka yang tidak?. Tidak tahu ini permainan siapa yang jelas ruang gerak calo tikel kapal hingga detik ini liar dan tidak terkontrol. Mengandalkan partisipasi masyarakat untuk melaporkan kepada pihak yang berwenang rasanya tidak mungkin karena banyak masyarakat yang tidak mau terlibat dalam masalah.

Baca Juga : Jadwal kapal Gresik Bawean Terbaru 2019

Jalan satu satunya adalah Pemkab Gresik, Dinas perhubungan dan Kepolisian harus menodong pihak Kapal agar segera mengonlinekan penjualan tiket. inilah jalan satu satunya sementara ini yang bisa dilakukan untuk memutus mata rantai calo dan mempersempit ruang gerak mereka.  Saya yakin pihak kapal sangat mampu untuk melakukannya tinggal mau atau tidak? Jika mereka tidak mau mendirikan sendiri sistem pertiketan online secara mandiri mereka bisa bekerjasama dengan pihak ketiga, banyak sekali Startup saat ini yang bergerak dibidang penjualan tiket, seperi Traveloka, Tiket.com dan masih banyak yang lainnya.

Padahal menurut analisis saya jika ada salah satu pihak kapal yang berani melakukan terobosan ini, pastinya akan meraup keuntungan yang besar karena pangsa pasarnya akan lebih luas. Masyarakat Bawean yang ada diperantauan akan memilih membeli tiket secara online, karena lebih mudah dan hargapun pasti sesuai dengan harga yang sudah ditentukan. Jika dilihat dari segi manfaatnya setidaknya ada 3 Alasan kenapa tiket kapal harus dionlinekan.


1. Efisien


Kita tahu bahwa masyarakat pulau Bawean banyak yang merantau keberbagai daerah di Indonesia dan luar negeri, sewaktu waktu mereka akan pulang ke pulau asal dimana mereka di lahirkan. Dengan adanya tiket online mereka bisa memesan tiket kapal kapan saja sesuai jadwal yang mereka inginkan. Jadi ketika sampai ke pelabuhan Gresik sudah tidak perlu antri dan berdesak desakan tinggal menunjukkan kode boking dan mereka akan dipersilahkan menaiki kapal. simple dan gak ribet bukan?. Seperti inilah seharusnya yang dilakukan pada era teknologi saat ini, semua sudah mudah dan terintegrasi dengan baik.

2. Memutus Mata Rantai Calo


Sebagaimana yang sudah di uraikan diatas bahwa permasalahan paling menonjol saat ini pada penyebrangan Gresik Bawean adalah masalah calo. Banyak keluh kesah yang disampaikan para penumpang ketika akan membeli tiket seringkali tiket habis padahal ketika kapal berangkat banyak ditemukan tempat duduk yang kosong, lo kok bisa? Lalu tiketnya pada kemana? Jika sistem penjualan tiket masih konvensional seperti saat ini maka permasalahan calo ini tidak akan pernah usai. Jalan satu satunya untuk memutus mata rantai mereka adalah dengan mengonlinekan penjualan tiket.

3. Tidak Akan Terjadi Tiket Ganda


Permasalahan tiket ganda ini pernah dimuat di salah satu situs berita, bahwa ketika salah seorang penumpang masuk ke dalam kapal dia menemukam tempat duduknya telah ditempati orang lain dengan nomer tiket yang sama. Memang inilah kelemahan penjualan tiket konvensional, permasalahan ini tidak hanya terjadi saat ini saja tapi sebelumnya juga pernah terjadi. Nah solusinya untuk mengatasi ini adalah dengan komputerisasi lewat online dengan mengatur sistem nomer tempat duduk tidak sama setiap tiket.

Baca Juga : Ini Alasan Kenapa Gili Iyang Tidak Menjual Tiket Via Agen

Nah itulah beberapa alasan penjualan tiket kapal penyebrangan Bawean Gresik harus online. Semoga masalah ini segera mungkin dapat tanggapan dari berbagai pihak yang berwenang menangani ini. Sebagaimana pesan yang disampaikan oleh bang napi " Kejahatan terjadi bukan hanya karena niat pelakunya tetapi juga karena ada kesempatan !waspadalah...waspadalah...
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar