Skip to main content

Amalan Mempermudah Proses Persalinan/Melahirkan Dari Rasulullah SAW.

Ketika mendekati persalinan para calon ibu akan dilanda rasa kecemasan yang teramat sangat, karena mereka akan berjuang antara hidup dan mati dengan sakit yang tiada tara. Tiada daya dan upaya yang bisa mempermudah proses persalinannya kecuali pemilik jiwa ini yakni Allah SWT.  Kesulitan dan kepayahan mereka  para perempuan yang akan melahirkan digambarkan oleh Allah dalam Al-Qura'an surat Maryam ayat 22-23 yang menggambarkan tentang kondisi siti Maryam yang akan melahirkan Nabi Isa As.


فَحَمَلَتْهُ فَانْتَبَذَتْ بِهِ مَكَانًا قَصِيًّا (٢٢) فَأَجَاءَهَا الْمَخَاضُ إِلَى جِذْعِ النَّخْلَةِ قَالَتْ يَا لَيْتَنِي مِتُّ قَبْلَ هَذَا وَكُنْتُ نَسْيًا مَنْسِيًّا  (٢٣

“Maka Maryam mengandungnya, lalu ia mengasingkan diri dengan kandungannya itu ke tempat yang jauh. (QS. 19:22) Maka rasa sakit akan melahirkan anak memaksa ia (bersandar) pada pangkal pohon kurma, ia berkata: ‘Aduhai, alangkah baiknya aku mati sebelum ini, dan aku menjadi sesuatu yang tidak berarti, lagi dilupakan.’” (QS. Maryam: 22-23).

Amalan Mempermudah Proses Persalinan/Melahirkan Dari Rasulullah SAW.

Walaupun saat ini banyak metode persalinan normal yang bisa mengurangi rasa sakit namun biayanya masih sangat mahal dan belum bisa dijangkauan untuk keluarga menengah ke bawah. Memang banyak iktiar tanpa melalui proses ini juga bisa mempermudah persalinan kami telah mengupasnya secara detail pada artikel : 10 Tips Agar Melahirkan Normal Dan Cepat

Namun selain iktiar secara dhahir jangan pernah meninggalkan iktiar secara bathiniah yaitu dengan cara bertaqarrub dengan cara mengamalkan amalan yang telah diajarkan oleh Rasulullah SAW untuk mempermudah persalinan. Dimana amalan ini disebutkan oleh Ibnu Taimiyah dalam kitab Al-Kalim Ath-thayyib yang diriwayatkan oleh Ibnus Sunni dimana amalan yang diajarkan Rasulullah ini pernah beliau lakukan pada saat putri tercinta beliau akan melahirkan. Pada saat itu Rasulullah menyuruh Ummu Salamah dan Zainab Binti Jahsy untuk datang dan membaca ayat Kursi, Ayat 54 surat Al'A'raf, ayat 3 surat Yunus dan Mua'awwazatain (Surat Al Falaq dan Surat An-Nas).

Selain amalan ada juga hadist yang juga diriyatkan oleh Ibnu Sunni dan Ibnu Abbas RA. Yang ditulis dalam kitab Amalul Yaumi Wal Lailah, apabila seseorang mengalami kesulitan dalam melahirkan hendaknya suami yang mendampingi mengambil mangkuk kemudian menuliskan didalamnya ayat ayat dari surat Al-Qur'an berikut : Al-Ahqaf ayat 35, Surat An-Nazi'at ayat 46 setelah selesai diberi air kemudian mengusapkan kepada perut dan menyiramkannya pada kemaluan istrinya.

Baca Juga : 5 Hal Penting Yang Harus Dilakukan Ibu Hamil Agar Persalinannya Selamat Dan Lancar

Demikianlah amalan yang telah diajarkan oleh Rasulullah SAW. Pada saat seperti ini calon ibu harus banyak banyak memanjatkan doa dan memperbanyak dzikir kepada Allah agar diberi keselamatan baik dirinya maupun anak yang ada di dalam kandungannya, selain itu juga dianjurkan memperbanyak istighfar dan bertaubat kepada Allah. Anda juga bisa menyarankan untuk teman anda yang akan melahirkan karena kemungkinan mereka tidak tahu sehingga kita bisa memberikan kemanfaatan kepada orang lain.

Semoga dengan pelantara amalan ini Allah memperlancar persalinan anda dan diberi kekuatan untuk menanggung segala rasa sakit dan kepayahan semoga Allah mengganti semuanya dengan Syurganya kelak di hari kiamat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar