Skip to main content

Cara Membedakan Daging Sapi dan Kambing Yang Masih Mentah

Saat Idul Adhah umat Islam yang berkemampuan dianjurkan untuk melaksanakan kurban, ada 3 hewan yang boleh di jadikan hewan kurban menurut kesepakatan ulama' yaitu kambing, sapi dan unta dengan ketentuan aturan yang telah disyariatkan dari segi umur dan sebagainya. Ketika Idul Adhah tiba banyak sekali orang yang membagikan hewan kurban.  Karena pembagiannya dalam keadaan masih mentah tentulah kita sulit membedakan mana daging sapi dan kambing.

Cara Membedakan Daging Sapi dan Kambing Yang Masih Mentah

Dan bagi mereka yang dianjurkan tidak mengkonsumsi daging kambing karena riwayat penyakit yang diderita seperti kolestrol, darah tinggi dan sebagainya tentulah ini sangat menghawatirkan. Sehingga mereka lebih memilih tidak mengkonsumsinya daripada salah yang bisa berakibat fatal pada dirinya. Sebenarnya antara kedua daging tersebut sangat mencolok lo perbedaannya jadi bisa kok untuk membedakannya walau daging keduanya di campur dalam keadaan masih mentah.

Baca Juga : Benarkah Makanan Yang di Bakar Meningkatkan Resiko Kanker ? Ini Penjelasanya !

Hampir daging semua hewan memiliki perbedanaan yang mencolok baik dari segi tekstur daging, warna, maubun aromanya. Jadi ini informasi yang akan kami bagikan nanti juga bermanfaat dalam kehidupan sehari hari anda utamanya para ibu yang sering membeli daging ke pasar. Saat ini memang banyak sekali penipuan yang dilakukan para penjual daging ngakunya daging sapi tapi yang dijual malah daging babi. Nah bagi ibu yang cerdas harus bisa membedakannya setelah membaca artikel saya ini.

Cara Membedakan Daging Sapi dan Kambing Yang Masih Mentah


1. Dari Segi Warna


Mengenai tentang warna kedua daging hewan ini ada perbedaan yang mencolok. Jika kita perhatikan dengan seksama bahwa untuk daging sapi biasanya warnanya agak merah pucat dan jika dibiarkan dalam waktu yang agak lama maka warnanya cendrung merah kecoklatan  sedangkan untuk daging kambing dagingnnya merah segar  dan jika dibiarkan dalam waktu yang agak lama maka akan berwarna merah agak kecoklatan atau ungu.

2. Dari Segi Tekstur


Anda juga bisa membedakan tekstur kedua daging tersebut, perbedaannya kalau daging kambing teksturnya lebih halus dan lembut dengan serat yang lebih renggang sedangkan daging sapi kebalikannya teksturnya lebih kasar karena seratnya yang lebih kedap dan padat dan pada sela sela dagingnya terdapat lemak.  Dan perbedaan tekstur ini bisa menjadi acuan jika daging keduanya sudah beku karena sudah tersimpan di lemari es.

3. Segi Segi Bau


Perbedaan ini agak segi mencolog dari keduanya karena daging kambing itu identik dengan bau yang prengus oleh karenanya harus baik dalam pengeloalaannya agar baunya tidak begitu terasa, tapi bau prengus ini tidak terjadi pada domba hanya jenis kambing saja. Sedangkan untuk bau daging sapi baunya amis dan untuk menghilangkan baunya juga perlu cara masak yang baik pula.

Baca Juga : 5 Cara Mudah Merebus Daging Agar Empuk dan Tidak Bau Amis

Nah itulah cara membedakan antara daging kambing dan sapi yang masih mentah. Anda juga bisa membedakannya ketika daging keduanya sudah di masak kalau daging kambing walaupun tanpa bumbu aromanya sangat nendang dan terasa enak namun sebaliknya kalau daging sapi setelah dimasak dagingnya lebih empuk dari kambing.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar