Skip to main content

Mengukur Kecepatan Website Paling Mudah Dengan 6 Situs Ini

Kecepatan website kini menjadi salah satu indikator sebuah website dipandang baik di mata mesin pencari karena ini selaras dengan keinginan para perselancar di dunia maya. Apapun platform website anda apakah itu berupa blog atau yang lainnya sebaiknya anda harus memperhatikannya kecepatannya mulai sekarang jika anda ingin bersaing di beranda pertama mesin pencari. Karena kecepatan loading sebuah wesbite tidak hanya membuat pengguna internet senang tapi juga meningkatkan search Engine Optimation (SEO), tingkat konversi, dan bounce rate yang rendah dan kriteria ini sangat disukai oleh Google.

Mengukur Kecepatan Website Paling Mudah Dengan 6 Situs Ini

Mengapa kita harus mengacu kepada Google? Alasannya sederhana karena Google merupakan mesin pencari paling populer saat ini. Untuk mendukung ini Google telah meluncurkan fitur ampnya dalam menampilkan website yang memiliki kecepatan dan ini juga telah di dukung beberapa platform dengan menciptkan template yang sesuai dengan keinginan Google ini. Jadi seberapapun berkualitasnya konten dalam website anda jika dalam memuatnya lambat maka perlahan akan ditinggalkan para pengguna dan didepak secara perlahan dari peringkat mesin pencari dan ini merupakan kerugian yang besar.

Baca Juga : Cara Memperkecil Ukuran Foto Di Laptop Paling Mudah

Berdasarkan latarbelakang inilah para pemilik website perlu melakukan cek terhadap websitenya seberapa cepat loadingnya. Kami telah menyediakan 6 situs yang bisa membantu anda mengetahui waktu muat website anda. 6 situs ini merupakan situs paling populer yang banyak digunakan para developer untuk menjadi acuan untuk mengukur kecepatan websitenya.

Mengukur Kecepatan Website Paling Mudah Dengan 6 Situs Ini


1. Google Pagespeed Insights tool


Situs yang satu ini merupakan produk cek kecepatan website milik raksasa teknologi Google. Ini menandakan kalau Google serius dalam menerapkan kecepatan situs dalam teknologi crawl search enginenya. Mengapa saya menaruhnya di nomer pertama karena ini milik Google sang pemilik search engine paling populer saat ini tentunya teknologi pengukuran kecepatannya sudah disesuaikan dengan seach engine mereka. Hasil pengukuran antara teknologi antara ponsel dan desktop di jadikan terpisah. Google Page Speed Insight Tool juga akan merekomendasikan beberapa peluang yang bisa anda optimalkan untuk memaksimalkan kecepatan website anda.

2. GT Metrik


Website kedua yang paling banyak menjadi rujukan pengukuran para pemilik website adalah GT Metrik. Dari segi tampilan hampir sama dengan page speed site tool lainnya yaitu sangat mudah di gunakan, anda tinggal meletakkan URL anda dan klik Test Your Site maka hasilnya akan di tunjukkan dengan cepat dari mulai Performa Score hingga kecepatan loading secara detail. GT Metrik juga juga banyak memberikan informasi tambahan yang bisa membantu anda untuk mengoptimalkan performa kecepatan website anda.

3. Web Page Test


Jika and ingin melihat tampilan kecepatan ketika pertama kali di buka dan dibuka ulang maka anda bisa mencoba Web Page Test. Tool test kecepatan situs ini akan bekerja beberapa kali untuk menampilkan hasil. Anda bisa melakukan beberapa pengujian baik dari lokasi maupun penggunaan browser yang berbeda beda. Nilai akan ditampilakan berupa abjad dari mulai A hingga F untuk beberapa katogori seperti First Byte Time, Keep Alive Enabled, Compress Transfer, Compress Images, Cache Static Content, and Effective Use of CDN. Namun situs ini juga memberikan layanan premium yang lebih komplit dan lebih canggih dari pengujian secara gratis seperti pengujian penampilan video, Java Script dan masih banyak yang lainnya.

Baca Juga : Cara Melihat Spesifikasi Laptop Di Semua Versi Windows, 7, 8 dan 10

4. Pingdom


Dengan mengusung tema Website Performance Monitoring Made Easy situs ini menawarkan kemudahan untuk memonitor kinerja website. Situs ini sangat populer  di luar negeri dan banyak digunakan kalangan prosefesional karena situs ini menyediakan layanan yang tidak biasa disediakan oleh pengukur kecepatan yang gratis. Dengan situs ini anda bisa mengetahui secara instan kinerja website anda secara keseluruhan bahkan hingga ke tingkat persaingan. Anda diberikan pengalaman menjajal situs selama 14 hari secara gratis, tertarik mencobanya? langsung saja akses situsnya.


5. Uptrends


Sebenarnya wesbite yang satu ini adalah layanan berbayar namun anda disediakan untuk menguji kecepatan website anda secara gratis selama 30 hari dengan fitur dasar saja. Fitur website ini sama dengan Pingdom yaitu bisa memantau kinerja website anda secara lebih dalam. Anda bisa melakukan pengujian terlebih dahulu dengan fitur gratisnya jika sudah diketahui masalahnya anda bisa meningkatkan pengecekan dengan berbayar.

6. Varvy Pagespeed Optimization


Website speed test lainnya yang tidak kalah bagusnya adalah Varvy Pagespeed Optimization. Saya telah mencobanya di website www.amatiterus.com Hasil pengujian dari situs ini akan dibagi menjadi 5 bagian yaitu including resource diagram, CSS delivery, JavaScript usage, page speed issues found, and services used. Jadi fiturnya tidak kalah dengan yang lainnya. jadi informasi yang ditampilkan bisa menjadi acuan anda untuk memperbaiki performa website anda lebih lanjut.

Kesimpulan


Nah itulah 6 Situs yang bisa anda gunakan untuk mengetahui berbagai hal dari performa situs anda. Janganlah abaikan masalah pagespeed website anda karena bisa jadi performa yang buruk perlahan lahan akan menjadi mimpi buruk bagi perkembangan website anda dan sulit bersaing di mesin pencari. Tingkatkan dan tingkatkan performa website anda agar semakin disukai para pengguna internet dengan demikian posisi website perlahan juga baik di mata search engine.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar