Skip to main content

Amalan Utama Bulan Muharram Sesuai Sunnah

Muharram adalah bulan pertama dalam hitungan kalender hijriyah. Dan bila sudah sampai bulan ini maka umat Islam di seluruh dunia akan merayakan pergantian tahun baru. Dan perayaannya berbeda dengan perayaan tahun masehi yang lebih cendrung ke arah hiburan, perayaan tahun tahun baru Islam lebih kepada melakukan amalan yang sesuai sunnah yang diajarkan oleh Baginda rasululllah SAW.

Amalan Utama Bulan Muharram Sesuai Sunnah

Dalam Islam ada 4 bulan yang di muliakan oleh Allah SWT yang namakan dengan bulan Hurum yaitu bulan Dzulkaiddah, Dzulhijjah, Muharram dan bulan Rajab. Bulan Muharram juga disebut dengan Syarullah (Bulannya Allah) karena ada banyak kemuliaan didalamnya.

Seorang sahabat Rasulullah Abu Usman An-Nahdi mengatakan bahwa para ulama' salaf terdahulu mengagungkan sepuluh hari yang utama, pertama sepuluh akhir dari bulan ramadhan, sepuluh Pertama bulan Dzulhijjah dan sepuluh pertama dari bulan Muharram.

Baca Juga : Amalan Agar Rezeki Dilancarkan Langsung Dari Rasulullah SAW

Nah bagi anda yang ingin meniru pada ulama' salaf inilah kesempatan anda untuk meniru mereka karena kini anda sudah berada di penghujung tahun hijriyah 1440 dan akan memasuki awal tahun 1441. Lakukan beberapa amalan berikut ini dimana amalan ini sangat utama di lakukan sejak 1 Muharram hingga 10 Muharram.

Amalan Bulan Muharram Sesuai Sunnah


1. Menyantuni Anak Yatim


Pada bulan yang mulia ini umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak sedekah kepada fakir miskin dan anak yatim utamanya pada tanggal 10 Muharram. Memperbanyak sedekah memang tidak harus menunggu momen momen tertentu namun dalam kitab Tanbihul Ghafilin dijelaskan bahwa barang siapa yang menyantuni anak yatim dan mengusap kepalanya pada tanggal tersebut akan diangkat derajatnya oleh Allah SWT.

من مسح يده على رأس يتيم يوم عاشوراء رفع الله تعالى بكل شعرة درجة

“Siapa yang mengusapkan tangannya pada kepala anak yatim, di hari Asyuro’ (tanggal 10 Muharram), maka Allah akan mengangkat derajatnya, dengan setiap helai rambut yang diusap satu derajat.”

2. Puasa



Dalam sebuah hadist diterangkan bahwa puasa paling utama setelah bulan Ramadhan adalah puasa pada bulan Muharram

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

أَفْضَلُ الصِّيَامِ بَعْدَ رَمَضَانَ شَهْرُ اللَّهِ الْمُحَرَّمُ

Puasa yang paling utama setelah puasa Ramadhan adalag puasa pada bulan Muharram.

Jadi jika anda ingin mendapatkan keutamaan di bulan ini maka perbanyaklah puasa utamanya pada 1-10 Muharram, namun perlu diingat bahwa Rasulullah tidak pernah melaksanakan puasa 1 bulan penuh kecuali hanya pada bulan ramadhan saja. Ada 2 hari yang sangat dianjurkan untuk melaksanakan puasa di bulan Muharram, pertama adalah puasa 'Asyura (10 Muharram) dan  Tasu'a (9 Muharram).

Adapun lafal niat bagi anda yang akan berpuasa di kedua hari tersebut adalah sebagaimana berikut

Niat Puasa 'Asyura

نَوَيْتُ صَوْمَ عَشُرَ سُنَّةَ ِللهِ تَعَالَى

"Nawaitu sauma Asyuro sunnatal lillahita’ala"

Artinya: Saya niat berpuasa pada hari asyura , sunnah karena Allah ta’ala.

Niat Puasa Tasua'

نَوَيْتُ صَوْمَ تَاسُعَاءْ سُنَّةَ ِللهِ تَعَالَى

"Nawaitu sauma tasu'a sunnatal lillahita’ala"

Artinya: Saya niat berpuasa pada hari tasu’a, sunnah karena Allah ta’ala.

Fadilah Puasa Asyura' Dan Tasu'a 


Adapun Fadilah Puasa Asyura' adalah Allah akan menghapus dosa dosa yang melaksanakan setahun yang lalu, jadi kalau kita ingin dosa dosa kita utamanya yang kecil kecil ingin diampuni oleh Allah SWT maka berpuasalah dihari itu. Salah seorang sahabat Abu Qotadah Al Anshoriy berkata, "Nabi shallallahu’alaihi wa sallam ditanya mengenai keutamaan puasa Arafah? Beliau menjawab, "Puasa Arafah akan menghapus dosa setahun yang lalu dan setahun yang akan datang."

Beliau juga ditanya mengenai keistimewaan puasa Asyura? Beliau menjawab, "Puasa Asyura akan menghapus dosa setahun yang lalu." (HR. Muslim no. 1162).

Sedangkan untuk hari tasu'a sebenarnya hari ini adalah untuk membedakan antara puasanya orang yahudi dengan orang Islam, karena dalam akar sejarahnya rasulullah SAW memerintahkan umat Islam saat itu karena menggap umat Islam lebih berhak berpuasa pada tanggal 10 Muharram daripada orang yahudi. Karena pada hari tersebut umat yahudi berpuasa karena terbebasnya Nabi Musa dari kerajaan raja Fir'aun dan balatentaranya.


Nah itulah amalan amalan utama dalam bulan Muharram yang bisa anda lakukan, selain keduanya dianjurkan juga memperbanyak amal shaleh karena pada bulan bulan yang dimuliakan pahala 
berbeda dengan bulan biasa. 
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar