Skip to main content

6 Tips Mendaki Gunung Bagi Pemula Agar Tidak Cepat Lelah

Mendaki gunung merupakan hobi yang menarik dan menantang dan saat ini hobi ini sedang digandrungi para kaula muda. Nah jika anda termasuk pemula yang sedang terjun ke dunia tracking/hiking kami akan memberikan tips agar saat mendaki nanti tidak cepat lelah. Jangan sampai ketika teman teman anda sudah berada di puncak anda masih di bawah dan melambaikan bendera putih karena tidak sanggup melanjutkan.

6 Tips Mendaki Gunung Bagi Pemula Agar Tidak Cepat Lelah

Ada banyak yang melatarbelakangi mengapa hobi ini kian digandrungi pertama komunitas pendaki sudah tersebar di mana dari mulai dunia pendidikan hingga ke masyarakat. Kedua karena mengikuti trend dan yang ketiga karena trinspirasi dari sebuah film atau dari idola baik dari kalangan selebritis atau yang lainnya. Namun apapun itu kegiatan seperti ini apalagi yang menantang dan melelahkan jika tidak dijalankan karena kesukaan tentulah akan berakhir di tengah jalan.

Mendaki tidak hanya memerlukan kekuatan fisik saja lo tapi juga mental, terkadang banyak diantara para pendaki yang memiliki fisik kuat namun tidak memiliki ketangguhan mental sehigga ketika dihadapkan dengan permasalahan dan bahaya dilapangan dia sudah menyerah dan balik badan. Selain keduanya hal penting lainnya adalah memahami ilmu dasar pendakian. Anda bisa mempelajarinya di situs ini. Ilmu ini penting anda pelajari di dalamnya memuat berbagai hal dasar yang harus anda ketahui saat mendaki.

Dan jangan lupa pula untuk melihat beberapa tips ini didalamnya ada banyak hal bagaimana agar anda bisa kuat dan tidak cepat capek saat mendaki nanti, apa saja tipsnya yuk simak berikut ini.

Tips Mendaki Gunung Bagi Pemula Agar Tidak Cepat Lelah


1. Latihan Dan Latihan


Ini merupakan tips yang paling penting agar anda tidak mudah capek saat tracking, sebelum anda melakukan pendakian di waktu yang sudah dilakukan sebaiknya anda melakukan latihan demi latihan, melatih fisik anda dengan baik. Beberapa latihan fisik yang bisa melakukan diantaranya bisa berlari, berjalan kaki, bersepeda atau olah raga lainnya yang bisa menambah daya tahan tubuh anda.

Latihan ini bukan masalah kepada kecepatan. Medan yang akan anda hadapi adalah medan menanjak jadi latihan ini lakukan dengan rutin bukan dengan cara memaksa dalam waktu yang singkat. Selain ketahanan fisik latihan ini juga melatih pola pernafasan anda agar nafas kuat saat mendaki nanti. Oleh karenanya latihan ini harus dilakukan dengan sedikit keras hingga berkeringat dan melelahkan agar berdampak banyak bagi ketahanan fisik anda.


2. Menjaga Kesehatan


Menjaga kesehatan itu juga sangat penting, sangat berbahaya sekali jika saat pelaksanaan anda mengalami sakit. Memang sakit itu bisa datang kapan saja namun anda tetap berusaha agar tubuh anda tetap sehat dengan cara banyak istirahat dan mengkonsumsi makanan yang sehat. Handari mengkonsumsi vitamin yang berupa obat atau suplement karena ini bisa berbahaya untuk jangka panjang. Lebih baik konsumsi vitamin alami seperti madu, kurma atau yang lainnya.

Menjaga kesehatan juga peting dilakukan selama pendakian kondisi cuaca yang berbeda dengan dataran rendah. beberapa penyakit yang harus anda waspadai adalah flu, batuk, masuk angin, dan hipotermia. Jangan abaikan anjuran yang disampaikan pemimpin kelompokmu utamanya yang menyangkut kesehatan. 

Baca Juga : Cara Mudah Cek Kesehatan Sendiri Di Rumah


3. Persiapkan Segalanya Dan Seperlunya


Sebelum hari pelaksanaan sebaiknya anda sudah mempersiapkan segalanya baik itu bekal, peralatan maupun obat obatan yang akan anda bawa. Untuk makanan bawalah makanan secukupnya saja jangan terlalu banyak membawa mie instan karena mie lama dicerna oleh usus dengan demikian asupan energi ke dalam tubuh anda juga lambat dan efeknya anda akan mudah lelah.

Bawalah makanan penambah stamina tubuh seperti madu, pisang ambon, kurma, gula merah dan banyak yang lainnya. Sedangkan untuk  peralatan bawalah yang diperlukan dan yang penting saja agar nanti enteng dan ringan saat di bawa sehingga tidak terlalu membebani fisik anda. Tas ransel yang anda gunakanpun pastikan kondisinya baik dan kuat agar membuat anda nyaman selama mendaki. Hindari penggunaan sepatu hiking atau sepatu bot selama di jalur yang mudah karena perlahan akan membebani kaki anda.

4. Berjalanlah Dengan Perlahan 


Agar tidak cepat lelah aturlah langkah anda dengan baik lakukan dengan pelan saja tapi pasti. Banyak para pendaki yang merasakan kelelahan karena dari langkah yang tidak tepat. Jangan terburu buru untuk sampai puncak nikmati saja perjalanan dan pemandangan di sekitar anda. Tubuh anda juga perlu keseimbangan dan menyesuaikan dengan kondisi udara dan oksigen yang ada disekitar.

Lakukan pendakian dengan ketinggian 300 meter dpl perharinya agar anda terhindari dari mountain sickness. Penyakit ini telah banyak menelan korban, penyakit ini terjadi karena tubuh tidak bisa melakukan penyesuaian dengan kondisi tekanan udara dan oksigen pada ketinggian. Ini sering terjadi pada pendakian diketinggian 2500 meter dpl.

5. Hindari Tubuh Dari Pancaran Sinar Matahari Secara Langsung


Pengetahuan ini penting agar anda tidak cepat lelah dan cepat haus. Paparan sinar matahari yang mengandung ultraviolet akan mempengaruhi kondisi tubuh selain memperbanyak penguapan pada ion tubuh  paparan sinar matahari juga akan menyebabkan kulit anda terasa terbakar dan panas karena kondisi cuaca gunung yang dingin. Gunakanlah mantel atau jaket yang melindungi seluruh tubuh anda. Jika perlu gunakalah masker untuk menutupi mulut agar bibir anda tidak cepat kering dan andapun akan merasa nyaman saat melakukan perjalanan.

6. Jangan Minum Terlalu Berlebihan


Memang medan yang menanjak dengan perjalanan anda yang panjang akan cepat membuat capek dan haus. Minumlah secukupnya jangan berlebihan walaupun anda merasakan haus yang sangat. Pada saat istirahat minumlah 2-3 tutup botol saja selain tidak membuat terlalu lemas karena kebanyakan minum tips ini juga menghemat. Minuman harus tersedia selama pendakian utamanya jika disekitar gunung yang anda daki tidak memiliki aliran sungai atau danau. Air putih sangat penting selain pengobat haus juga mengganti cairan yang hilang saat melakukan pendakian.

Baca Juga : 10 Manfaat Minum Air Hangat Terhadap Tubuh Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Nah itulah seputar tips bagi anda yang baru akan memulai mendaki. Tentunya untuk menambah wawasan, anda bisa bertanya kepada mereka yang sudah berpengalaman dalam dunia ini karena terkadang kondisi lapangan tidak bisa dijelaskan secara teori tentunya yang berpengalaman akan membantu anda menjelaskannya. Semoga sukses pendakianmu kawan !
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar