Skip to main content

Cara Mengatasi Gigitan Ular Berbisa dan Mematikan

Ular merupakan salah satu binatang liar, berbisa dan cukup membahayakan. Meski tidak semua ular berbisa, namun kita harus tetap berhati - hati. Ular banyak ditemukan di negara yang beriklim tropis seperti indonesia. Di indonesia sendiri diperkirakan ada 348 jenis ular dan 76 diantaranya berbisa dan mematikan diantaranya ular weling, ular kobra, vipers dan masih banyak yang lainnya.

Cara Mengatasi Gigitan Ular Berbisa dan Mematikan

Umumnya ular menggigit saat aktif, yaitu pada waktu pagi dan sore hari. Minimnya pemahaman masyarakat tentang penanganan korban gigitan ular, membuat angka kematian karena gigitan ular terus naik setiap tahunnya. Gigitan ular tetaplah berbahaya apakah itu berbisa atau tidak. Gigitan ular berbisa merupakan sebuah darurat medis, karena dapat menyebabkan syok bahkan kematian. Namun jika ular tersebut tidak berbisa bekas gigitannya bisa menjadi tetanus atau infeksi bakteri yang serius.

Gigitan ular berbisa dapat menyebabkan di tempat gigitan dan gangguan sistematik lainnya. Gejala yang terjadi ditempat gigitan biasanya terjadi antara 30 menit sampai 24 jam, seperti nyeri, timbul bercak keburuan dan bengkak. Tak hanya itu saja, gigitan ular juga dapat menimbulkan gejala yang lebih serius lagi seperti, berkeringat, mual, muntah, menggigil, kelemahan otot, pandangan kabur dan nyeri pada kepala. Oleh sebab itu, pertolongan pertama pada korban gigitan ular sangat penting untuk dilakukan.

Baca Juga : 11 Cara Mudah Mengusir Tikus Dari Rumah Dengan Menggunakan Bahan Tradisional

Jangan lakukan untuk menyedot racunnya karena hal itu tidaklah menyebuhkannya bahkan hal tersebut bisa berisiko terkena racun melalui mulut anda. Nah lalu  apa saja langkah yang harus dilakukan jika menemukan seseorang di gigit ular, akan kami bahas pada kesempatan kali ini. Berikut cara mengatasi gigitan ular berbisa yang dapat anda coba.

Cara Mengatasi Gigitan Ular Berbisa dan Mematikan


1. Pastikan Korban Tidak Bergerak Sama Sekali


Tetapkan posisi korban pada posisi tidak bergerak sama sekali, karena pergerakan otot akan membuat kalenjer geta bening menyebarkan bisa ular. Letakkan tempat gigitan ular lebih rendah dari posisi tubuh lainnya. Untuk membuat area gigitan ular tidak bergerak tidak harus menggunakan alat canggih.Kita dapat menggunakan alat seadanya saja, seperti kayu, kulit kayu, kardus, gedebog pisang. benda tersebut kita manfaatkan untuk menahan bagian yang tergigit ular.

Jika ular menggigit korban pada bagian tangan, ikat tangan seperti menangani patah tulang dan jangan mengangkat tangan sejajar dengan jantung, apa lagi jika diposisikan lebih tinggi dari pada jantung. Jika ular menggigit bagian kaki, bidai ujung jari sampai pangkal paha, agar kalenjer getah bening pada otot tidak bergerak.

2. Hindari Kompres Dengan Dingin Atau Es


Petunjuk selanjutnya adalah tidak mengompres korban dengan air dingin atau es batu. dan hindari juga menyanyat gigitan ular dengan pisau. Karena ada yang beranggapan hal tersebut merupakan obat benegkak digigit ular secara alami. Dan pada kenyataannya cara tersebut justru akan lebih membahayakan si korban.

3. Melepaskan Aksesoris


Untuk menghilangkan bengkak akibat ular, lepaskan aksesoris atau pakain yang ada di area tempat gigitan.

4. Segera Cari Pertolongan Medis


Jika langkah - langkah diatas sudah dilakukan, jangan buang - buang waktu dan segeralah membawa korban pada rumah sakit terdekat. Dan misalkan penolong sempat melihat ular yang menggigit, sampaikan ciri - ciri ular tersebut pada petugas medis. karena gejala yang timbul pada setiap ular berbeda - beda. Dan obat digigit ular hijau, tanah, kobra maupun jenis ular berbisa lainnya juga berbeda. Di rumah sakit korban akan diberikan penanganan yang terbaik.

Baca Juga : 8 Cara Mengusir Kucing Dari Rumah Yang Ampuh Agar Tidak Kembali Lagi

Perlu anda ketahui jika bahaya yang timbul peda korban tidak memandang ular tersebut besar atau kecil. Jika ular tersebut berbisa maka akan menyisakan bekas serta efek samping yang sangat serius. Menolong orang yang digigit ular membutuhkan keberanian dan merupakan sifat yang sangat terpuji.

Tips Langkah Preventif Agar Terhindar Dari Gigitan Ular


Untuk menghindari gigitan ular langkah pencegahannya adalah dengan menghindari kontak dengan ular manapun jika bertemu dengan mereka sebaiknya ambil langkah menghindar. Namun jika anda banyak melakukan aktifitas di daerah daerah yang rawan dengan ular seperti berpetualangan sebaiknya gunakan celana panjang dan sepatu gunung yang tinggi. Buatlah banyak kebisingan dan getaran saat berjalan agar mereka menjauh dari anda.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar