Skip to main content

Komsumsi 6 Makanan Ini Agar Tidak Digigit Nyamuk !

Gigitan nyamuk tidak hanya mengganggu jam istirahat, namun juga dapat menyebabkan gangguan kesehatan seperti, gatal - gatal, bentol, meninggalkan bekas luka hingga demam berdarah dan malaria. Diketahui ada banyak faktor yang dapat meningkatkan resiko nyamuk menggigit, diantarnya ketika anda berkeringat, aroma badan ibu yang sedang hamil, dan banyak yang lainnya.

Komsumsi 6 Makanan Ini Agar Tidak Digigit Nyamuk !

Saat ini memang banyak produk yang menawarkan bagaimana cara mengusir nyamuk, seperti lotion anti nyamuk, obat nyamuk bakar, semprotan dll. Akan tetapi penggunaan beberapa produk tersebut dikhawatirkan membuat kita terpapar oleh bahan kimia yang terkandung dalam produk tersebut. Yang menjadi pertanyaan apakah alternatif lain yang lebih efektif untuk mengusir nyamuk?

Baca Juga : Cegah Demam Berdarah ! Begini 8 Cara Mengusir Nyamuk Di Rumah Dengan Bahan Alami

Terlepas dari penggunaan beberapa produk obat untuk menghindari nyamuk, kita dapat mengusir nyamuk dengan cara mengkonsumsi makanan tertentu. Dengan demikian tubuh akan memproduksi aroma yang sangat tidak disukai nyamuk, dan nyamuk pun akan menghindar dengan sendirinya.

Makanan yang bisa mencegah gigitan nyamuk terdiri dari beberapa bahan rempah dan buah - buahan. Dengan mengkonsumsi beberapa aneka makanan tersebut dipercaya dapat mencegah dari gigitan nyamuk yang dapat membahayakan. Lalu apa saja daftar makanan tersebut?

6 Makanan Yang Bisa Anda Konsumsi Untuk Mencegah Digigit Nyamuk


1. Serai


Daftar makanan pertama agar tidak di gigit nyamuk adalah serai. Serai mengandung citronella, yang mana kandungan tersebut dapat merupakan zat yang tidak disukai nyamuk. Dengan anda mengkonsumsi serai maka tubuh anda akan menghasilkan aroma yang tidak disukai nyamuk. Jika mengkonsumsi serai terlalu berat untuk anda lakukan karena aromanya yang menyengat. Anda dapat memotong tipis beberapa batang serai, lalu taruh potongan serai tersebut di kolong tempat tidur.

2. Tomat


Tomat merupakan bahan alami yang sangat ampuh untuk menjaga kesehatan mata. Namun tahukah anda jika dengan rutin mengkonsumsi tomat dapat terhindar dari nyamuk. Tomat mengandung tiamin. senyawa tiamin membuat nyamuk enggan menggigit kita, karena tiamin oleh tubuh kita dapat diolah menjadi senyawa yang nantinya menghasilkan aroma yang tidak disukai nyamuk.


3. Jeruk bali


Jeruk bali merupakan salah satu buah yang tidak disukai nyamuk. Jeruk bali mengandung nootkatone, bahan tersebut sering dijadikan sebagai bahan untuk membunuh serangga dan hama. Agar darah tidak disukai nyamuk, rutinlah mengkonsumsi buah ini. Selain itu, jeruk bali mengandung vitamin, serat dan nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan.

4. Paprika


Paprika adalah jenis sayur yang memberikan sensasi panas saat mengkonsumsinya, karena dalam paprika mengandung capsaisin. hasil panas yang dihasilkan oleh paprika sangat tidak disukai oleh nyamuk.

5. Bawang Putih


Bawang putih merupakan jenis rempah yang banyak mengandung manfaat untuk kesehatan. Aroma yang menyengat pada bawang putih sangat tidak disukai nyamuk. bawang putih mengandung zat alicin, zat tersebut dapat menghasilkan bau khas bagi tubuh, sehingga nyamuk tidak betah jika berdekatan dengan tubuh kita. Bawang putih disarankan untuk dikonsumsi secara mentah, agar khasiatnya lebih maksimal.

Baca Juga : Cara Efektif Mengusir Lalat Dalam Rumah Secara Alami Yang Terbukti Ampuh

6. Kacang - Kacangan


Kacang - kacangan mengandung B1yang baik untuk metabolisme tubuh, membantu kerja sel otot dan asupan bagi sistem saraf. Selain itu, kandungan B1 pada kacang - kacangan juga dapat membantu menyamarkan bau alami tubuh, sehingga cukup efektif jika dijadikan bahan untuk obat nyamuk. Jika anda mengkonsumsi kacang - kacangan, maka secara otomatis manfaat kandungan B1 akan anda dapatkan.

Demikianlah ramuan tradisional agar tidak digigit nyamuk. Supaya tidak digigit nyamuk, rutinlah dalam mengkonsumsi beberapa makanan yang telah kami sebutkan diatas.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar