Skip to main content

Cara Mengatasi Tangan Berkeringat Terus Menerus Dengan Bahan Alami

Mengeluarkan keringat berlebih di telapak tangan secara teknis disebut hiperhidrosis di telapak tangan. Keringat adalah proses normal dimana tubuh sedang berusaha mengatur suhunya. Namun, yang menjadi masalah jika tangan mengeluarkan keringat terus menerus. pastinya kondisi tersebut menyulitkan kita dalam melakukan sebagian aktivitas seperti, menyetir, menulis, memegang kertas, saat main hp, dll.

Cara Mengatasi Tangan Berkeringat Terus Menerus Dengan Bahan Alami

Umumnya kondisi ini terjadi saat seseorang berumur sekitar 13 tahun dan terus berlanjut sepanjang hidupnya. Namun ada juga yang terjadi pada anak dan bayi. Meski mengeluarkan keringat berlebih di telapak tangan, sering kita menganggap kondisi ini sebagai hal yang sepeleh, namun pada kenyataannya keadaan seperti ini membuat kita malu dan dapat mengganggu aktivitas. Sebagai contoh, ketika anda ingin berjabat tangan dengan seseorang, sebelumnya anda harus mengelap telapak tangan untuk menyeka keringat.

Kenapa Tangan Berkeringat ?


Sebagaiman yang sudah dijelaskan berkeringat sebenarnya merupakan proses yang normal terjadi karena ini merupakan cara tubuh untuk mendinginkan dan menjaga termoregulasi. Namun bagi mereka yang berlebih (hiperhidrosis) keringat yang dikelurkan melebihi yang diperlukan. Dan hiperhidrosis ini paling umum terjadi pada bagian tangan. Dan mungkin anda akan bertanya gejala penyakit apa yang terjadi saya?

Sebenarnya ada banyak hal yang bisa menyebabkan tangan seseorang selalu berkeringat. Diantaranya karena faktor genetik, Anda sedang stress, fobia (ketakutan yang berlebih) namun mengeluarkan keringat berlebih juga bisa menjadi gejala - gejala masalah kesehatan yang serius. Sebut saja seperti, kelainan sistem saraf, kondisi gula darah rendah, menopause, tiroid yang terlalu aktif dan serangan jantung. karenanya, kondisi seperti ini harus segera diatasi.

Baca Juga : 10 Makanan Murah Meriah Yang Dapat memperlancar Sirkulasi Darah

Cara mengatasi tangan berkeringat dapat anda lakukan dengan cara berkonsultasi langsung dengan dokter atau dengan cara menggunakan bahan alami yang efektif bisa menyembuhkannya. Jika anda tertarik dengan penggunaan bahan rumahan yang tentunya lebih ekonomis, berikut beberapa langkah dan bahan yang wajib anda ketahui.

Cara Mengatasi Tangan Berkeringat


1. Teh hitam


kantong teh hitam yang biasa anda buang setelah digunakan untuk membuat segelas teh, ternyata tidak hanya dapat kita gunakan untuk mencerahkan wajah serta mengurangi tumbuhnya jerwat saja. Bahan ini juga dapat kita manfaatkan untuk mengatasi keringat berlebih di tangan.

Asam tannic yang terkandung dalam teh memiliki sifat antipersiprant dan astringent dapat membantu menyempitkan kalenjer keringat. Sehingga dapat mencegah kelenjar untuk menghasilkan keringat berlebih. Caranya, genggam kantong teh basah pada tangan yang berkeringat selama beberapa menit dan lakukan cara ini setiap hari.

2. Daun Sage


Selain dapat mengurangi bau tak sedap yang disebabkan oleh keringat, daun sage juga dapat menghilangkan keringat di tangan dan kaki secara permanen. Zat yang terkandung dalam daun sage mampu mengurangi produksi minyak berlebih pada kulit serta mencegah timbulnya keringan berlebih pada tangan.

Caranya, masukkan segenggan daun sage yang telah dibersihkan ke air panas, setelah airnya hangat rendamkan tangan anda ke dalam air tersebut selama 20 menit dan dapat anda lakukan 1 - 2 kali dalam sehari.

3. Cuka apel


Salah satu manfaat cuka apel adalah menyeimbangkan kadar pH tubuh dan membantu mengatasi keringat berlebih pada telapak tangan dengan cara mengecilkan pori - pori di kulit anda.
Caranya, terlebih dahulu bersihkan telapak tangan anda, selanjutnya oleskan cuka apel pada telapak tangan dengan menggunakan kapas, biarkan selama semalaman dan bersihkan pada keesokan harinya.

4. Tomat


Obat alami untuk menghilangkan keringat berlebih pada tangan yaitu dengan menggunakan sari tomat. Tomat memiliki efek mendinginkan pada kulit, sehingga dapat mengurangi keringat.
Caranya, gosokkan sari tomat atau irisan tomat pada telapak tangan, diamkan selama 15 menit, selanjutnya bilas dengan air bersih dan lakukan cara ini 1 - 2 kali sehari. Dengan tomat keringat berlebih pada tangan dapat diatasi.

5. Dengan Jahe


Selain tomat, menghilangkan keringat di tangan secara alami juga dapat anda lakukan dengan menggunakan jahe. Zat yang terkandung dalam jahe berfungsi untuk menghilangkan keringat berlebih pada tangan dan kaki.

Caranya, Sediakan jahe lalu dipotong dan di tumbuk hingga halus, kemudian tumbukan jahe direndam pada air hangat sekitar 10 - 15 menit, selanjutnya oleskan air rendaman tersebut pada tangan dan kaki sebelum tidur dan biarkan selama semalaman.

6. Kurangi Stres


Pernahkah anda mengalami tangan berkeringat atau basah saat tes? Kondisi seperti itu mungkin sering terjadi pada sebagian orang. Timbulnya keringat berlebih pada tangan juga dapat disebabkan oleh stres dan kecemasan yang berlebih. Jika hal tersebut terjadi pada anda, maka cobalah untuk melakukan sesuatu yang membuat anda lebih rileks dan santai. Misalkan dengan mendengarkan musik, menarik nafas dalam - dalam, mengingat sesuatu yang indah  dll.


7. Mengkonsumsi Makanan yang Mengandung Magnesium dan Vitamin B


Selain disebabkan stres, keringat berlebih juga disebabkan kurangnya magnesium dan vitamin B pada tubuh anda. Oleh sebab itu, sangat penting untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak magnesium, seperti pisang, kacang - kacangan, biji - bijian, sayuran berdaun hijau, kacang almond, alpukat dll. sedangkan makanan yang menjadi sumber vitamin B diantaranya, terul, ikan, sereal gandum utuh dan daging unggas.

Baca Juga : 10 Makanan Penambah Berat Badan, Cocok Buat Kamu Yang Kurus

8. Bedak Bayi


Siapa sih yang tidak suka dengan aroma khas bedak bayi. Selain harum, bedak bayi juga dapat kita jadikan sebagai solusi untuk menghilangkan keringat berlebih pada tangan. penggunaan bedak bayi dapat dibilang sebagai cara yang paling mudah dan praktis dibanding cara - cara sebelumnya. bedak bayi bekerja sebagai antiperspirant alami yang membantu menyerap kelembaban dan serta menjaga tangan bekeringat. Caranya, taburkan bedak bayi pada tangan secukupnya, lalu ratakan secara merata.

mengunjungi dokter wajib anda lakukan jiak ternyata kondisi tersebut berlebihan dan disertai keluhan lain. Demikianlah beberapa tips untuk menghilangkan keringan berlebih pada tangan. Semoga bermanfaat untuk semua.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar