Skip to main content

6 Tips Membeli Mesin Cuci Yang Bagus Dan Awet

Salah satu pertimbangan konsumen dalam membeli mesin cuci adalah keawetannya walaupun dengan harga yang mahal tidaklah masalah yang penting bisa digunakan selama bertahun tahun dan justru ini lebih hemat dibanding membeli dengan harga yang murah namun hanya di gunakan 1-2 tahun sudah rusak. Untuk mendapatkan mesin cuci yang baik memanglah tidak mudah karena dipasar banyak sekali merek mesin cuci, oleh karenanya anda membutuhkan tips dalam membelinya agar anda tidak salah memilih.


Harga mesin cuci sangat bervariatif dari mulai harga 2 juta hingga puluhan juta tergantung dari merk dan fiturnya. Sama halnya dengan handphone merek yang terkenal biasanya lebih mahal dibanding dengan merek yang kurang terkenal dengan spesifikasi dan fitur yang lebih canggih. Memang rata rata merek yang terkenal biasanya kualitasnya lebih baik dibanding dengan merek yang belum terkenal oleh karenanya pembeli tidak mau spekulasi dengan membeli berdasarkan harga saja tapi juga harus dengan merek.

Baca Juga : 10 Penyebab Kulkas Tidak Dingin Dan Cara Mengatasinya

Merek Mesin Cuci Terbaik


Yang perlu kami tegaskan bahwa tidak ada garansi mesin cuci yang bermerek akan lebih tahan lama dibanding yang tidak bermerek akan tetapi bisa menurunkan resiko untuk mendapatkan mesin cuci dengan kualitas rendah. Cara yang paling baik menurut kami adalah dengan menggali pengalaman pembeli sebelumnya dengan bertanya ke tetangga anda atau bertanya di group group online.

Beberapa pertimbangan juga perlu anda tanyakan diantaranya adalah mengernai tentang konsumsi terhadap listrik apakah hemat atau boros, yang kedua apakah menggunakan 2 tabung atau 1 tabung dan yang ketiga sudah berapa tahun menggunakannya atau pertanyaan lain yang mungkin bisa meyakinkan anda untuk memilihnya. Berikut beberapa merek terbaik  yang kami himpun dari beberapa refrensi.

1. Sharp


Merk Sharp memang terkenal tangguh tidak hanya TV atau produk lainnya tapi mesin cuci yang dikeluarkan juga terkenal tanggung dan tahan lama. Banyak konsumen yang menjatuhan pilihan pada merek ini. Selain berkualitas harga produknyapun terbilang terjangkau dan itupun sudah dilengkapi dengan teknologi yang dapat meredam guncangan saat mencuci atau mengeringkan pakaian. Mesin cuci merek sharp juga ada yang sudah dilengkapi dengan Eco Logic System  yang dapat menghemat konsumsi listrik.

2 LG


Merek LG juga tidak kalah tenar dengan merek Sharp. Kami juga merekomendasikan untuk membeli mesin cuci merek LG. Selain kualitasnya yang baik merek ini juga sangat menonjolkan hemat dalam pemakaian listrik. Mesin cuci merek ini sudah dilengkapi dengan teknologi Inverter Direct Drive Motor dimana dengan teknologi ini motor penggerak pada mesin cuci ini akan bekerja tanpa suara yang berisik sedangkan teknologi 6 Motion Direct Drive dapat mencuci pakaian dengan optimal sehingga hasil cuciannya bersih.

3. Polytron


Sedangkan  untuk merek yang satu ini sudah menganut teknologi  Zero Pressure yaitu mesin cuci dapat bekerja walau dengan tekanan air yang kecil bahkan nol jadi cucian anda dipastikan selesai walau dirumah anda bermasalah dengan air. Masalah ketangguhannya jangan ditanya mesin cuci merek ini memiliki ketagguhan daya pakai 5-10 tahun tidak hanya itu desainnya juga terkenal dengan lux dan modern sangat cocok buat anda yang mencari mesin cuci dengan tampilan yang mewah.

4. Panasonic


Anda juga tidak akan asing dengan merek ini. Produk panasonic juga terkenal dengan keawetannya termasuk produk mesin cucinya. Panasonic memang telah memiliki produk mesin cuci dengan banyak type diantaranya  front loading fitur type ini lebih canggih dibanding dengan type 1 tabung atau 2 tabung. Panasonic juga telah melengkapi produknya dengan teknologi Aquabeat Wash yang tidak hanya amembuat cucian anda bersih tapi juga terbebas dari kuman.

5. Sanyo


Setiap merek memiliki fitur unggulan masing masing untuk keunggulan dari merek sanyo yaitu Big Pulsator dimana dengan teknologi ini mesin cuci akan memiliki puasaran air yang kuat sehingga dapat mencuci pakaian dengan sangat bersih. Sedangkan untuk body dari merek ini dilengkapi dengan Anti Rush Body yang bahan utamanya terbuat dari bahan plastik yang sangat kokoh dan anti karat sehingga bisa lebih tahan lama.

Sebenarnya masih banyak beberapa merek lain yang tidak kalah tangguhnya namun kami tidak membahasnya lebih panjang. Karena 5 merek ini kami anggap sudah mewakili dari beberapa merek lain dalam memilih mesin cuci yang baik dan kuat

Tips Membeli Mesin Cuci Yang Bagus Dan Awet


1. Merek


Pertama yang harus anda lakukan sebelum membeli adalah dengan memilah milah beberapa merek terkenal yang sudah kami ulas.  Tentunya pilihan anda harus didasarkan beberapa pengalaman dari anda sendiri mungkin sebelumnya telah pernah menggunakan produk dari beberapa merek yang ada atau anda bisa bertanya kepada kerabat atau teman teman anda. Ini penting dilakukan agar anda tidak menyesal dikemudian karena salah pilih produk dan ini berlaku baik membeli mesin cuci baru maupun bekas.

2. Jenis Pencuci


Jenis pencucian juga perlu menjadi pertimbangan anda. Karena mesin cuci dengan type pencucian yang berbeda memiliki keunggulan dan kekurangan masing masing apakah itu front loading atau tabung diatas baik 1 tabung atau 2 tabung. Mesin cuci dengan jenis top loading harganya lebih murah dibanding dengan yang Front Loading karena membutuhkan daya penggerak yang besar otomatis daya konsumsi terhadap listrikpun juga besar.

3. Bahan Tabung 


Anda juga perlu melihat bahan tabung dalam mesin cuci apakah terbuat dari apakah terbuat dari plastik, stainless atau yang lainnya ?Yang perlu anda ketahui bahwa tabung pencuci yang terbuat dari stainless itu lebih baik dari beberapa bahan lainnya. Karena dengan putaran tabung yang kuat dan cepat maka yang paling kuat adalah stainless dan bahan ini juga anti karat dibanding dengan plastik atau enamel.

4. Pilih Fitur Sesuai Dengan Kebutuhan


Berdasrkan pengalaman mesin cuci dengan fitur yang bermacam macam apalagi dengan desain digital biasanya lebih cepat rusak di banding dengan mesin cuci dengan fitur seperlunya saja. Ftur digital terkadang membuat anda bingung sehingga akan menekan beberapa tombol yang seharusnya tidak anda tekan dan faktor inilah yang menjadi penyebab utamanya terjadi kerusakan karena penggunaan yang tidak tepat.

5. Kapasitas Mesin Cuci


Ini juga penting harus anda ketahui dalam membel mesin cuci. Jika di dalam keluarga anda terdiri dari banyak orang maka anda harus membeli mesin cuci dengan tabung yang lebih besar jika tidak biasanya anda akan memaksakan kerja dari mesin cuci dirumah anda dengan pakean yang menumpuk, jika itu yang anda lakukan maka tidak lama mesin cuci rusak. Sebelum mencuci sebaiknya anda membaca dulu panduan dari produknya sehingga berapa kilo gram pakaian yang harus anda masukkan dalam mesin cuci.


6. Konsumsi Energi


Konsumsi terhadap energi listrik juga harus menjadi pertimbangan anda, utamanya jika lampu di rumah anda bermaslah atau tidak stabil maka ini sangat berbahaya bagi barang elekronika anda dirumah termasuk mesin cuci anda. Oleh karenanya anda bisa melihat daya konsumsi listrik sebelum membeli atau anda bisa melihat stiker warna kuning dengan Energystar biasanya konsumsi terhadap energi lebih kecil atau low whatt.

Baca Juga : Biaya Listrik Mahal? Ini Cara Sederhana Yang Dapat Mengurangi Tagihan Listrik Anda

Nah itulah seputar tips bagi anda yang sedang memilih mesin cuci untuk kebutuhan rumah tangga anda. Semoga informasi ini dapat membantu anda dalam mengambil keputusan. Ada seputar informasi masih lain yang penting disampaikan yaitu adalah cara penggunaan mesin cuci yang baik dan benar. Seberapa kuat dengan merek terkenalpun jika dalam penggunaannya tidak baik maka bisa dipastikan akan cepat rusak.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar