Skip to main content

Cara Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Dengan Optimal


Memiliki siswa yang berprestasi merupakan keingin semua lembaga pendidikan. Namun ini tidak mudah perlu adanya sinergi dari semua komponen sekolah dari mulai guru, wali siswa, dan siswa serta stakeholder lainnya yang terlibat di dalamnya. Jika semuanya bahu membahu dengan optimal mewujudkan siswa yang berprestasi bukanlah hal yang mustahil.

Cara Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Dengan Optimal

Pada zaman modern ini tantangan untuk menciptakan budaya prestasi di sekolah sangatlah sulit. Banyak siswa yang sudah terkontaminasi dengan pergaulan yang buruk dan kecanduan gadgate sehingga membuat semangat belajar mereka rendah. Keduanya masalah ini menjadi salah satu indeks pendidikan di Indonesia terus mengalami penurunan. Jika ini terus dibiarkan tanpa melakukan perbaikan maka akan menyebabkan kehancuran generasi bangsa ini.

Peran sekolah sangat penting untuk membentuk mereka menjadi orang orang yang berprestasi. Sekolah harus memiliki strategi yang jitu bagaimana cara meningkatkan prestasi mereka. Beberapa contoh cara dibawah bisa diterapkan.

Cara Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Dengan Optimal

1. Membuat Guru Termotivasi

Guru merupakan ujung tombak agar siswa dan siswi anda menjadi berprestasi. Guru harus memiliki semangat dan professionalisme yang tinggi. Jika di ibaratkan guru ini bagaikan nahkoda yang mengarahkan kemana kapal akan berlayar dan mencapai tujuan yang diinginkan. Guru memegang kendali penuh yang menuntun siswa,jadi perannya tidak hanya mentransfer ilmu saja tapi lebih dari itu, salah satunya yaitu mendidik dan memotivasi siswa agar semangat dalam mengejar prestasi dalam pendidikannya. 

Jika gurunya saja tidak semangat lalu bagaimana dia akan memotivasi siswa? Oleh karena itu sangat penting untuk membuat para guru termotivasi dalam memberikan pendidikan yang terbaik bagi siswa disekolah. Adakan pelatihan bagi mereka dan motivasilah terus semangat dan berilah penghargaan terhadap kinerja mereka. 


2. Fokus Kepada Kurikulum

Kurikulum yang terfokus dapat membantu memajukan sekolah dalam segala bidang termasuk meningkatkan prestasi siswa. Arti fokus ke kurikulum ini adalah upaya untuk melaksanakan semua kebutuhan akademik siswa baik dari segi akademik maupun non akademiknya. Salah satu program yang bisa dilakukan selain jadwal harian disekolah bisa menambah bimbingan belajar secara intensif baik untuk siswa yang berprestasi atau bagi siswa yang kemampuannya akademiknya rendah.

Jadi sekolah harus memiliki perencanaan yang matang tentang kurikulum ini agar semua proses pendidikan berjalan dengan lancar dan kondusif. Banyak pakar yang mengatakan bahwa kurikulum adalah jantung pendidikan baik buruknya sekolah tergantung bagaimana penerapan kurikum di sekolah itu.

3. Libatkan Peran Wali Siswa

Pendidikan Indonesia telah memandang penting keterlibatan wali siswa dalam pendidikan sekolah yang dituangkan melalui permendikbud Nomer 30 Tahun 2017. Peran orang tua sangat membantu untuk meningkatkan prestasi siswa. Karena sekolah tidak bisa memantau perkembangan siswa selama 24 jam. Bahkan orang tualah yang lebih banyak berperan karena siswa hanya belajar 8 jam saja disekolah selebihnya mereka menghabiskan hari harinya dirumah. 

Jika orang tua memiliki peran untuk membantu sekolah mewujudkan prestasinya tentunya mereka juga akan  mengontrol cara belajarnya dirumah. Sementara ini campur tangan wali siswa dalam sekolah hanya seputar hal administrasi, sosialisasi program dan permasalahan anak saja sedangkan perihal perkembangan anak disekolah sangat jarang dilakukan secara intensif dengan wali siswa.

4. Keterlibatan Siswa

Sementara ini siswa hanya menjadi obyek transfer ilmu, jarang sekali sekolah yang melibatkan siswa dalam banyak hal utamanya di jenjang kalangan pendidikan di bawah SMA dengan alasan mereka belum mampu melakukannya. Padahal jika melibatkan mereka dalam banyak hal tidak akan membentuk kemandirian mereka dalam segala hal. 

Utamanya keterlibatan mereka dalam proses belajar mengajar lakukan pembelajaran intraktif yang menumbuhkan keterlibatan mereka sehingga mereka akan termotivasi dan semangat dalam belajar dan biarkan mereka membantu temannya yang lainnya untuk memahami materi yang disampaikan dengan begitu penguasaan materi akan merata dan prestasi siswapun akan tercapai.


5. Fasilitas Belajar Yang Memadai

Salah satu upaya sekolah agar siswa dan siswa mereka berprestasi adalah menyediakan fasilitas pendidikan yang memadai seperti perpustaakaan, laboraturium dan bagainnya. Coba anda bandingkan prestasi sekolah yang memiliki fasilitas lengkap dengan yang tidak tentunya prestasinya lebih baik. Dengan adanya fasilitas mampu menambah kemandirian siswa untuk belajar secara mandiri dengan begitu pengetahuan merekapun akan semakin bertambah.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar