Skip to main content

8 Tips Agar Tidak Iri Hati Kepada Orang Lain

Iri hati atau dengki merupakan perasaan tidak senang apa apabila melihat orang lain bahagia. Rasa iri dan cemburu selalu muncul dan membuatnya merasa sangat tidak nyaman serta terganggu dengan apa yang dimilki oleh orang lain. Jika perasaan iri hati selalu mengganggu hati dan pikiran, maka bukan tidak mungkin orang tersebut akan melakukan tindakan buruk, bahkan diluar dengan apa yang kita pikirkan.

8 Tips Agar Tidak Iri Hati Kepada Orang Lain

Adanya sifat yang merasa tidak puas dengan apa yang ia miliki, merupakan salah satu penyebab mengapa sifat iri hati sering muncul dalam hati dan pikiran. Sifat iri hati akan membuat hidup seseorang tersebut begitu tidak nyaman. Karena energi dan pikirannya terbuang dengan sia - sia hanya untuk memikirkan, mengapa orang lain selalu lebih beruntung dari pada kita.

Sifat iri hati dapat dimilki oleh siapa saja dan tidak memandang usia. Permasalahan iri hati bukanlah penyakit yang hanya dipengaruhi oleh faktor eksternal saja, melainkan faktor internal juga sangat berpengaruh dalam masalah ini. Oleh karenanya perbanyaklah bersyukur atas apa yang telah kita miliki dan sebisa mungkin jagalah hati agar tidak selalu tidak iri dengan kebahagiaan orang lain.

Baca Juga : Tips Mengatur Keuangan Rumah Tangga Yang Baik

Tips agar tidak iri hati kepada orang lain merupakan topik yang akan kami bahas dalam artikel kali ini. Mengingat betapa besarnya bahaya penyakit hati (iri hati) baik bagi kita sendiri maupun bagi orang lain, membuat kami tergerak untuk memberikan solusi agar panyakit hati ini tidak bersarang dalam diri kita. Dan berikut beberapa tips cara menghilangkan iri hati dan dengki menurut islam.

8 Tips Agar Tidak Iri Hati Kepada Orang Lain


1. Jangan bandingkan diri kita dengan orang lain


Cara menghilangkan sifat iri hati menurut islam yang pertama adalah dengan tidak membandingkan diri kita dengan orang lain, apa lagi dalam masalah rizki. Jika selalu menggunakan rumus perbandingan dalam hidup ini, sampai kapan pun tidak akan ada habisnya. Semua manusia mempunyai kelebihan serta kekurangan masing - masing. Begitu juga dengan rizki seseorang, ada yang sukses dalam karirnya sehingga materi bukanlah masalah. Namun ada juga rizkinya pas - pasan sekalipun ia telah bekerja keras, tetapi ia dikaruniai keluarga yang bahagia. Memperbandingkan diri kita dengan orang lain, hanya membuat kita selalu tidak merasa cukup atas karunia yang kita miliki.

2. Mengubah pola pikir


Yang dapat membuat perubahan dalam diri kita adalah diri kita sendiri bukanlah orang lain. Orang lain hanya akan memberikan masukan serta pertimbangan, namun sejatinyanya diri kita lah yang dapat merubahnya, termasuk cara kita berfikir. Mengubah cara berfikir dari yang sebelumnya negatif menjadi positif merupakan cara menghilangkan rasa iri hati. Sangat penting mengubah pola pikir, agar kita lebih nyaman dalam menjalani kehidupan ini.

3. Bersyukur


Dalam islam sudah dijelaskan betapa pentingnya rasa syukur untuk selalu ditanamkan dalam diri kita. Rasa syukur tidak hanya diucapakan dan baru kita sadari saat kita mendapatkan nikmat yang besar. Akan tetapi dapat kita lakukan dengan dari hal yang paling kecil dan kita rasakan setiap jam, menit, detik dan setiap aliran darah kita. Misalkan saja, seperti kita masih bisa bernafas, anggota tubuh lengkap dan semua masih sehat dan aktif. Dengan adanya rasa syukur, maka kita akan selalu merasa cukup dengan apa yang kita miliki dan iri hati dapat terhindarkan.

4. Menghargai diri sendiri


Dari pada selalu iri dengan nikmat yang orang lain miliki, lebih baik kita mulai berfikir positif dan menghargai diri kita sendiri. Jangan selalu menganggap orang lain lebih hebat dari kita, hal tersebut hanya akan menyiksa perasaan dan iri pada orang lain. Hargailah kekurangan dan kelebihan yang kita miliki dan terus berusaha untuk mengembangkan kelebihan itu.

5. Memiliki prinsip hidup yang kuat


Jika kita memiliki prinsip dan komitmen yang kuat dalam hidup, maka perasaan iri hati tidak akan hadir dalam pikiran dan hati kita. Dengan tertanamnya prinsip dan komitmen yang kuat, maka meraih kesuksesan hidup bukanlah suatu hal yang mustahil.

6. Menerima kenyataan


Kenyataan tidak selamanya manis dan tidak selamanya pahit. Semuanya akan berganti sesuai dengan berputarnya waktu. Namun, terkadang kita sulit untuk menerima kenyataan yang jika dilihat cara pandang kita pahit, pada hal semua itu pasti ada hikmahnya. Ketika perasaan sulit untuk menerima terhadap keadaan buruk, maka sifat iri hati akan mudah muncul pada diri kita. Kembalikanlah semua pada sang kholiq dan jangan biarkan perasaan emosi dan berprasangka mengontrol kehidupan kita.

7. Temukan alasan atas munculnya iri hati


Menyelesaikan masalah yang dimulai dari akarnya memang lebih memudahkan kita untuk menyelesaikan masalah tersebut. Jika kita iri terhadap orang lain, temukan dulu apa sih yang membuat kita iri dengan orang tersebut. Jika kenyataannya kita iri dengan sesuatu yang mereka miliki dan belum atau tidak mungkin kita memilikinya, maka mulailah berfikir logis. Tidak semua yang kita inginkan dapat kita miliki. Dan jadikanlah keinginan tersebut menjadi motivasi untuk membuat kita lebih giat lagi dalam mengubah hidup ke arah yang lebih baik.

Baca Juga : 10 Tips Yang Bikin Kamu Sukses Di Usia Muda

8. Jujur


Jujur terhadap permasalahan hidup dan jujur terhadap diri kita sendiri akan sangat membantu kita untuk menghilangkan rasa iri hati. Jika melihat seseorang yang mempunyai posisi yang lebih baik atau lebih tinggi dari kita, maka jujur dan terbukalah pada diri kita sendiri bahwa setiap manusia pasti mempunyai kelebihan masing - masing. Mungkin kita kurang mahir dalam bidang tersebut, namun dalam bidang lain anda pasti lebih unggul dari orang tersebut.

Jangan pernah iri pada kesuksesan yang orang lain miliki, karena kita tidak tau betapa beratnya perjuangan orang tersebut untuk sampai pada titik kesuksesan. Syukuri dengan apa yang kita miliki dan berusaha untuk mengembangkan kemampuan yang telah tuhan anugerahkan kepada kita.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar