Skip to main content

7 Cara Menghilangkan Bau Sepatu Dengan Cepat Dan Mudah

Bau tak sedap pada sepatu sering menjadi masalah, baik saat ditempat umum maupun di rumah. Bau pada kaki bukan terletak pada harga atau kwalitas dari sepatu itu sendiri, baik itu sepatu karet maupun sepatu biasa. Namun, yang menjadi pemicu utamanya adalah kebersihan terhadap kaki dan sepatu itu sendiri.

7 Cara Menghilangkan Bau Sepatu Dengan Cepat Dan Mudah

Penggunaan sepatu seharian kadang membuat kaki kita mengeluarkan banyak keringat, dan keringat tersebut yang menjadi salah satu penyebab mengapa sepatu yang kita kenakan sering mengeluarkan aroma yang tidak sedap dan menyengat. Nah, agar kaki serta sepatu yang kita kenakan aman dari bakteri, anda wajib mengatahui tips - tips jitu untuk menghilangkannya. Dengan demikian anda tidak perlu lagi minder atau malu saat ngumpul dengan teman atau mengunjungi rumah kerabat yang mengharuskan melepaskan alas kaki.

Cara menghilangkan bau sepatu dengan cepat dan mudah akan kami bahas pada kesemapatan kali ini. Praktek yang digunakan dalam metode ini sebenarnya cukup mudah, dan bahan yang digunakannya pun sangat mudah ditemukan. Berikut beberapa tips untuk menghilangkan bau pada sepatu yang wajib anda ketahui.

Cara Menghilangkan Bau Sepatu Dengan Cepat Dan Mudah


1. Merendam Kaki Dengan Teh


Merendamkan kaki pada teh membantu menutupi pori - pori pada kaki, sehingga dapat mengurangi jumlah produksi keringat. Selain itu, teh juga merupakan bahan alami yang berfungsi sebagai antibiotik yang dapat membunuh kuman pada kaki.

Caranya, didihkan air 500 ml selama kurang lebih 15 menit, setelah didih masukkan 2 kantong teh, selanjutnya tambahkan air dingin sebanyak 2 liter dan tuangkan pada wadah yang lebih besar, Rendamlah kaki pada air teh tersebut selama 30 menit.

Baca Juga : 8 Bau Yang Tidak Disukai Kucing

2. Merendam Kaki Dengan Garam


Selain digunakan sebagai bumbu utama dapur, garam juga merupakan penghilang bau kaki secara alami. Garam berfungsi menyerap kelembaban kulit serta mengurangi jumlah bakteri, sehingga kaki menjadi lebih kering. Caranya, siapkan air hangat pada ember lalu larutkan garam secukupnya, setelah garam benar - benar larut, rendamkan kaki selama 20 menit.

3. Merendam Kaki Dengan Cuka


Tidak hanya garam dan teh saja yang berfungsi menghilangkan bakteri di kaki, namun cuka juga sangat ampuh menghilangkan bakteri serta menyerap kelembaban kulit.
Caranya, campurkan cuka pada ember yang sudah diisi air, lalu rendamkan kaki selama 30 menit. Lakukan cara ini satu kali sehari selama seminggu.

4. Kulit Jeruk


Setelah dicuci, terkadang sepatu masih menyisakan bau. karenanya kita harus mempunyai cara lain untuk benar - benar menghilangkan baunya. Cara lain untuk menghilangkannya adalah dengan cara melatakkan kulit jeruk pada sepatu dan biarkan dalam semalaman. Dengan demikian aroma bau pada sepatu akan menyingkir.

5. Kopi


Tidak hanya teh saja yang ampuh menghilangkan bau sepatu, melainkan kopi juga tidak kalah manfaatnya. Hanya saja cara penggunaanya yang berbeda. Jika teh digunakan untuk perendaman kaki, sedangkan kopi hanya cukup diletakkan pada sepatu. Caranya, bungkus 1 sdm kopi bubuk pada kain, letakkan masing - masing ke dalam sepatu, kemudian jemur dan anginkan, setelah itu, cuci sepatu seperti biasa dengan menggunakan deterjen dan keringkan.

Baca Juga : 5 Tips Bangkitkan Semangat Bekerja Usai Liburan

6. Bedak Bayi


Siapa sih yang tidak suka dengan aroma bedak bayi. Dengan aromanya yang begitu khas, anda dapat menggunakan bedak bayi untuk menghilangkan bau pada sepatu. Caranya, masukkan bedak bayi pada masing - masing sepatu, lalu goyangkan agar menyebar secara merata. Perlu anda ketahui, untuk menaburkan bedak bayi lakukan sehari sebelum anda menggunakan sepatu tersebut.

7. Bawang Putih


Selain rajin membersihkan sepatu, cara lain untuk menghilangkan bau pada kaki adalah dengan merendamkan kaki dengan bawang putih. Bawang putih dapat membantu menghilangkan keringat pada kaki dan membunuh bakteri. Caranya, hancurkan beberapa siung bawang putih lalu campurkan pada bak kecil yang berisi air hangat, selanjutnya rendamkan kaki selama 30 menit.

Demikianlah beberapa tips dari kami bagaimana cara menghilangkan bau pada sepatu. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar