Skip to main content

Tips Agar ASI Lancar Dan Melimpah

Semua hasil penelitian mengungkapkan bahwa ASI merupakan makan terbaik bagi bayi, kandungan yang ada padanya sangat lengkap dengan kandungan nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tumbuh kembang bayi. Tidak hanya itu ASI adalah sumber makanan yang sesuai dengan fitrahnya sebagai manusia yang paling mudah dicerna dan diterima oleh tubuh, namun sayangnya tidak semua ibu memiliki ASI yang lancar dan melimpah.

Tips Agar ASI Lancar Dan Melimpah

Banyak ibu yang mengalami masalah dengan ini, kemudian tergoda agar beralih untuk menggunakan susu formula. Bagi anda yang baru melahirkan tentunya hal ini menjadi kecemasan tersendiri karena kawatir tidak bisa memberikan ASI padahal anda sendiri mengatahui keunggulannya di banding penggunaan susu formula. Nah dalam artikel ini kami akan membantu anda menghilangkan kecemasan itu dengan memberikan tips yang bisa membuat ASI anda melimpah setelah melahirkan.

Pada hakikatnya ASI terantung pada usaha anda. Semakin banyak usaha yang anda lakukan untuk menghasilkan ASI yang banyak tentunya akan menghasilkan susu yang banyak. Anda harus menjaga ASI anda untuk terus memproduksi karena setidaknya anda harus menyusui hingga umur 2 tahun. Dukungan ASI sangat berperan untuk tumbuh kembang baik secara fisik maupun secara kerohaniannya.

Tips Agar ASI Lancar Dan Melimpah


1. Makan Makanan Yang Bergizi


Pertama yang harus anda lakukan adalah mengkonsumsi makanan yang bergizi, ini tidak hanya dilakukan saat pasca melahirkan namun harus dilakukan pada saat anda hamil. Dalam pengamatan kami rata rata ibu hamil yang tidak suka mengkonsumsi makanan yang bergizi air susunya cepat kering dan bisa habis sama sekali sehingga tidak ada cara lain  selain memberinya susu formula. Beberapa makanan dan buah dapat memperlancar dan membuat ASI melimpah seperti pepaya, wortel , pare, kacang kacangan dan lain sebagainnya.

Jika anda rajin mengkonsumsi makanan makanan yang bergizi tentunya ASI yang anda berikan kepada bayi anda juga berkualitas karena didalamnya terdapat kandungan gizi dari sari makanan makanan yang anda konsumsi dalam setiap harinya. Jika ASI anda saat ini mulai kering karena anda malas dalam mengkonsumsi makanan yang bergizi cobalah anda mendorong diri anda untuk banyak mengkonsumsi buah dan sayuran maka ASI anda akan lancar kembali.

Baca Juga : Bayi Sering Muntah setelah Menyusu, Ini Tips Sederhana yang Terbukti Ampuh Mengatasinya

Lalu bagaimana ketika saat puasa? jika anda memilih tetap berpuasa baik puasa wajib maupun yang sunnah walaupun dalam keadaan menyusui anda bisa menyiasatinya agar produksi ASI anda tetap melimpah, diantaranya adalah tetap konsumsilah makanan yang bergizi saat berbuka dan bersahur. Perbanyaklah minum air putih saat sahur dan minumlah suplemen penambah ASI atau bisa juga anda ganti dengan susu ibu menyusui.

2. Hindari Stress


Saat anda sedang menyusui sebaiknya anda menghindari untuk pikiran dari hal hal yang rumit yang bisa membuat fikiran anda stress. Pengalaman kami beberapa ibu muda mengaku ASI-nya kering lantaran karena terkena masalah keluarga. Oleh karenanya jagalah fikiran anda untuk tetap fresh dan bahagia jikapun anda dirundung masalah tetaplah untuk tenang dan tidak tertekan dengan masalah yang anda hadapi.

3. Lebih Sering Menyusui


Tips selanjutnya lebih seringlah menyusui setiap 2 hingga 3 jam sekali. Sedangkan muntuk bayi yang baru lahir anda bisa menyusuinya 1,5 atau 2,5 jam sekali. Semakin sering anda merangsang puting susu anda bisa mendorong produksi ASI lebih banyak. Hampir 20 % asupan ASI bayi terjadi saat malam hari jadi walaupun anda ngantuk bagaimanapun sebaiknya upayakan untuk bangun menyusuinya agar bayi anda mendapatkan asupan ASI yang cukup. Sebisa mungkin hindarilah penggunaan dot karena jika bayi anda banyak menghabiskan waktu dengan dot maka anda kehilangan banyak kesempatan untuk merangsang pertumbuhan ASI anda.

4. Minumlah Air Yang Banyak


Cara lainnya yang bisa anda lakukan adalah untuk membuat ASI anda melimpah adalah dengan mengkonsumsi banyak air. Cukupilah kebutuhan air dalam tubuh anda sebisa mungkin sesuai standar kesehatan yaitu 8 gelar perhari. Menyusi secara rutin akan membuat anda haus jika anda tidak memperbanyak minum maka juga akan berdampak buruk bagi kesehatan anda seperti sembelit, wasir dan sebagainya selain itu jika anda kekurangan air juga kan menganggu konsentrasi dan fokus anda.

5. Lakukan Pemijatan


Beberapa teknik pemijatan juga bisa memperlancar ASI. Anda bisa melihat beberapa panduan bagaimana cara memijat yang bisa menambah produksi ASI. Anda bisa melakukan pemijatan dengan handuk yang dicelupkan dengan air hangat atau menggunakan minyak baby oil atau yang lainnya. Selain itu upayakan puting susu anda tetap bersih agar saluran ASI tidak tersumbat.

Baca Juga : Kenali, Ini Ciri - Ciri Bayi Yang Tidak Cocok Dengan Susu Formula

6. Kenakan Bra Yang Pas


Bagi sebagian ibu yang menyesui mungkin menganggap hal ini sepele namun faktanya jika anda menggunakan bra yang terlalu kecil bisa menghambat kelancaran ASI anda. Gunakan bra yang pas selain itu harus menjaga kebersihannya agar tidak menularkan penyakit kepada buah hati anda.

Nah itulah beberapa tips buat anda, semoga postingan ini bisa membantu anda, janganlah menyerah dan putuh asa untuk tetap memberikan ASI yang eklusif dan terbaik buat hati anda karena itu sangat menunjang sekali bagi pertumbuhan bayi anda baik secara fisik maupun rohaninya.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar